Cara Menghindari Blind Spot: Apa Itu Blind Spot

Cara Menghindari Blind Spot – Wah apa itu blind spot? Mungkin bagi sebagian kalian kata ini sering di dengar meskipun tidak mengetahui artinya. Namun, bagi sebagian lagi mungkin kata yang satu ini benar- benar asing, bukan?

Blind spot jika diartikan secara harfiah berarti titik buta. Di mana maksudnya wilayah ‘titik buta’ yang tidak bisa terpantau oleh mata. Jadi, apa maksudnya? Jadi, kali ini kita akn membahas mengenai blind spot dalam konteks berkendara.

Pengertian Blind Spot

Maksud blind spot dalam konteks berkendara ialah area yang tidak terlihat oleh pengendara mobil atau motor. Mudahnya mengenai pengertian blind spot adalah area visibilitas atau bidang pandang yang tidak terlihat oleh pengendara karena beberapa faktor.

Blind spot merupakan salah satu faktor dominan penyebab terjadinya kecelakaan. Jadi, seringkali pengendara kurang berhati-hati ketika berada di samping atau belakang kendaraan yang memiliki ukuran besar.

Sehingga tanpa sadar pengendara sepeda motor berada pada posisi blind spot yang berpotensi terlibat dalam kecelakaan ketika berkendara. Saat ini masih banyak pengendara yang belum memahami bagaimana cara mengatasi blind spot. Menurut beberapa ahli, blind spot tidak bisa dihilangkan namun dapat diminimalisir.

Baca Juga: Rambu Lalu Lintas: Ragam Marka Jalan yang Wajib Diketahui

Nah, ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan timbulnya blind spot. Apa saja ya faktor yang dapat menyebbakan blind spot? Yuk, kita bahas bersama,s ehingga Anda dapat menghindarinya.

Dengan begitu Anda dapat mencegah kecelakaan juga. Jadi, simak sampai selesai, ya. Selamat membaca.

Jadi, terdapat 5 faktor yang menjadikan pemicu munculnya blind spot, mulai dari dimensi kendaraan, lingkungan, kondisi lalu lintas, cuaca, hingga muatan kabin yang bertumpuk dan menghalangi pandangan.

Cara Menghindari Blind Spot
Cara Menghindari Blind Spot (Sumber Gambar: Google)

Semakin besar dimensi kendaraan, maka akan semakin besar pula area blind spot-nya. Namun kini beberapa kendaraan sudah banyak dilengkapi dengan fitur tambahan agar area blind spot lebih mudah terbaca.

Seperti fitur blind spot monitoring untuk mendeteksi objek yang dekat dengan kendaraan kita. Dan ada juga aksesori rear view dengan sudut pandang yang luas. Tetapi meskipun fitur-fitur tersebut ada di kendaraan zaman sekarang, alangkah baiknya agar tetap berhati-hati dalam berkendara.

Karena keselamatan merupakan kunci utama dan keluarga senantiasa menunggu di rumah.

Cara Menghindari Blind Spot

Lalu, adakah cara untuk mengurangi blind spot? Tentu saja ada. Jadi, untuk mengurangi terjadi blind spot, berikut langkah yang harus diperhatikan oleh setiap pengendara roda dua, roda empat maupun lebih. Simak baik- baik, ya.

Mengatur Kembali Kaca Spion

Cara menghindari blind spot yang pertama adalah dengan mengatur kembali kaca spion. Jadi, usahakan kaca spion sejajar. Sebab, pengaturan posisi spion sangatlah penting. Aturlah posisi spion kendaraan agar sejajar dengan badan kendaraan Anda.

Cara pertama biasakan mengatur ulang kaca spion kanan, kiri, dan kaca spion tengah dalam mobil sebelum berkendara. Hal ini agar ruang pandangmu menjadi lebih luas. Sehingga kamu gak perlu mengatur ulang spion lagi setelah mobil berjalan.

Menggunakan Spion Pabrik

Cara menghindari blind spot yang selanjutnya adalah dnegan menggunakan spion pabrik. Hal ini disebabkan spion bawaan pabrik pasti sudahlah didesain sebaik mungkin dan sudah teruji. Pabrik pasti telah memikirkan matang-matang bentukan dari spion yang akan digunakan oleh konsumen.

Cara Menghindari Blind Spot
Cara Menghindari Blind Spot (Sumber Gambar: Google)

Karena kehadiran spion dalam kendaraan sangat penting untuk membantu menghindari kecelakaan pengemudi. Jadi, apakah kita tidak boleh modifikasi spion? Tentu saja boleh, namun pstikan spion yang dipilih tidka hanya kerena, namun fungsi yang sesungguhnya tidak terganggu, ya.

Sebab, spion yang tidak sesuai standar juga dapat menyebabkan Anda terkena tilang, loh.

Jangan Memaksakan Untuk Menyalip

Cara menghindari blind spot yang selnajutnya adalah dengan tidak memaksakan untuk menyalip. Ya, sifat terburu-buru dalam berkendara sangat tidak disarankan. Apalagi sampai memaksakan diri untuk mendahului kendaraan di depan.

Kecuali bagi kendaraan seperti mobil ambulans, mobil pemadam kebakaran atau mobil pemimpin negara yang memang diperkenankan mendapat jalur khusus.

Selain itu, apstikan jika Nada menyalip tetap ajga jarak aman dengan kendaraan lain. Apalagi jika kendaraan yang Anda salip merupakan kendaraan besar seprti truk, maka sangat perhatikan jarak aman, ya.

Menggunakan Blind Spot Mirror

Cara menghindari blind spot yang selanjutnya adalah dengan memasang aksesoris yang bernama blind spot mirror? Apa sih aksesoris yang satu ini? Jadi, aksesoris ini berupa cermin kecil yang bisa ditempelkan di spion. Melalui cermin berbentuk cembung ini kamu bisa memiliki pandangan yang luas.

Cara Menghindari Blind Spot
Cara Menghindari Blind Spot (Sumber Gambar: Google)

Jangan Hanya Mengandalkan Kaca Spion

Cara menghindari blind spot yang selanjutnya adalah jangan hanya mengandalkan kaca spion. Sebab, spion tidak dapat menghilangkan seluruh area blindspot, maka pengemudi tidak boleh hanya bergantung pada kaca spion saat ingin belok kanan atau kiri.

Sebaiknya lakukan shoulder check atau head check. Karena dengan melakukan ini pasti langsung dapat melihat area yang tidak terlihat pada kaca spion mobil.

Kalian hanya cukup menoleh ke arah kanan atau kiri dan hanya sebatas bahu. Hal ini dilakukan jika kalian kurang yakin atau bahkan tidak melihat area yang tidak terjangkau oleh kaca spion dan juga dilakukan saat hendak menyalip, berbelok, atau berpindah jalur.

Baca Juga: Rambu Lalu Lintas di Jalan Tol: Arti Rambu Biru, Hijau, dan Coklat

Selain itu, Anda dapat menggunakan lampu sein, dan pastikan area di depan terlihat. Jika ingin belok dan mendahului kendaraan di depan kita, sebaiknya menyalakan lampu sein serta melihat spion kanan dan kiri untuk memastikan posisi kita aman tidak membahayakan diri sendiri maupun kendaraan sekitar. Ya, sekali lagi perhatikan jarak aman antar kendaraan ya, guys.

Itulah pengertian mengenai blind spot dan juga cara menghindarinya. Lagi- lagi kita dituntunt untuk berhati- hati dan waspada selama berkendara. Jangan terburu- bur ingin sampai ke tempat tujuan, sehingga membuat Anda di posisi blind spot.

Utamakan keselamatan saat berkendara dan patuhi peraturan lalu litas. Sehingga, Anda dapat sampai ke tujuan dengan selamat.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *