Saat ini kita harus waspada dengan maraknya suku cadang palsu. Ya, jangan sampai melakukan perawatan pada kendaraan dengan mengganti suku cadang, malah hasilnya tidak sesuai harapan. Ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab dan menggantinya dengan suku cadang palsu.

Apakah bisa membedakan suku cadang asli atau palsu meskipun kita awam dengan otomotif? Yups, jangan khawatir. Sebab hal ini dapat kita ketahui sehingga menegah olnum nakal berbuat curang. Lalu apa saja tanda untuk membedakan suku cadang asli atau palsu?

Artikel kali ini akan mengupas tuntas mengenai cara memebdakan suku cadang asli atau palsu. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda

Bahaya Menggunakan Suku Cadang Palsu

Kenapa sih kita harus menggunakan suku cadang asli? Bukankah tidak ada masalah, malah kita bukankah akan mendapatkan harga yang elbih murah? Eits, jika Anda masih berfikir seperti itu maka ada baiknya segera dirubah.

Sebab pada faktanya ada beberapa dampak yang akan ditimbulkan ketika Anda menggunakan suku cadang palsu. Mislanya jika Anda menggunaka kampas rem palsu. Maka dampak yang ditimbulkan adalah roda terkunci atau berhenti secara tiba-tiba ketika kendaraan R2 dibawa berkendara.

Baca Juga: Membersihkan Mesin Mobil: Tips Mudah & Lebih Awet

Contoh lagi, apabila Anda menggunakan cakram rem palsu maka hal ini dapat menyebabkan rem blong dan tidak pakem. Hal yang sangat berbahaya, jika pengemudi tengah berkendara dengan kecepatan tinggi.

Selain itu apabila Anda menggunakan saringan oli palsu maka akan berdampak pada mesin macet dan merusak kinerja mesin. Pelumas mesin motor menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, sebab mampu merusak mesin secara permanen.

Cara Membedakan Suku Cadang Asli atau Palsu
Cara Membedakan Suku Cadang Asli atau Palsu (Sumber Gambar: Google)

Lalu, apabila Piston palsu mengakibatkan berkurangnya efisiensi penggunaan bahan bakar dan menyebabkan mesin macet secara tiba-tiba.

Terakhir adalah akibat apabila Anda menggunakan V-belt palsu. Dimana hal ini akan menyebabkan berkurangnya kemampuan berkendara secara tiba-tiba. Hal ini menyebabkan pengendara bisa kehilangan keseimbangan selagi berkendara.

Cara Membedakan Suku Cadang Asli atau Palsu

Setelah mengetahui dampaknya, tentu Anda akan menghindari menggunakan suku cadang palsu. Lalu bagaimana cara membedakan suku cadang asli atau palsu? Tenang, sebab meskipun sangat mirip, namun tetap saja masih dpat dibedakan. Berikut adalah cara membedakan suku cadang asli atau palsu.

Spesifikasi Produk dan Kemasan

Cara membedakan suku cadang asli atau palsu yang pertama adalah dengan memeriksa spisifikasi produk dan kemasannya. Salah satu yang dapat membedakan suku cadang asli atau palsu adalah tingkat kerapian pengerjaan produknya.

Walaupun pabrik suku cadang imitasi berusaha membuat atau mengemasnya begitu mirip dengan asli. Apalagi sekarang semakain cangih dan semakin pintar dalam meniru barang. jJadi jangan sampai terkecoh, apalagi membeli part yang kemasannya sudah terbuka.

Pastikan kemasan dalam keadaan baik, tidak sobek, dan kemasan belum terbuka untuk menjamin keasliannya. Selanjutnya, periksa kondisi fisik produk dan spesifikasinya. Jadi, ek spesifikasi melalui internet dan samakan dengan produk yang akan Anda beli.

Cara Membedakan Suku Cadang Asli atau Palsu
Cara Membedakan Suku Cadang Asli atau Palsu (Sumber Gambar: Google)

Pastikan semua spesifikasi sesuai dan tidak ada pembeda. Misalnya, material pembuatnya. Pastikan sesuai dengan yang ada internet. Pasalnya, selalu ada perbedaan meski barang palsu dibuat sangat mirip dengan produk aslinya.

Cara membedakan suku cadang asli atau palsu yang selanjutnya adalah memperhatikan kondisi fisik suku cadang. Tidak hanya kondisi kemasannya yang diperhatikan namun juga kondisi dari barangnya juga harus diperiksa.

Stiker Barcode

Cara membedakan suku cadang asli atau palsu adalah dengan memastikan stiker barcode. Ya, lewat barcode ini kita dapat memperhatikan nomor seri dan kode produk. Dalam memeriksa barcode maka Anda prlu meluangkan waktu sebentar.

Sebab hal ini memerlukan ketelitian. Meski sama-sama memiliki nomor seri, bukan berarti tidak ada perbedaan. Biasanya, produk palsu nomor seri atau kode produknya lebih cepat hilang. Selain itu yang lebih pasti adalah nomor seri resmi pasti terdaftar dalam katalog.

Cara Membedakan Suku Cadang Asli atau Palsu
Cara Membedakan Suku Cadang Asli atau Palsu (Sumber Gambar: Google)

Jadi, untuk barcode sparepart motor yang asli biasanya saat proses scan barcode sesuai dengan produk suku cadang yang diinginkan. Stiker barcode yang tertera pada kemasan dalam kondisi baik dan tidak rusak, sobek maupun dalam kondisi tulisan jelas.

Yang Asli Bergaransi

Cara membedakan suku cadang asli atau palsu yang selanjutnya adalah garansi yang didapatkan. Tanyakan garansiketika Anda membeli suku cadang. Tidak hanya untuk memastikan jika produk asli, namun juga sebagai antisipasi jika produk rusak terlau cepat.

Ya, bisa dikatakan sebagai jaminan. Garansi perlu Anda tanyakan, karena sebagai jaminan kalau produk mengalami kerusakan ketika kamu menggunakannya. Garansi sendiri dapat berupa perbaikan atau penggantian produk baru tanpa tambahan biaya alias gratis.

Namun perlu Anda ketahui perbedaan anatar garansi produk asli dan palsu. Biasanya, kalau produk suku cadang itu asli, garansinya cenderung lebih panjang dan langsung diberikan oleh produsen.
Sementara untuk produk palsu, garansinya biasanya hanya dari toko dan hanya satu hari atau paling lama satu minggu. Nah, itu tadi cara mudah membedakan suku cadang asli dan palsu.

Harga Suku Cadang

Cara memebdakan suku cadang asli atau palsu yang selanjutnya adalah melalui harga suku cadang. Apabila harga terlalu murah mungkin Anda harus curiga. Biasnya harga yang suku cadang asli lebih mahal apabila dibandingkan dengan barang palsu.

Namun, semua pasti ada plus dan minusnya. Apabila produk asli harganya lebih mahal, pasti kualitasnya jauh lebih baik daripada produk bawaan atau tiruannya. Pun, daya tahannya pasti lebih lama daripada barang palsu. Jadi jangan tergiur dengan harga murah. Terutama jika Anda membelinya dengan cara online.

Baca Juga: Merek Shockbreaker Mobil: 5 Rekomendasi Terbaik

Biasanya hal ini yang menjadi pengecoh. Lebih murah tentu memiliki peluang lebih besar untuk dibeli. Sayangnya, murah tidak menjamin produk tersebut berkualitas dan terjamin keaslian serta daya tahannya. Jadi, jika Anda membelinya secara online harap perhatikan hal yang satu ini.

Itulah cara membedakan suku cadang asli atau palsu. Gantilah atau beli suku cadang asli di tempat resmi untuk menghidari barang palsu. Teliti dengan benar sebelum Anda membayar suku cadang yang Anda beli. Sehingga, memperkecil kemungkinan mendapatkan suku cadang palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *