Cara Menguras Tangki Bahan Bakar dengan Mudah dan Aman

  • by
  • 6 min read

Menguras tangki bahan bakar mungkin jarang atau bahkan sama sekali Anda lakukan. Ya, sebab proses menguras tangki bahan bakar bukanlah hal yang mudah, pasti jika tidak pnting maka tidak usah dilakukan.

Menguras tangki bahan bakar biasanya dilakukan karena salah mengisi bensin atau bisa jadi karena anda akan menjual mobil anda tidaklah selalu mudah. Namun, apakah selain itu kita tidak perlu menguras tangki bahan bakar?

Tangki bahan bakar harus dikuras dengan tujuan untuk menghilangkan sedimen atau endapan kotoran atau bisa juga partikel-partikel kecil yang masuk di dalam tangki. Apabila tangki bahan banyak endapan kotoran, bukan tak mungkin akan terjadi penyumbatan pada saluran aliran bahan atau pompa bahan bakar (fuel pump).

Apabila pompa bahan bakar tersumbat, hal yang akan terjadi selanjutnya yaitu, tak ada minyak atau BBM yang masuk ke ruang pembakaran sehingga tidak terjadi proses pembakaran sempurna yang bisa membuat mesin kendaraan hidup atau menyala.

Tidak hanya itu, jika masih ada cairan bahan bakar yang lolos ke ruang pembakaran, maka yang ada adalah terjadi pembakaran tidak sempurna. Alhasil, tarikan mobil seakan tersendat atau loyo.

Adapun jika endapan muncul dalam waktu lama, bukan tak mungkin tangki bahan bakar bisa bocor. Jika diperbaiki atau diganti, tentu harganya akan lebih mahal.

Cara Menguras Tangki Bahan Bakar

Perlu diketahui, tidak semua tangki bahan bakar bisa dikuras secara langsung. Pasalnya, setiap brand atau model mobil memiliki cara berbeda untuk menguras tangki BBM mobil. Lalu bagimana cara kita mengurasnya jika begitu?

Terkait:  Memilih Masker Kain: Tips Menentukan Jenis Bahan yang Baik untuk Masker

Tenang, berikut adalah cara menguras tangki bahan bakar dengan mudah dan aman. Berikut ulasan lengkapnya.

Habiskan Bensin di Kendaraan

Sebelum menguras tangki bahan bakar usahakan untuk menggunakannya sampai hampir habis. Namun, apabila tangki Anda berisi bahan bakar yang tidak seharusnya, nyalakan mobil dan gunakan sampai hampir habis dengan cara mengendarainya. Parkirkan mobil dan biarkan mesinnya dingin sebelum mulai mengurasnya.

Cara Menguras Tangki Bahan Bakar
Cara Menguras Tangki Bahan Bakar (Sumer Gambar: Google)

Dengan mengosongkan atau meminimalkan isi tangki maka dapat mengurangi jumlah pemompaan dan pengurasan yang harus Anda lakukan. Sehingga akan menghemat waktu. Menguras tangki penuh akan memakan waktu lama, namun bukan berarti tidak mungkin. Selain itu yang terpenting adalah lebih menyiksakan sedikit bensi yang akan dibuang atau disimpan. Ya, bensin tidak terbuang percuma.

Baca Juga: Servis Sepeda Motor Matic, Berikut Komponen Yang Harus Diperiksa!

Sistem Penyedot Bahan Bakar

Selanjutnya cara menguras tangki bahan bakar adalah dengan menggunakan penyedot bahan bakar. Penyedot bahan bakar merupakan pompa khusus. Biasanya dijual di kebanyakan toko suku cadang mobil. Penyedot ini merupakan pompa bahan bakar mobil yang dioperasikan secara manual dengan cara menyedot bensin dari mobil Anda ke dalam sebuah wadah.

Pastikan Anda membeli penyedot yang cocok digunakan untuk bahan-bahan yang mudah terbakar, karena percikan api apa pun di dekat tangki bensin sudah pasti dapat menyebabkan bencana. Menggunakan pompa khusus merupakan cara yang cukup efektif untuk menguras tangki mobil.

Menggunakan Selang

Cara menguras tangki bahan bakar yang selanjutnya adalah dengan menggunakan selang. Masukkan selang ke dalam tangki bensin hingga tersisa sekitar 30-60 cm dari pompa. Eum, sebenarnya cara yang satu termasuk ribet dan kurang efektif, loh.

Hal ini dikarenakan selang yang digunakan hanyalah selang biasa. Selain dua buah selang yang harus dimasukkan kedalam tangki, masih harus menggunakan alat pemompa udara. Selain itu juga harus menutup luang tangki dengan rapat agar kedap udara. Setelah itu, barulah anda bisa memompa bensin keluar.

Terkait:  Merawat Aki Pada Mobil Yang Jarang Digunakan

Bagian ini merupakan bagian tersulit dari keseluruhan proses, karena mobil yang lebih baru biasanya memiliki bola pelindung logam atau layar yang mencegah bensin keluar dari tangki apabila terjadi kecelakaan. Untuk mobil yang lebih tua seharusnya Anda dapat memasukkan selang langsung ke tangki tanpa halangan.

Cara Menguras Tangki Bahan Bakar (Sumer Gambar: Google)
Cara Menguras Tangki Bahan Bakar (Sumer Gambar: Google)

Ada trik yang dapat dilakukan untuk memudahkan memmasukan selang untuk mobil jenis baru. Pertama, siapkan selang terpisah yang lebih kecil, kaku, dan tidak mudah berbelit.

Selanjutnya masukan selang hingga mengenai penghalang, kemudian putar, dorong, dan paksa selang masuk mengitari bola logam yang menghalangi tempat masuk ke tangki.

Apabila tidak berhasil meskipun sudah menggunakan kekuatan yang cukup besar, jangan lanjutkan, karena dapat menyebabkan kebocoran tabung pengisi atau kerusakan lain.

Maka untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan selang yang lebih besar, yang tersambung ke pompa bahan bakar, dan selipkan melalui selang yang lebih kecil.

Memompa Bahan Bakar

Cara menguras tangki bahan bakar selanjutnya adalah dengan memompa bahan bakar. Dalam pengoperasiannya memompa bahan bakar masih menggunakan manual.

Jadi saat Anda memompa, pastikan sudah menyiapkan wadah untuk menampung bensin. Pegang ujung selang, karena dapat bergerak ketika bensin mulai mengalir. Apabila Anda tidak memiliki pompa, namun memiliki selang cadangan.

Cara Menguras Tangki Bahan Bakar (Sumer Gambar: Google)
Cara Menguras Tangki Bahan Bakar (Sumer Gambar: Google)

Masukkan juga selang tersebut. Kemudian tiup selang cadangan untuk mendorong udara ke dalam tangki, yang akan memaksa bensin keluar dari selang yang lain.

Itulah cara menguras tangki bahan bakar. Jika kita tidak menguras tangki dan membersihkannya secara rutin, bukan tidak mungkin kotoran-kotoran tersebut menjadi plak dan bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil anda.

Jika itu terjadi maka sudah dipastikan anda harus mengeluarkan biaya perbaikan yang sudah pasti lebih mahal. Bahkan tak menutup kemungkinan untuk turun mesin. Jadi, usahakan untuk menguras tangki bahan bakar.

Terkait:  Ketahui Fungsi Bahu Tol Agar Tidak Kena Tilang!

Baca Juga: Mitsubishi Xpander: Apa Kelebihan & Kekurangannya?

Jangan hanya mengurasnya ketika salah mengisi bahan bakar atau mobil akan dijual. Dari cara diatas tentulah menggunakan sistem penyedot bahan bakar merupakan cara yang paling mudah.

Oh ya, perlu diingat apabila ada sisia bensin dan masih dapat digunakan. Silahkan digunakan atau disimpan. Intinya, jangan buang sisa bensin secara sembaranganya, ya .Aplagai membuangnya ke got atau selokan. Karena berbahaya.

Jika ingin membuangnya sebaiknya hubungi pusat pembuangan limbah di daerah Anda. Anda dapat juga menghubungi pemadam kebakaran terdekat untuk mendapatkan informasi mengenai cara membuang limbah dengan aman dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *