Baret pada mobil mungtidak berpengaruh pada performa maupun kemanan mobil. Namun, baret pada mobil dapat mempengaruhi penampilan mobil. Apalagi jika mobil akan dijual, tentu hal ini juga dapat mempengaruhi harga jual.
Namun, jangan panik apabila mobil Anda mengalami baret. Sebab, ada cara menghilangkan baret pada mobil yang bahkan dapat Anda kerjakan sendiri dirumah, loh. Dalam hal ini ada beberapa trik yang bisa Anda coba dan terapkan dengan mudah

Cara menghilangkan baret pada mobil merupakan hal yang penting diketahui para penggemar otomotif demi membuat tampilan mobilnya semakin menarik. Baret atau yang biasa disebut goresan dapat terjadi pada sebuah mobil karena terdapat kesalahan dalam mengemudi maupun parkir.

Selama baret masih tergolong ringan, maka masih dapat diatasi dengan cara yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Bahkan bahan- bahan yang digunakan juga tidak akan susah dicari.

Banyak cara menghilangkan baret pada mobil, seperti menggunakan compound, wax, scratch remover, amplas, sabun detergen, lotion anti nyamuk, hingga kuteks sekalipun. Lantas, bagaimana caranya menghilangkan baret pada mobil? Berikut tips & trik mengenai cara menghilangkan baret pada mobil yang bisa Anda parktikan sendiri di rumah.

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil: Menggunakan Pasta Gigi

Ya… pasta gigi dapat digunakan sebagai cara menghilangkan baret pada mobil. Meskipun perbaikan menggunakan pasta gigi sebenarnya kurang efektif apabila Anda cukup mengandalkan pasta gigi saja tanpa memadukan dengan bahan lain. Namun, tiak ada salahnya mencoba dengan benda yang satu ini, bukan?

Cara pengaplikasian pasta gigi juga sangat mudah. Pertama pastikan bahwa body mobil dalam keadaan bersih. Setelah Anda memastikan, siapkan kain lembut yang nantinya berfungsi sebagai wadah untuk pasta gigi.

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil
Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil (Sumber Gambar: Google)

Selanjutnya, Anda dapat membasahi kain lembut tersebut terlebih dahulu. Pastikan air yang digunakan untuk membasahi kain juga merupakan air bersih. Setelah itu Anda dapat menuangkan pasta gigi secukupnya sesuai dengan seberapa lebarnya goresan yang ada.

Kemudian, Anda dapat menggosok bagian mobil yang baret hingga merata. Dalm menggosokan pasta gigi, Anda dapat menggosoknya dengan gerakan melingkar ke bagian mobil yang terkena goresan. Namun, seperti yang sudah dikatakan diawal, jika cara menghilangkan baret pada mobil dengan pasta gigi kurang efektif. Sehingga perlu menjadi catatan, cara ini bisa dilakukan jika lecet pada mobil Anda tidak terlalu dalam.

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil: Menggunakan Kompon

Cara menghilangkan baret pada mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan kompon. Apa itu kompon? Kompon merupakan krim yang terdiri dari bahan kimia. Dimana krim ini mampu membersihkan goresan pada mobil.
Bagaimana cara kerjanya? Langkah awal, bersihkan permukaan mobil yang tergores dengan menggunakan air untuk menghilangkan debu kotoran yang mungkin masih menempel. Kemudian, lap permukaan mobil sampai kering menggunakan lap kain mikrofiber.

Poles bagian tersebut dengan kompon poles. Anda harus memoles kompon relatif cepat agar tidak lekas mengering. Apabila mengering maka bekas kompon yang menempel semakin sulit dibersihkan dan kadang jadi bercak. Saat memoles, jangan terlalu ditekan supaya bagian cat tidak banyak terkikis dan jadi belang.

Setelah proses memoles selesai, bilas kembali bekas goresan dengan air bersih kemudian keringkan. Setelah itu, Anda bisa melapisi bagian tersebut dengan wax supaya kembali mengkilap.

Ketika terdapat baret yang ringan. Anda dapat menggunakan kompon berwarna putih karena kompon ini memiliki daya kikis yang sangat kuat. Langkah yang harus Anda lakukan sebelum membersihkan goresan yaitu menyiapkan alat lain yang dibutuhkan seperti kain.

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil: Minyak Rem

Cara menghilangkan baret yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak rem. Siapa sangka bahwa minyak rem dapat digunakan untuk menghilangkan baret pada mobil. Agar lebih aman aplikasikan minyak rem pada kanebo kering.

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil
Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jangan terlalu berlebihan menggunakan minyak rem. Berikan minyak rem sesuai dengan kebutuhan saja. Setelah dituang Anda dapat mengoles ke permukaan mobil yang baret secara merata.

Perlu di ingat, bahwa menghilangkan baret mobil menggunakan minyak rem sebenarnya tidak sulit. Hanya saja Anda perlu berhati-hati karena sifat minyak rem yang sangat keras. Jika terjadi kesalahan sangat disayangkan dan dikhawatirkan tampilan mobilnya tidak sesuai dengan yang Anda inginkan.

Baca Juga: Apakah Penyebab Minyak Rem Mobil Tidak Mau Turun? Berikut Alasannya

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil: Obat Nyamuk Cair

Selanjutnya mengenai cara menghilangkan baret adalah dengan menggunakan obat nyamuk cair. Obat nyamuk cair memang cara yang paling banyak diketahui oleh pemilik mobil untuk menghilangkan bekas baret pada body kendaraan.

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil
Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil (Sumber Gambar: Google)

Cara yang digunakan juga hampir sama dengan penggunaan minyak. Cara pengaplikasiannya yaitu, tuangkan obat nyamuk cair ke atas lap berbahan halus yang kering. Pastikan lap halus yang Anda gunakan benar-benar kering, karena jika basah kandungan yang ada di obat nyamuk akan hilang.

Setelah menuang obat nyamuk cair, kemudian usap bagian mobil yang sudah baret. Cara mengusapnya yaitu secara perlahan dengan gaya memutar hingga merata ke bagian yang tergores. Selanjutnya, tunggu selama 15 hingga 20 detik saja. Terakhir Anda perlu membilas bekas obat nyamuk tadi.

Namun, dalam beberapa jenis mobil. Obat nyamuk ini malah dapat merusak cat mobil. Sehingga, ada sebagian yang mengatakan bahwa menggunakan obat nyamuk sebagai cara menghilangkan baret merupakan suatu mitos.
Empat cara menghilangkan baret pada mobil diatas tidak ada salahnya untuk dicoba dirumah. Cara menghilangkan baret pada mobil yang telah disebutkan diatas hasilnya akan isesuaikan dengan kedalaman baret. Jadi, pastikan kedalam baret terlebih dahulu.

Baca Juga: Setel Rem Tangan Mobil: Mudah & Tanpa Perlu ke Bengkel

Setiap Bodi mobil memiliki 4 lapisan yakni, lapisan bening, warna, primer dan baja. Jika lecetnya hanya sedalam lapisan cat bening atau warna, maka lecet tersebut akan lebih mudah dihilangkan. Lecet jenis ini juga biasanya terjadi karena mobil terkena kerikil atau tak sengaja tergores kuku panjang.

Namun, jika Anda pada lecet atau goresan Anda melihat warna yang berbeda dengan warna mobil, kemungkinan besar lecet tersebut cukup parah dan dalam. Untuk masalah ini, Anda bisa datang ke bengkel mobil untuk diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *