Cara Mengendarai Harley Davidson Ternyata Begini

cara mengendarai harley davidson
cara mengendarai harley davidson

Cara mengendarai Harley Davidson ternyata tidak semudah yang anda bayangkan. Bobot harley davidson yang besar sangat berpengaruh saat anda mengendalikannya.

Mungkin sebagian besar dari anda masih banyak yang belum pernah mencoba menunggangi moge Harley Davidson.

Terkadang, ketika ada kesempatan pun perasaan ragu dan takut bisa tiba-tiba muncul saat melihat bodi dan mesin Harley yang super besar.

Tidak salah jika anda pernah merasa seperti itu, karena mengendarai moge Harley Davidson memang tidak semudah menunggangi motor biasa.

Bobot maupun tenaga mesinnya sangat jauh berbeda, dan akan sangat berbahaya untuk orang yang masih awam.

Cara Mengendarai Harley Davidson

Berkendara sepeda motor bisa jadi pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus. Salah satunya pada saat berkendara motor besar atau moge. Terlebih motor berukuran besar rentan kecelakaan.

Ini karena berkendara dengan moge membutuhkan fisik serta pengetahuan yang mumpuni untuk menjaga keselamtan.

Motor itu tidak kenal stabilitas saat bergerak. Adanya kesimbangan. Motor yang satu dengan yang lain punya karakter berbeda dan pengendara yang berganti motor wajib untuk beradaptasi terlebih dulu.

Motor yang berbeda juga menimbulkan karakter yang berbeda dari pengendara. Terutama moge dimana bobot dan tenaganya cukup besar sehingga memerlukan pengetahuan tambahan bagi pengendaranya.

Salah satu yang diperhatikan adalah cara berhenti yang benar dalam berkendara moge.untuk mencegah motor terjatuh atau rebah.

Tapi sebelum membahas yang lain perlu anda perhatikan adalah perubahan kecepatan menimbulkan gaya. Begitu motor bergerak dia punya gaya sentrifugal berubah.

Saat motor berhenti baik itu mesin besar ataupun kecil daya itu mengecil, dan saat motor bergerak beda lagi daya yang tubuh kita terima.

Saat perlambatan di bawah 30 kilometer per jam jangan rem mendadak. Hindari penggunaan rem depan. Sebaiknya gunakan rem belakang untuk lebih aman dan nyaman saat berkendara moge.

Supaya bobot tubuh tidak terdorong ke depan saat moge mulai mengurangi kecepatan dari cepat ke lambat, pertahankan bobot tubuh agar tidak terdorong ke depan.

Untuk lebih lengkapnya lagi silahkan anda simak ulasan tips nya dibawah ini. Setidaknya, sebelum memutuskan untuk membeli moge harus tahu cara mengendarainya terlebih dahulu.

cara mengendarai harley davidson

1. Cari jenis moge dengan cc kecil

Cara mengendarai Harley Davidson bagi pemula disarankan untuk mencari jenis motor yang agak kecil terlebih dahulu karena bobotnya pasti lebih ringan.

Sebagai awalan, pilih yang mesinnya masih di kisaran 500 cc saja. Ketika anda sudah mulai mengenali dan menguasai karakternya, barulah naik ke kelas 1000 cc ke atas.

Ingat, hati-hati saat menarik gas karena ini adalah motor besar. Tarik sedikit saja hentakannya akan langsung terasa!

2. Posisi duduk yang tepat

Moge Harley Davidson memang didesain agar si pengendara mendapatkan posisi duduk yang tepat supaya motor lebih mudah dikendalikan.

Naiklah dari sebelah kiri, lalu usahakan anda duduk yang tegak dengan posisi paha menempel pada tangki bensin.

Bukan cuma membantu pengendalian, posisi seperti ini juga membuat anda tidak cepat lelah.

3. Perhatikan jarak pengereman

Seperti disebutkan sebelumnya, moge Harley Davidson adalah motor dengan mesin yang gahar dan bertenaga besar.

Karena itu, anda harus memperhatikan jarak pengeremannya untuk menghentikan laju motor secara tepat.

Anda harus memahami karakter pengereman moge tersebut, agar bisa memprediksi tekanan yang harus diberikan sampai motor bisa berhenti sempurna.

4. Kuasai teknik berbelok di tikungan

Cara mengendarai harley davidson berikutnya yang tidak kalah penting adalah penguasaan teknik berbelok.

Karena ukurannya yang besar dan memanjang, mengendarai moge Harley Davidson harus tahu teknik belok yang benar saat bertemu tikungan.

Gunakan kekuatan otot tangan untuk membelokkan moge yang memang berat dan latihlah kelenturan tangan untuk membelokkan setang sebuah moge.

Saat menikung menggunakan moge dengan kecepatan sedang ke atas, usahakan pinggang dimiringkan mengikuti arah tikungan.

Tentu saja agar moge dapat diajak sedikit rebah sehingga dapat dengan santai melewati tikungan.

Umumnya, moge Harley Davidson masih mampu melalui tikungan dengan kecepatan di bawah 60 km perjam.

Selama berada di gigi satu dan kopling tidak ditarik. Bahkan, bila footstep bersentuhan dengan aspal pun biasanya motor tidak jatuh.

Yang sering menjadi kesalahan para biker Harley Davidson pemula adalah menekan tuas kopling saat belok di tikungan.

Hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya lost traction dan motor berpotensi sulit dikendalikan.

Dan tentunya sangat berbahaya tidak hanya terhadap anda sebagai pengendara dan penumpang di belakang, tetapi juga orang lain di sekitar.

5. Selalu kenakan safety gear

Selama mengendarai moge Harley Davidson, sangat disarankan anda selalu memakai safety gear atau perlengkapan keselamatan standar.

Perlengkapan tersebut meliputi dari helm, jaket, sepatu, sarung tangan, hingga perlindungan pada bagian kaki dan siku.

Ketika anda sudah mulai melakukan touring pertama kali ke luar kota bersama komunitas, selalu perhatikan arahan dari leader agar konvoi berjalan lebih tertib.

Bobot Moge harley davidson yang bisa mencapai lebih dari 400 kg memang cukup menyulitkan bagi pemula terutama disaat terjatuh.

Penggemar sepeda motor mesin besar atau moge saat ini terus bertumbuh dengan banyaknya model yang ditawarkan produsen kepada konsumen.

Penjualannya pun terus meningkat dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Banyak pemilik moge yang masih belum tahu bagaimana cara yang benar mengangkat sepeda motornya. Jika dilakukan secara sembarangan bisa menyebabkan lutut dan tulang belakang cedera.

Lalu bagaimana cara nya membangunkan moge Harley davidson yang terjatuh tanpa bantuan orang lain?

Berikut ini cara yang sudah di praktekan oleh pengendara Harley Davidson ketika motor ambruk dijalan.

cara mengendarai harley davidson

Mengangkat moge yang benar dilakukan dengan tidak mengandalkan kekuatan otot tangan maupun punggung. Pemilik motor wajib memanfaatkan dengan otot paha.

Untuk mengangkatnya pun posisi badan tidak menghadap motor melainkan membelakangi sisi jok motor. Sehingga punggung berhadapan dengan sisi motor yang terjatuh.

Langkah berikutnya adalah jongkok dengan punggung menempel jok lalu tangan mencari pegangan yang kuat. Bisa di tuas gas atau handle bar dan tangan satunya di bagian jok motor yang cukup kuat untuk jadi pegangan.

cara mengendarai harley davidson
cara mengendarai harley davidson

Saat mengangkat rasakan kekuatan di otot paha dengan otot tangan hanya sebagai pendukung.

Saat motor akan tegak berdiri atau 90 derajat bila jatuhnya ke arah kiri, berputar menghadap motor, tahan dengan paha lalu turunkan standar.

Untuk jatuh ke sisi kanan, sebelum mengangkat motor turunkan standar terlebih dahulu sehingga saat berhasil mengangkat motor tinggal merebahkan motor ke sisi kiri.

Pesona motor gede atau moge memang susah untuk ditolak. Tapi mengendarai motor gede pun tak semudah motor biasanya.

Selain itu, bobotnya yang berat dan bodinya yang besar juga sepertinya tak mudah. Apalagi jika postur tubuh kita yang terbilang kecil.

Umumnya, jika rider sudah menguasai handling motor 500 cc maka saat menggunakan motor berkapasitas lebih dari 1.000 cc bukan masalah lagi.

Jika merasa sudah mampu, ada baiknya tidak kepedean langsung ikut touring jarak jauh. Tingkatkan kemampuan dan biasakan diri dengan gaya berkendara serta karakter motor besar terlebih dulu.

Berapa waktu yang ideal untuk ikut touring jarak jauh? Pembiasaan dengan moge, minimal 1 hingga 2 bulan sebelum memulai touring jarak jauh.

Sehingga, tak hanya terbiasa dengan body dan karakter, anda juga bisa memahami kondisi moge. Misalnya, suhu mesin motor yang juga berbeda dengan motor kecil.

Nah, bagaimana? Tidak terlalu sulit kan cara mengendarai harley davidson?

Yang pasti, anda harus selalu ingat bahwa sensasi berkendara dengan Harley Davidson itu sangat jauh berbeda dibandingkan dengan motor biasa.

Baca Juga : “Ternyata Jenis Moge Harley Davidson Cuma 7, Hapalin Yuk Biar Paham!

Karena itu, konsentrasi dan attitude mengemudi yang baik sangat wajib hukumnya!

Demikian informasi tentang Cara mengendarai Harley Davidson, semoga info diatas dapat membantu anda untuk lebih memahami cara berkendara menggunakan Harley Davidson. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.