Cara Menghapus Akun Telegram kadang diperlukan bagi siapa saja yang tidak ingin menggunakannya. Walaupun hapus akun instagram itu tidak sulit, nyatanya banyak user yang belum paham. Artikel ini akan memberikan referensi bagaimana cara menghapus akun telegram dengan beberapa pilihan.

Telegram merupakan alat komunikasi yang cukup banyak digunakan oleh orang Indonesia. Meskipun penggunaannya tidak sebanyak aplikasi whatsapp, namun alat komunikasi ini tetap menjadi pilihan dengan beragai keunggulannya.

Hampir sama dengan aplikasi kirim pesan lainnya, dengan menggunakan Telegram Anda dapat mengirim pesan berupa teks, stiker, video, foto dan lainnya. selain itu di telegram juga ada fitur channel, bot dan lain-lain. Kamu bisa menggunakan Telegram di berbagai device mulai dari iOS, Android, PC ataupun melalui Browser.

Telegram tidak asing dengan kontroversi, tetapi bukan satu-satunya aplikasi obrolan yang keamanannya dipertanyakan. Dengan peretas menjadi lebih canggih dari sebelumnya, tidak pernah lebih penting untuk menjaga data pribadi online Anda.

Ada sejumlah langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan keamanan online Anda yang mencakup menggunakan VPN berkualitas tinggi saat menjelajah web, streaming, atau mengirim informasi secara online.

Sehingga karena alesan tersebut menjadikan salah satu penyebab prang ingin meghapus akun Telegram. Selain itu masih banyak alasan orang – orang ingin menghapus akun tersebut.

Misalnya penggunaan yang jarang di Indonesia, mengganti nomor HP yang baru, tidak mempercayai Telegram, banyak kebijakan telegram yang mengganggu dan masih banyak alasan lainnya. Walaupun Telegram banyak digunakan dan memiliki fitur yang sangat menarik, tak banyak orang ingin menghapus akun Telegram dengan lasan tersebut.

Untuk menghapus instagram sangatlah mudah. Pihak Telegram sendiri juga mempunyai beberapa kebijakan mengenai akun Telegram. Akun telegram dapat dihapus secara permanen maupun sementara.

Selain itu, akun tersebut di hapus secara langsung atupun menggunakan jangka waktu. Untuk menghapus akun Telegram, Anda dapat menggunakan perangkat apapun seperti komputer maupun smartphone yang Anda miliki.

Kosenkuensi Ketika Menghapus Telegram

Perlu diketahui Telegram sendiri telah mempunyai kebijakan sendiri mengenai penhapusan akun. Selain menu Self- destructs, Telgram juga mempunyai kebijakan lain mengenai penghapusa akun. Yaitu mengenai akun yang tak aktif selama 6 bulan akan hilang secara otomatis.

Cara Menghapus Akun Telegram (Sumber Gambar: Google)
Cara Menghapus Akun Telegram (Sumber Gambar hapus akun telegram: Google)

Selain itu,ada beberapa konsekuensi ketika Anda menghapus akaun Telegram. Dimana ketika Anda mendaftar akun Telegram lagi, maka Anda tidak akan dapat memulihkan riwayat obrolan Telegram dan akses ke saluran dan grup yang dibentuk sebelum menghapus akun Telegram. Artinya semua obrolan, grup, daftar kontak kamu, dll. akan dihapus secara permanen.

Jika Anda memiliki channel dan grup, channel dan grup akan tetap ada dan admin yang masih ada tetap memiliki kewenangan. Apabila Anda satu-satunya admin di group, Telegram akan memilih salah satu anggota secara acak untuk dijadikan admin. Selain itu, Telegram tidak akan mengizinkan Anda membuat akun kembali dengan nomor ponsel yang sama selama setidaknya 2 hari.

Cara Menghapus Akun Telegram: Self-Destructs

Cara menghapus akun telegram yang pertama akan kita bahas adalah self destruct. Self- destructs merupakan menu yang disediakan oleh telgram. Fungsinya untuk menghancurkan atau menghapus akun instagram yang tidak digunakan lagi. Sehingga, langkah- langkah yang harus dilakukan sangatlah mudah.

Cara Menghapus Akun Telegram (Sumber Gambar: Google)
Cara Menghapus Akun Telegram (Sumber Gambar hapus akun telegram: Google)

Pertama adalah klik ikon tiga garis yang telaknya terdapat di pojok kiri atas. Selanjutnya, Anda dapat memilih menu pengaturan atau setting. Jika sudah klik “Privasi dan Keamanan”. Tap “Hapus akun saya jika tidak ada”. Pilih waktu yang diinginkan. Logout dari semua perangkat.

Apabila langkah –langkah tersebut telah diselesaikan, maka akun Telegram Anda akan kembali pada menu login. Kekurangan ketika Anda menghapus menggunakan cara self-destructs adalah jangka waktu untuk melakukan penghapusan harus menunggu. Jadi tidak bisa langsung terhapus ketika kita selesai melakukan langkah langkah tersebut.

Untuk itu cara self destruct juga biasa disebut juga untuk menghapus instagram secara sementara. Sebab, akaun Anda tidak langsung terhapus dalam jangka waktu yang ditentukan.

Sehingga kalian masih dapat membukannya atau log in kembali pada akun Anda. Hal ini sesuai dengan jangka watu yang tadi Anda pilih. Namun, apabila sampai jangka waktu yang Anda pilih berakhir dan tidak ada aktivitas log in, maka Akun secara otomatis akan terhapus.

Bagi kalian yang niatnya belum kuat, maka bisa saja sebelum batas waktu yang ditentukan kalian akan log in ke Telegram lagi sehingga akun tidak jadi dihapus. Mengingat konsekuensi yang harus di dapatkan ketika menghapus instagram, maka ini dapat menjadi pertimbangan sendiri.

Itulah cara menghapus akun telegram dengan metode self destructs.

Cara Menghapus Akun Telegram: Melalui Browser

Apabila Anda ingin menghapus akun Telegram secara permanen dan cepat, maka Anda dapat menghapus melalui browser. Dengan menggunakan cara ini, Anda tidak perlu menunggu jangka waktu. Sehingga, pastikan Anda benar – benar ingin meghapus akun Telegram. Sebab semua data dan aktifitas penggunaan akan hilang jika Anda menghapusnya.

Cara Menghapus Akun Telegram (Sumber Gambar: Google)
Cara Menghapus Akun Telegram (Sumber Gambar hapus akun telegram: Google)

Langkah pertama adalah Anda harus mengakses browser terlebih dahulu. Anda dapat mengaksesnya melalui perangkat leptp ataupun smartphone. Langkah selanjutnya adalah mengunjungi telegram delet account. Anda dapat mengunjungi alamat https://my.telegram.org/auth?to=deactivate. Kunjungi alamat tersebut pada browser.

Ketika Anda masuk ke dalam link tersebut, maka Anda akan diminta untuk menginput nomor telgram beserta kode negara. Usai memasukan nomor Telegram Anda yang akan dihapus, selanjutnya tekan tombol Next dan tunggu beberapa saat hingga ada notifikasi pesan masuk yang berupa kode autentikasi.

Jika Anda telah dapat SMS berupa kode autentikasi, maka langsung saja masukkan kode tersebut ke kolom yang sudah disediakan pada link/tautan web untuk hapus akun Telegram. Apabila kode autentikasi sudah dimasukkan ke kolom yang tersedia, langsung saja tekan tombol Sign In untuk masuk ke akun Telegram yang akan dihapus.

Kemudian, akan tampil beberapa perintah menu sesuai dengan fungsi masing-masing. Nah, untuk menghapus akun Telegram secara permanen kamu bisa tekan menu Deactivate account.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Wattpad Secara Permanen

Setelah perintah Deactivate account dipilih, akan ada konfirmasi ulang atas penghapusan akun Telegram Anda. Anda dapat memberikan masukan alasan kamu menghapus akun Telegram pada kolom Why are you leaving?. Lalu usai kamu mengisi alasan kenapa Anda menghapus akun Telegram, langsung saja pencet tombol Done untuk mengakhiri proses.

Itulah cara menghapus akun telegram melalui browser.

Cara Mengekspor Data Telegram

Sebelum hapus akun Telegram, Anda mungkin ingin mengekspor data, seperti obrolan, foto, dan media lainnya. Anda memerlukan Telegram Desktop versi terbaru untuk mengunduh data kamu dalam format JSON atau HTML. Untuk mengekspor data, berikut adalah langkah-langkah mudah yang harus di ikuti.

Pertama Anda dapat membuka desktop Telegram dan pilih pengaturan atau setting. Pilih Ekspor Data Telegram atau Export Telegram Data. Kemudian pilih Ekspor Riwayat Obrolan atau Export Chat History, dan pilih jenis data yang ingin kamu ekspor. Kamu sekarang dapat melihat data Telegram kamu secara offline.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Instagram Tanpa Ribet Untuk Sementara dan Permanen

Itulah cara menghapus akun Telegram. Caranya tentu cukup mudah dilakukan. Selai iu, Telegram juga menyediakan banyak kebijak mengenai hapus akun.

Editted by orapada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *