6 Cara Mengatasi Virus Komputer Tanpa Anti Virus

Semua komputer atau laptop yang terhubung dengan internet bisa dipastikan akan mengalami virus. Pembuat virus sengaja menyebarkan hasil buatannya tersebut melalui jaringan internet.

Cara mengatasi virus komputer ada beberapa metode, mulai yang menggunakan anti virus terbaru sampai sama sekali tanpa anti virus.

Semua metode tersebut sudah saya coba dan Alhamdulillah bekerja dengan baik. Nah pada kesempatan kali ini akan saya bagikan untuk anda para netizen hapus virus komputer tanpa anti virus.

cara mengatasi virus komputer

Cara Mengatasi Virus Komputer

Metode mengatasi virus komputer tanpa antivirus ini sebenarnya sudah sejak lama di praktekkan para teknisi komputer. Alasan nya lebih terjamin terhapusnya jejak virus sampai ke akar.

Tapi sebelum anda mempraktekkan hal ini sebaiknya backup terlebih dulu beberapa file penting yang anda punya ke drive penyimpanan yang lain.

Ok, tanpa menunggu lama berikut 4 cara mengatasi virus komputer tanpa antivirus. Simak Yuk!

Mengatasi Virus Komputer

Bagi anda yang belum mengenal jenis virus komputer bisa anda simak secara lengkap di link ini.

Jika harus memilih manakah yang lebih simpel antara cara mengatasi virus komputer dengan anti virus atau tanpa anti virus. Tentu 90% menjawabnya mengatasi virus dengan anti virus.

1. Menggunakan Command Prompt

Metode pertama mengatasi virus komputer menggunakan command prompt atau CMD ini terbukti ampuh menghapus jejak virus sampai ke akarnya. Caranya:

cara mengatasi virus komputer

– Klik tombol start >> pada kolom search ketik “CMD” >> jika sudah muncul jangan klik menggunakan klik kiri tapi gunakan klik kanan lalu pilih Run As Administrator.

– Setelah muncul BlackScreen dari CMD ini, tugas anda selanjutnya tinggal menentukan drive mana yang disinyalir terdapat virus tersebut. Saya contohkan disini pada drive E, ketik dir E: attrib -s-h /s /d. Jika akan berpindah ke drive lain tinggal ganti E jadi drive yang lain.

cara mengatasi virus komputer

– Kemudian enter, beberapa saat kemudian akan muncul explorasi dari drive yang anda ketikkan tadi pada layar yang sama. Lalu cari dan temukan file .exe yang sebelumnya anda tidak pernah menginstalnya pada komputer anda tersebut.

– Jika file .exe asing tersebut sudah anda temukan segera hapus melalui command prompt ini. Bagaimana jika file asing tersebut tidak bisa dihapus? Tenang masih ada cara lain.

– Klik tombol start >> pada kolom search ketik “REGEDIT”. Setelah masuk ke menu REGEDIT tersebut kemudian pilih menu Edit pada toolbar lalu pilih lagi Find.

cara mengatasi virus komputer

– Pada kolom Find ketik nama file asing yang tadi anda temukan pada CMD. Setelah file tersebut ditemukan segera hapus seluruh registry nya sampai ke directory atau folder tempat dia bersarang.

2. Melalui Task Manager

Mungkin ada yang bertanya tanya, apa bisa cara menghilangkan virus komputer melalui task manager ini. Nah ketimbang anda bingung, nih saya kasih tahu cara cara nya ya:

– Pertama tekan CTRL+ALT+DELETE secara bersama sama, nah ketika sudah muncul menu task managernya silahkan anda amati pada menu “Processes” jika anda menemukan file seperti yang tertera pada gambar segera nonaktifkan prosesnya.

cara mengatasi virus komputer

– Cara menonaktifkan file asing tersebut adalah klik file yang terindikasi virus kemudian tekan tombol End Process. Seketika itu juga file asing tersebut akan berhenti menyebar lalu agar dia benar benar hilang silahkan klik New Task >> Ketik “msconfig”>> Enter.

cara mengatasi virus komputer

– Setelah anda masuk ke Configuration atau msconfig tersebut, langkah yang harus anda lakukan selanjutnya adalah klik “services” lalu hilangkan ceklist pada program yang anda merasa tidak pernah menginstalnya.

cara mengatasi virus komputer

– Selanjutnya silahkan anda klik “startup” masih pada configuration tersebut. Kemudian ceklist program yang menurut anda sangat mencurigakan.

cara mengatasi virus komputer

– Langkah berikutnya silahkan anda masuk ke command prompt lagi, dan lakukan seperti langkah pertama tadi.

3. Melalui Format Partisi Harddisk

Cara mengatasi virus komputer ini dapat anda lakukan jika virus tersebut sangat susah untuk dihilangkan dengan cara 1 & 2 tersebut.

Namun sebelum anda melakukan hal ini sebaiknya backup dulu data data penting anda ke drive lain agar setelah format partisi harddisk dilakukan anda tetap bisa akses data tersebut.

Seringnya cara ini dilakukan pada removable disk atau memory card yang benar benar terinfeksi virus yang sangat susah untuk dihilangkan.

Caranya : Klik kanan pada removable disk anda lalu pilih format setelahnya akan muncul opsi “Quick Format” pada opsi tersebut jika anda hilangkan ceklistnya maka removable disk akan ter format sampai ke akar sistemnya.

4. Melalui System Restore

System restore adalah salah satu sistem yang digunakan windows untuk mengembalikan data yang pernah anda hapus tak terkecuali virus tersebut.

Agar virus benar benar hilang dari komputer anda segera bersihkan sistem restore anda dengan cara sebagai berikut ini.

– Klik tombol Start >> pilih all program >> pilih accesories >> pilih System Tools >> Lalu pilih disk clean up. Selanjutnya anda pilih drive mana yang akan dihapus sistem restorenya, karena virus muncul berawal dari drive C maka yang akan kita hapus sistem restore nya C dulu.

– Kemudian setelah kita menentukan drive mana yang akan kita hapus sistem restorenya,berikutnya klik pada tab menu More Option pada sistem restore tersebut lalu klik CleanUp.

– Jika muncul tombol konfirmasi silahkan anda pilih DELETE.

5. Melalui Temp Directory

Directory temporary digunakan windows untuk memudahkan pengguna membuka file yang sudah lama tersimpan agar bisa dibuka kembali.

Akan tetapi rupanya hal ini menarik minat pembuat virus untuk menjadikan temp directory tersebut sebagai sasaran empuk guna memperbanyak dirinya.

Untuk menghapus file yang terdapat pada temp directory lebih amannya menggunakan software seperti Temp File Cleaner.

Cara mengatasi virus komputer dengan software tersebut akan menghapus semua jenis temp dari mulai temp pada browser sampai pada folder system32.

6. Melalui Instal Ulang OS

Cara mengatasi virus komputer yang ini perlu banyak pertimbangan dari anda sebagai penggunanya.

Langkah install ulang merupakan proses menghapus semua sistem operasi dan program yang sudah terinstal pada komputer anda dan menggantinya dengan yang baru.

Langkah ini sering digunakan oleh para teknisi jika sudah tidak ditemukan solusi lain untuk menghapus virus tersebut.

Dalam hal ini sebelum anda melakukan install ulang sebaiknya pindahkan semua data yang ada di drive C ke drive yang lain karena yang akan di install ulang hanya drive C saja.

Demikian tadi beberapa cara mengatasi virus komputer tanpa anti virus yang bisa anda lakukan.

Nah bagi anda yang ingin lebih tahu jenis virus komputer yang sering muncul, silahkan bisa anda simak penjelasan lengkapnya disini.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi terkait cara merawat komputer dari serangan virus. Sekian dan Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.