Cara Mengganti Minyak Rem Tanpa ke Bengkel Mudah & Tidak Ribet

Tidak semua perawatan kendaraan harus dilakukan di bengkel, loh. Ada beberapa yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, misalnya memastikan ban tidak kurang angin untuk sepeda motor, memastikan tidak ada debu menmpel pada kendaraan.

Selain itu, bagi pengguna motor ternyata Anda dapat mengganti minyak rem tanpa kebegkel, loh. Ya, apalagi cara mengganti minyak rem tanpa ke bengkel tidak ribet untuk dilakukan. Selain itu, hal ini merupakan perawatan untuk sepeda motor dan dapat menghemat uang untuk perawatan.

Cairan rem ini sangat penting untuk menghentikan laju kendaraan saat digunakan. Jika minyak ini sudah keruh, maka harus diganti. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa rem tidak menglami aus. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara mengganti minyak rem motor tentu saja harus diperhatikan.

Cara Mengganti Minyak Rem Tanpa ke Bengkel

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara mengganti minyak rem tanpa harus ke bengkel. Ya, hal ini dapat dilakukan dengan dengan mudah dan yang terpenting tidak ribet. Perlu diingat bahwa sistem rem masuk ke salah satu komponen vital kendaraan yang mempengaruhi keselamatan kendaraan.

Jadi untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti rem blong maka kita perlu melakukan perawatan secara berkala. Baik, mari kita langsung saja membahas mengenai cara mengganti minyak rem.

Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk cara mengganti minyak rem tanpa harus ke bengkel. Selamat membaca.

Siapakan Perlatan

Ya, hal pertama sebelum membahas cara mengganti minyak rem adalah menyiapkan peralatan. Apa saja peralatan yang harus dipersiapakan? Tentu Anda perlu menyiapakan obeng (+), selanjutnya siapakan juga kunci ring 10.

Siapkan juga selang kecil, nantinya fungsinya untuk mengalirkan minyak rem bekas. Jangan lupa untuk siapakn penampung minyak rem bekas, kain lap dan pastinya siapakan minyak rem baru, bisa DOT 3 atau DOT 4.

Saat menganti minyak rem, harap hati- hati. Pastika minyak rem tidak langsung mengenai body motor, sebab minyak rem mengandung zat asam yang mampu mengelupaskan cat dan meninggalkan bercak.

Cara Mengganti Minyak Rem
Cara Mengganti Minyak Rem (Sumber Gambar: Google)

Memasang Selang Pada Niple Bledder

Setelah memastikan peralatan tercukupi, cara mengganti minyak rem seara mandiri adalah dengan memasang selang pada niple bledder. Nantinya selang ini akan berfungsi untuk mengelyarakn minyak rem.

Caranya adalah dengan membuka penutup baut bleeder lalu posisikan kunci ring 10 pada baut bleeder. Setelah itu anda bisa menancapkan ujung selang kecil pada niple bleeder sementara ujung lainnya anda letakan pada penampung minyak rem bekas.

Mengeluarkan Minyak Rem Lama

Cara mengganti minyak rem secara mandiri yang selnajutnya adalah mengeluarkan minyak rem lama. Caranya adalah dengan membuka niple bleeder terlebih dahulu. Putarlah berlawanan dengan jarum jam sampai kendor. Kemudian tekan rem pada stang beberapa kali.

Pada proses ini, minyak rem dari dalam saluran hidrolis akan mengalir keluar melalui niple bleedder melewati selang dan tiba pada penampung. Terus kocok rem hingga aliran minyak rem terhenti.

Hindari untuk menyedot minyak rem dari ujung selang di wadah pembuangan. Cara ini salah, karena dengan memompa menggunakan rem stang saja minyak akan keluar. Jika belum keluar dari beberapa kali tekanan, maka Anda bisa menekan terus.

Setelah tidak ada aliran minyak rem, tuas rem akan terasa ringan atau ngempos. Itu karena minyak rem didalam reservoir sudah terkuras namun masih ada sisa minyak rem didalam saluran hidrolis rem.

Baca Juga: Hal- Hal Yang Membuat Harga Jual Motor Tidak Anjlok

Membuka Master Rem

Cara mengganti minyak rem yang selanjutnya adalah membuka master rem atau biasa disebut juga dengan resvoir. Bagian ini berada di stang berbentuk kotak yang jadi tangki penyimpanan minyak rem cadangan.

Terdapat dua buah baut pada kotak master rem ini yang harus Anda buka menggunakan obeng. Ukuran bautnya kecil, jadi pastikan menyiapkan obeng yang tepat. Cara membukanya mudah, bisa dengan obeng tetapi tetap harus hati-hati. Jadi berhati-hatilah ketika anda melepaskan tutup.

Karena kalau sampai ada tetesan minyak rem menyentuh body motor, bisa muncul bercak. Gunakan obeng (+) untuk membuka reservoir minyak rem. Bagi yang belum familiar, reservoir ini adalah tanki penyimpan cadangan minyak rem. Bentuknya kotak yang memiliki dua buah sekrup sebagai penutup.

Cara Mengganti Minyak Rem
Cara Mengganti Minyak Rem (Sumber Gambar: Google)

Mengisi Dengan Minyak Rem Baru

Selanjutnya yang perlu dilakukan dalan mengganti minya rem adalah mengsisi dengan minyak yang baru. Perlu di ingat dan diperhatikan bahwa minyak rem baru juga memiliki zat asam yang mampu membuat cat motor terkelupas.

Jadi tuang secara perlahan dan hati-hati. Apabila minyak tidak sengaja mengenai body motor, maka harus langsung dibersihkan. Siapkan minyak rem yang baru dan tuang perlahan ke dalam master rem yang tadi sudah dibuka.

Karena ukuran ruang kecil jadi Anda dapat menggunakan alat suntik agar tidak keluar dari kotak. Apabila pada ruang master rem sudah penuh terisi minyak rem, tekan kembali tuas rem pada stang. Cara ini akan membantu minyak yang baru masuk ke saluran hidrolis.

Otomatis minyak rem yang tersisa juga akan terdorong keluar. Jangan biarkan minyak pada master rem habis, jika sekiranya sudah mau habis berhentilah menekan tuas rem. Baru setelah itu tutup niple bleeder dan isi lagi dengan minyak rem sampai penuh.

Cara Mengganti Minyak Rem
Cara Mengganti Minyak Rem (Sumber Gambar: Google)

Membuang Angin Pada Rem Cakram

Terakhir cara mengganti minyak rem yang terakhir adalah dengan membuang angin pada rem cakram. Ketika kita melakukan pengisian rem baru, maka akan ada udara yang bercampur dan ikut masuk ke rem. Maka udara ini harus dikeluarkan dari rem agar rem tidak blong.

Caranya adalah ketika minyak rem sudah terisi penuh, tekan tuas hingga beberapa kali dan terasa berat. Lalu, tahan tuas rem dan buka baut bleeder yang tadi sudah dikencangkan. Saat dibuka maka minyak rem sekaligus gelembung udara akan keluar dan tuas rem akan terasa ringan. Lalu kencangkan baut niple bleeder.

Baca Juga: Tips Agar Anak Tenang Duduk di Car Seat

Terakhir, apabila sudah memastikan tidak ada lagi udara, maka cara mengganti minyak rem motor yang terakhir adalah mengecek apakah masih ada tumpahan minyak rem yang harus segera dibersihkan. Kencangkan juga baut bledder dan lepaskan selang dari niple bledder, lalu tutup kembali bagian tersebut dengan baut.

Ya, itulah cara mengganti minyak rem secara mandiri tanpa perlu ke bengkel. Jika minyak rem mengenai bodi motor, Anda langsung dapat membersihkannya agar tidak merusak cat. Caranya adalah dengan menggunakan air besrih.

Jadi, jangan lupa untuk mengganti minyak rem agar selalu aman ketika berkendara.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.