Cara Menghapus Akun Instagram – Instagram merupakan akun media sosial yang banyak digunakan saat ini. Bahkan saat ini, satu orang dapat memiliki lebih dari satu akaun instagram.

Akun instagram banyak digunakan untuk akun pribadi maupun akun bisnis. Sehingga, banyak hal yag dapat kita temukan ketika membuka laman instagram. Tidak hanya foto, namun juga informasi, serta layanan iklan.

Instagram secara sederhana dapat didefinisikan sebagai aplikasi mobile berbasis iOS, Android dan Windows Phone dimana pengguna dapat membidik, meng-edit dan mem-posting foto atau video ke halaman utama Instagram dan jejaring sosial lainnya. Foto atau video yang dibagikan nantinya akan terpampang di feed pengguna lain yang menjadi follower Anda.

Instagram mempunyai sejumlah fitur-fitur unggulan yang membuatnya digemari oleh jutaan pengguna. Yang pertama adalah fitur kamera. Kedua, Instagram punya tool editor yang menjadi tempat bagi para pengguna untuk memoles foto yang dijepret lewat kamera perangkatnya.

Fitur selanjutnya adalah tag dan hastag. Sebagaimana jejaring sosial pada umumnya, Instagram juga punya fitur tag dan hashtag yang fungsinya untuk menandai teman atau mengelompokkan foto dalam satu label.

Instagram tidak hanya dapat memposting foto. Namun, juga dapat menyertakan caption. Caption berfungsi layaknya deskripsi, di sinilah pengguna bisa memberikan sepatah dua patah kata soal foto yang diunggah. Di samping tentunya menambahkan hashtag.

Fitur lainnya adalah Integrasi ke Jejaring Sosial. Seperti yang sudah disinggung, Instagram juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto atau video ke jejaring sosial lain seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan Flicrk.

Meski banyak hal positif yang bisa Anda dapatkan melalui instagram, namun tidak jarang pula efek negatif muncul. Intagram sendiri juga menyediakan layanan menghapus sementara atau permenen akun yang teh didaftarkan. Sehingga, orang yang merasa sedang jenuh atau ingin fokus dalam sesuatu hal dapat memilih untuk menghapus sementara akun yang dimiliki.

Apabila Anda memilih untuk menghapus akun sementara atau disebut menonaktifkan akun secara temporer, maka tidak serta-merta menghapus konten atau komentar yang telah kamu unggah. Hal itu termasuk “like” pada foto yang pernah Anda berikan.

Namun, ada pula orang yang menghapus akun intagram mereka secara permanen. Hal ini dilakukan karena terlalu banyak toxic yang didapatkan. Namun, kembali lagi bahwa hal negatif maupun positif yag diterima tergantung dari pemakainnya sendiri.

Banyak alasan mengapa orang me-non aktifkan akun instagram mereka baik secara permanen maupun hanya untuk sementara. Nah, bagi Anda yang ingin meghapus akun instagram secara permanen maupun sementara, berikut adalah cara menghapus akun instagram dengan mudah yang dapat anda lakukan.

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

cara menghapus akun instagram
cara menghapus akun instagram permanen (unsplash.com)

Dalam mrnghapus akun instagarm secara permanen, Anda dapat melakukannya dengan dua cara. Pertama adaah dengan cara mengakses website milik instagram. Sedangkan cara kedua adalah melalui smartphone. Kedua cara ini memiliki langkah yang mudah dan siple untuk menghapus akaun instagram secara permanen.

Melalui Website

Pertama kita akan membahas cara menghapus akun instagram melalui website. Berikut langkah-langkah menghapus akun Instagram dengan menggunakan web yang dapat Anda coba.

Untuk menghapus akun instagram secara permanen melalui website, Anda harus masuk ke halaman help.instagram.com. Selanjutnya, pilih menu “Mengelola Akun Anda”. Lalu dilanjutkan dengan memilih menu “Hapus Akun Anda”.

Setelah itu akan muncul pilihan. Tugas Anda adalah memilih “Bagaimana cara menghapus akun saya?’. Dari pilihan yang tersedia, pilih nomor satu dan klik ‘Halaman Menghapus Akun Anda’.

Pilih salah satu alasan mengapa kamu ingin menghapus akun Instagram. Langkah terakhir adalah masukkan password atau kata sandi akun Instagram milik Anda. Selanjutnya, Anda harus klik “Permanently Delete My Account”. Jika Anda sudah yakin dan ucapkan selamat tinggal pada akun Instagram. Akun isntagram Anda resmi di hapus secara permanen.

Melalui Smartphone

Cara meng hapus akun instagram melalui smartphone sebenarnya hampir mirip dengan menggunakan website. Sebab, saat ditengah- tengah proses Anda akan tetap di arahkan ke halaman help.instagram.com. Hanya ada perbedaan pada langkah awal. Jadi, berikut langkah-langkah menghapus akun instagram melalui smartphone.

Buka aplikasi Instagram di smartphone kamu, lalu masuk ke profil Instagram. Selanjutnya, pilihlah ikon garis tiga yang terdapat di pojok kanan atas. Kemudian masuk ke menu “Settings” yang ada di paling bawah, lalu pilih opsi “Help Centre”. Setelah itu, Anda akan melakukan lagkah yang sama seperti menghapus akun instagaram melalui website.

Selanjutnya, kamu akan di-direct ke situs help.instagram.com. Langkah selanjutnya adalah pilih menu “Mengelola Akun Anda”. Setelah itu lanjutkan dengan memilih menu “Hapus Akun Anda”. Pilih “Bagaimana

Cara Menghapus Akun Saya?”. Kemudian, dari pilihan yang tersedia, Anda dapat memilih nomor satu dan klik “Halaman Menghapus Akun Anda”.
Langkah selanjutnya adalah pilih salah satu alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Instagram. Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagram mu, lalu klik “Permanently Delete My Account”. Proses menghapus akun telah selesai. Setelah itu, Anda tidak dapat mengakses akun Anda.

Menghapus Akun Instagram Permanen dan Sementara

cara menghapus akun instagram
cara menghapus akun instagram permanen dan sementara (unsplash.com)

Cara menghapus akun instagram ada dua pilihan. Yaitu menghapus untuk permanen atau untuk sementara. Jika menghapus akun sementara maka Anda dapat mengaktifkannya kembali sewaktu-waktu. Jadi, username Anda masih dapat di cari dalam pencarian. Namun, tidak akan muncul profil akun Anda.

Jadi bagi Anda yang hanya ingin mengambil rehat dari baktifitas media sosial untuk sementara. Menghapus atau menonaktifkan akun sementara adalah pilihan yang tepat. Berikut cara menghapus akun instagram untuk sementara waktu:

Pertama masuk ke halaman www.instagram.com melalui browser di smartphone atau PC maupun perangkat leptop yang Anda miliki. Lakukan Login dan masuk ke halaman profil Instagram Anda, kemudian pilih “Edit Profile”. Setelah masuk ke halaman “Edit Profile”, Anda dapat scroll hingga ke bagian bawah.

Lalu Anda akan menemukan pilihan “Temporarily Disable My Acoount” atau “Nonaktifkan Sementara Akun Saya”. Pilih salah satu alasan mengapa Anda ingin menonaktifkan akun Instagram. Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagram milik Anda. Selanjutnya, klik “Temporarily Disable Account”. Setelah itu, Instagram pun akan menonaktifkan akun Instagram Anda untuk sementara waktu.

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali akun Anda, mak caranya juga sangat mudah. Pertama, Anda cukup login pada akun Instagram seperti biasa. Setelah login, akun Instagram akan otomatis aktif kembali dan bisa kamu gunakan seperti semula.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Wattpad Secara Permanen

Mudah bukan untuk menghapus secara permanen maupun sementara akun instagram?. Pikirkan secara matang jika Anda ingin mneghapus akun instagram secara permanen. Jika, Anda rasa memang banyak hal negatifnya daripada positif, mungkin menghapus akun instagram secara permanen adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda hanya merasa ibgin rehat sejenak dari bermedia sosial, maka Anda dapat memilih untuk menghapus sementara. Sehingga, suata saat Anda dapat mengaktifkannya kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *