Apabila mobil Anda meggunakan mobil basah, ada perlu tahu bagaimana cara merawat aki basah. Sebab aki basah membutuhkan perawatan yang intensif untuk menjaga kinerjanya tetap maksimal. Tapi ingat, perawatan yang dimaksud di sini bukan hanya tentang isi ulang cairannya saat berkurang, tapi juga berhubungan dengan perawatan kebersihan, pemeriksaan rutin dan lainnya.

Beberapa oarng mengatakan bahwa aki basah dapat bertahan lebih lama dari pada menggunakan aki kerung. Namun, tetap perlu di ingat, bahwa semakin bertambah usia dari aki mobil maka performanya akan menurun. Sehingga, tetap saja memerlukan perawatn agar aki mobil tidak cepat rusak.

Akan ada banyak masalah yang timbul apabila Anda tidak memperhatikan aki mobil. Mulai dari susah untuk starter atau menghidupkan kendaraan hingga kemungkinan aki basah meledak saat digunakan. Ini tentu akan merepotkan Anda dan bakal merusak kendaraan.

Salah satu alasan mengapa memilih aki basah adalah harga aki yang lebih murah. Namun, aki basah juga perlu perhatian extra. Sehingga, Anda harus memperhatikannya. Jika, rusak mungkin biaya yang akan Anda keluarkan akan lebih banyak dari pada untuk membeli aki kering.

Ada beberapa cara merawat aki basah yang harus rutin Anda lakukan untuk menjaga performanya. Ya, merawat aki basah sebenarnya tidak terlalu sulit asal kita paham tentang aki dan isinya didalam aki. Berikut adalah ulasannya untuk Anda mengenai cara merawat aki basah.

Cara Merawat Aki Basah: Volume Air Aki

Memastikan atau melakukan pengecekan terhadap volume air aki adalah cara merawat aki basah yang paling dasar. Apabila kekurangan air aki maka dapat menyebabkan proses penyimpanan dan pelepasan arus listrik terganggu sehingga itu akan membuat aki cepat tekor.

Pastikan cairan aki tetap dalam volume maksimal, atau minimalnya dalam level aman. Pasalnya, cairan ini berguna untuk menyimpan cadangan listrik di dalam aki. Saat cairan aki berkurang, otomatis kemampuan aki dalam menyimpan listrik pun akan berkurang.

Cara Merawat Aki Basah
Cara Merawat Aki Basah (Sumber Gambar: Google)

Bagimana cara mengetahui carain mobil masih kurang atau tidak? cukup mudah. Anda tinggal menyoroti sisi aki yang ada tanda levelnya. Biasanya ada dua garis yakni lower level dan upper level. Pastikan volume air aki ada diantara lower level dan upper level. Kalau ternyata air akinya dibawah lower level, maka anda perlu menambahkan air aki baru kedalam aki sampai volumenya menyentuh upper level.

Ada jenis dua aki yang tersedia di pasaran. Pertama aki dalam botol merah atau accu zuur, dan aki dibotol biru. Untuk isi ulang, pastikan Anda menggunakan air aki di botol biru.

Cara Merawat Aki Basah: Menjaga Kebersihan Aki

Cara merawat aki basah yang selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan terminal aki. Kebersihan pada terminal aki harus kita perhatikan, jangan sampai bagian ini timbul kerak. Sebab munculnya kerak pada terminal aki tidak dapat di deteksi.

Kerak pada aki nantinya dapat menimbulkan efek tertentu. Apabila ada kerak yang menumpuk pada terminal aki dapat menjadi resisten atau menghambat arus listrik dari aki ke komponen kelistrikan.

Kerak yang muncul pada aki mobil terjadi karena oksidasi pada cairan aki basah yang mengandung asam sulfat (H2SO4). Kerak putih ini biasa muncul di terminal kepala aki plus (+), sifatnya korosif dan harus dibersihkan.
Maka segera bersihkanlah, apabila mobil Anda mengalami hal ini. Cara membersihkannya adalah dengan melepas dulu dua terminal akinya lalu teteskan air panas pada kerak tersebut, maka kerak akan melunak.

Apabila kerak sudah muali melunak langkah selanjutnya adalah bersihakn menggunakan kain atau tisu dan kalau ada, lumasi terminal aki menggunakan grease untuk mencegah kerak terbentuk kembali.

Baca Juga: Baret Pada Pelek Motor dan Mobil: Tips & Trik Cara Menghilangkan

Cara Merawat Aki Basah: Memperhatikan Cara Penggunaan

Cara penggunaan mobil dengan benar juga merupakan salah satu cara merawat aki mobil basah. Faktor pemakain disini lebih mengarah kepada tidak menyalakan blower AC saat mesin mati, tidak terlalu lama menyetel audio mobil saat mesin mati, memastikan Anda telah mematikan semua perangkat kelistrikan sebelum mematikan mesin dan memastikan tidak memasang aksesoris kelistrikan yang berlebihan, kalaupun akan pasang usahakan ganti aki dengan kapasitas lebih tinggi.

Cara Merawat Aki Basah (Sumber Gambar: Google)
Cara Merawat Aki Basah (Sumber Gambar: Google)

Melakukan hal- hal diatas dimaksudkan agar ketika Anda menghidupkan kembali mobil, arus listrik dari aki hanya terfokus pada starter mesin saja, bukan perangkat lainnya. Perlu diketahui bahwa faktor pemakain dapat menjaga umur aki.

Beberapa pemakaian yang wajar dan tidak berlebihan bisa membuat aki bertahan lebih lama. Semakin sedikit aki terbebani, kemungkinan besar semakin awet pula kondisinya.

Cara Merawat Aki Basah: Memanaskan Mesin

Cara penggunaan mobil dengan benar selanjutnya adalah dengan tidak memanaskan mesin saat mobil tidak digunakan. Aki itu sifatnya Cuma sebagai penyimpan listrik untuk kemudian dikeluarkan lagi saat diperlukan, jadi aki tidak bisa menghasilkan arus listrik. yang bisa menghasilkan arus listrik itu adalah alternator yang bekerja saat mesin menyala.

Apabila mesin mati, maka menyebabkan alternator tidak menyala. Dimana seacra otomatis tidak ada pengisian yang mengarah ke aki. Padahal saat mobil tidak digunakan pun, ada sistem kelistrikan mobil yang masih berfungsi seperti sistem alarm. Sehingga kalau mesin dibiarkan begitu saja tanpa dipanasi, nanti aki bisa tiba-tiba soak.

Cara Merawat Aki Basah (Sumber Gambar: Google)
Cara Merawat Aki Basah (Sumber Gambar: Google)

Oleh sebab itu, panaskan mesin mobil anda kalau mobil anda sudah lama tidak digunakan. Atau kalau anda akan menganggurkan mobil dalam waktu lama dan anda tidak ada disana, cabut terminal akinya.

Cara Merawat Aki Basah: Mengecek Tutup Aki

Ini memang sepele tapi pada semua tutup aki itu terdapat ventilasi yang dijadikan jalan keluar uap didalam aki saat reaksi kimia berlangsung. Sehingga kalau ada kotoran atau debu yang menyumbat, itu akan membuat aki menggelembung yang tentunya bisa menyebabkan aki mengalami kerusakan permanen.

Cara merawat aki basah diatas cukup dilakukan secara rutin. Misalnya Anda dapat melakukannya ketika sedang mencuci mobil. Sambil mencuci mobil, ceklah aki mobil. Pastiakan volume airnya cukup, pastiakn kebersihannya dan lain- lainnya.

Baca Juga: Persiapan Road Trip: 5 Tips Untuk Perjalanan Menyenangkan

Perawatan kecil tersebut apabila dilakuakn secara rutin dapat menambah umur dari aki. Selain itu, Anda juga mencegah kerusakan lain terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *