Mencuci Mobil – Merawat mobil tidak hanya membawanya untuk melakukan servis secara rutin. Sebab tidak hanya mesin yang perlu dirawat. Namun interior dan ekspterior mobilpun perlu perawatan. Salah satu merawatnya adalah dengan cara membersihkannya secara rutin. Bagian mobil yang perlu sering dibersihkan salah satunya adalah bodi mobil.

Bodi mobil merupakan bagian paling luar. Sehingga sangat mudah terkena debu, kotoran dan juga air hujan. Jika jarang dibersihkan akan berdampak pada memudarnya warna mobil dan mobil terlihat kusam. Sehingga kita harus memperhatikan cara mencuvi mobil saat membersihkannya.

Peralatan dan sabun yang digunakan harus disesuaikan. Sehingga tidak akan merusak cat bodi mobil. Sebab, selain menjadikan mobil terlihat kusam, cat yang memudar juga dapat menurunkan harga jual jika swaktu- waktu mobil akan dijual.

Peralatan Mencuci Mobil

Mencuci mobil tidak harus dilakukan di carwash untuk mendapatkan hasil yang memuasakan. Sebab, kita dapat melakukannya sendiri dirumah dan hasilnyapun membuat mobil mengkilap. Sebelum kita membahas mengenai cara mencucci mobil yang benar, kita akan bahas terlebih dahulu peralatan yang kita butuhkan ketika akan mencuci mobil di rumah atau mencuci mobil secara mandiri.

Sabun Cuci Mobil

Perakatan yang kita butuhkan yang pertama adalah sabun cuci mobil. Untuk sabun cuci mobil gunakanlah sabun cuci yang berkwalitas. Sebab memilih sabun cuci mobil yang sembarangan dapat membuat warna mobil menjadi luntur.

Jadi, pilihlah merek pencuci mobil yang bagus dan memang untuk mobil. Selain itu pilih sabun yang mampu menyeimbangkan pH (tingkat keasaman) dari air yang digunakan. Karena, banyak yang kurang tahu berapa banyak zat besi dalam air yang bisa menyebabkan karat di bodi mobil.

Penggunaan sabun yang tepat bisa menyeimbangkan zat korosif air menjadi pH yang seimbang.Beberapa orang menyarankan untuk menggunakan sabun cuci piring. Namun, sebaiknya jangan dilakukan. Sebab sabun cuci piring dapat menyebabkan warna mobil menjadi pudar. Jadi gunakanlah merek yang memang khusus untuk mencuci mobil seperti kit.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Shampoo rambut. Sebab, beberapa produk sampo memberikan bau yang harum atau deterjen dengan campuran khusus. Yang perlu dihindari, jangan menggunakan bahan pembersih dengan kadar deterjen tinggi seperti yang untuk mencuci piring. Karena, bodi mobil dengan lapisan cat dan perlindungannya cukup berbeda dengan piring.

Lap Pembersih Mobil

Peralatan selanjutnya yang harus Anda sediakan adalah lap untuk membersihkan mobil. Sama seperti memilih sabun cuci yang ngga boleh sembarangan. Lap mobil juga tidak boleh sembarangan. Sebab tidak semua bahan baik digunakan untuk mengelap mobil.

Biasanya, lap yang digunakan untuk membersihkan mobil berbahan dasar microfiber yang dapat membuang kotoran dan noda secara efektif. Anda bisa membeli kanebo di minimarket dengan harga yang terjangkau.

Cara Mencuci Mobil di Rumah Dengan Hasil Seperti di Carwash 1

Perlu diperhatikan untuk menyediakan lap lebih dari satu. Satu lap digunakan sebagai lap basah dan satu lap lagi digunakan sebagai lap kering. Lap kering ini digunakan untuk mengeringkan mobil pada bagian akhir. Digunakan untuk mengeringkan noda-noda basah, dan sisa-sisa sabun di body mobil, dengan cara mengelap sampai kering.

Ember dan Selang Air

Peralatan selanjutnya adalah ember dan selang air. Selang air sudah pasti digunakan untuk mengalirkan aliran air dari keran ke mobil, sementara ember digunakan sebagai wadah air untuk mencelupkan kain basah dicampur sampoo mobil. Pastikan bahwa Anda memiliki air bersih yang cukup banyak. Sehingga, benar- benar membersihkan mobil Anda secara tuntas.

Cara Mencuci Mobil

Setelah mempersiapkan semua peralatan dan perlengkapan, Anda dapat memulai untuk mencuci mobil Anda. Pastikan anda memarkirkan kendaraan anda selama proses mencuci di tempat yang teduh dan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain membuat Anda nyaman saat membersihkannya, hal tersebut juga tidak akan berdampak pada cat mobil Anda. Setealh itu Anda dapat memulai untuk mencuci mobil.

Mencuci mobil yang benar dimulai dari bagian bawah (seperti kolong, roda dan termasuk velg) dengan menggunakan air yang cukup kencang. Ingat hindari air tersebut memercik ke bodi mobil karena bisa menimbulkan bintik air yang biasa disebut jamur. Apalagi jika Sahabat mencuci mobilnya langsung di bawa sinar matahari, air yang terpercik ke bodi tadi akan sangat mudah mengering.

Baca Juga: Membuat dan Memperpanjang SIM GRATIS: Simak Cara dan Syaratnya

Jamur adalah musuh utama permukaan mobil karena akan membuat cat mobil tampak kusam. Segera setelah bagian bawah mobil dibersihkan, semprot bagian atas mobil dengan air dengan tekanan rendah. Namun, sebelum menyiramnya dengan air, lap terlebih dahulu mobil dengan lap microfiber agar debu dan kotoran terlebih dahulu hilang.

Membasahi Bodi Mobil

Mencuci Mobil
Mencuci Mobil (Sumber Gambar: Google)

Langkah pertama dalam mencuci mobil adalah dengan menyiramkan air ke seluruh bodi mobil. Pastikan Anda melakukannya dengan baik dan benar. Sebab, banyak yang melakukan penyemprotan air dengan salah ketika mencuci mobil.

Ketika menyemprotkan air bertekanan tinggi saat mencuci mobil, miringkan semprotan air ke arah samping. Hindari untuk menyemprotkan air secara horizontal karena membuat kotoran menyebar kemana-mana bukannya turun terbawa air. Pastikan anda menutup erat-erat pintu dan jendela mobil.

Membersihkan Dengan Sabun Khusus Mobil

Setelah semua area mobil basah, selanjutnya Anda dapat menyemprotkan sabun pencuci mobil yang khusus. Selain itu Anda juga dapat menggunakan sampo yang tepat untuk mencuci seluruh bodi mobil. Bersihkan mobil Anda dengan sabun. Ketika menemukan kotoran atau jamur yang nggak hilang dari bodi mobil setelah menggunakan sampo, jangan buru-buru menggosoknya terlalu keras. Karena, bisa menghilangkan lapisan pernis cat mobil.

Apabila Anda menemukan kotoran yang sulit dibersihkan bisa disebabkan misalnya, oleh bahan aspal yang menempel pada bodi mobil atau bahkan serangga yang menempel pada bagian-bagian mobil. Maka, membutuhkan sedikit tahapan khusus ketika mencuci mobil. Yaitu dengan menggunakan kompon. Dengan menggunakan kompon semua noda yang terlihat bisa hilang.

Tetapi, pergunakanlah dengan bijak sesuai dengan kebutuhannya. Karena, meskipun bahannya lembut, tetapi sangat abrasif dalam mengangkat kotoran dan akan mengikis lapisan pernis mobil. Tipsnya, gunakan secara berkala, 3 atau 6 bulan sekali.

Baca Juga: Atap Mobil Bocor: Apa Penyebabnya?

Membilas Sabun Dengan Air Bersih

Tahapan selanjutnya adalah membilas dengan air bersih. Setealh semua bagian bodi mobil telah dibersihkan dengan sabun, Anda dapay=t memulai untuk membilasnya dengan air bersih. Setelah itu Anda dapat menggunakan lap yang bersih dan kering untuk mengeringkan mobil Anda. Pastika mobil Anda kering sempurna,. Jangan sampai ada air yang tertinggal atau ada bagian yang tidak kering.

Itulah cara membersihkan mobil yang dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah. Ada beberapa hal yang menjadi catatan yaitu jenis sabun, cara menyemprotkan air, dan jenis kain yang digunakan untuk membersihkan mobil. Jadi, selamat mencuci mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *