Skip to content

Cara Memakai Sabuk Pengaman Mobil dengan Tepat & Aman

Sabuk pengaman mobil adalah salah satu fitur kemanan yang disediakan untuk memberikan kemanan saat Anda berkendara. Maka, jangan pernah lupa untuk selalu menggunakan sabuk pengaman dengan benar.

Ya, sebab masih banyak yang mengabaikan cara memakai sabuk pengaman dengan baik dan benar. Padahal cara memakai sabuk pengaman mobil sangat penting untuk keselamatan. Fungsi sabuk pengaman adalah menahan tubuh pengemudi dan penumpang agar tidak terlempar ke depan saat terjadi benturan atau ketika Anda melakukan pengereman mendadak.

Guna mencegah hal tersebut, penting bagi Anda untuk mengetahui cara memakai sabuk pengaman mobil, baik pengemudi maupun penumpang.

Cara Memakai Sabuk Pengaman Mobil

Berkendara dengan mobil sangat rentan terjadi kecelakaan, sehingga produsen mobil pun memberikan seat belt. Fitur satu ini sebagai pengaman yang belum dipakai secara maksimal oleh pengemudi dan penumpang.

Dikarenakan fungsinya yang sangat penting maka ada cara memakai sabuk pengaman mobil yang tepat dan sesuai standar kemanan, loh. Sehingga harus Anda perhatikan dan praktikan dalam penggunaannya.

Cara Memakai Sabuk Pengaman
Cara Memakai Sabuk Pengaman (Sumber Gambar: Google)

Ya, sebab produsen mobil telah memastikan dengan benar agar sabuk pengaman nyaman untuk digunakan. Akan tetapi, sering kali pengemudi justru merasa seat belt mobil kurang nyaman dan memakainya tak sesuai aturan.

Sehingga banyak yang tidak sesuai dengan cara memakai sabuk pengaman mobil dengan baik dan benar. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas mengenai cara memakai sabuk pengaman mobil dengan aman dan benar. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Baca Juga: Kampas Kopling Ganda Motor Matic: Yuk Ketahui Fugsinya!

Menggunakan Sabuk Bagian Atas

Cara memakai sabuk pengaman mobil yang baik dan benar adalah memastikan bahwa sabuk pengaman bagian atas juga terpasang dengan baik. Banyak orang yang sembarangan dalam memakai sabuk pengaman bagian atas.

Dimana biasanya hanya menyelipkan sabuk bagian atas ke belakang punggung, sehingga tidak berfungsi maksimal.Padahal seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa sabuk pengaman telah disesuakan dengn posturtubuh dan kenyamanan selama penggunaan.

Ya, Para driver kerap kali mengeluhkan bahwa tali dari seat belt tidak nyaman, dan biasanya mereka justru menggunakan seat belt dengan menyelipkannya di belakang punggung mereka. Padahal sabuk pengaman diciptakan oleh produsen mobil yang sudah menyesuaikan kemungkinan segala bentuk pundak dari pengendara ataupun penumpang.

Perlu diketahui, jika Anda melakukan hal serupa, kemampuan sabuk pengaman untuk melindungi kesalamatan Anda menurun. Sabuk pengaman dirancang untuk memberikan kekuatan pada area tubuh Anda.

Jadi apabila Anda tidak menempatkan tali ini pada bagian tubuh Anda dengan benar, kekuatan untuk melindungi diri Anda tidaklah mungkin terjadi.

Cara Memakai Sabuk Pengaman
Cara Memakai Sabuk Pengaman (Sumber Gambar: Google)

Memperhatikan Tali Bagian Bawah

Cara memakai sabuk pengaman mobil yang baik dan benar yang selanjutnya adalah memastikan bahwa tali bagian bagian bawah. Ya, sama seprti sabuk pengaman bagian atas, bagian bawah pun perlu dipasang dengan bena. Sehingga, akan berfungsi secara maksimal.

Pastikan tali bagian bawah seat belt Anda berada di atas sekitar pinggang Anda. Sabuk pengaman didesain untuk memberikan kekuatan pada panggul Anda agar tubuh Anda tidak terlempar jauh ketika terjadi kecelakaan. Cara memakai sabuk pengaman mobil yang benar ini membuat Anda aman saat kecelakaan, sehingga tubuh tidak terlempar jauh.

Memperhatikan Posisi Duduk

Tidak hanya memperhatikan cara memakai sabuk pengaman yang baik dan benar, posisi duduk pun erlu diperhatikan. Ya, Seperti halnya saat Anda duduk di bangku pada umumnya, tubuh harus diposisikan secara tepat. Saat berkendara, pastikan pengemudi dan penumpang duduk dengan posisi yang benar.

Duduklah dalam posisi yang tegak, sejajarkan punggung dengan sandaran kursi Anda. Hindari untuk menurunkan posisi kursi lebih dari yang Anda butuhkan. Apabila sandaran Anda diturunkan secara berlebihan, ketika terjadi suatu kecelakaan maka sabuk tersebut bisa saja melewati pinggang dan menahan perut Anda sehingga dapat menyebabkan cedera yang lebih serius.

Hindari menurunkan jok melebihi kebutuhan sehingga posisi seat belt berada di perut. Bila hal ini terjadi, maka dapat menyebabkan cedera parah. Dengan posisi duduk yang benar, manfaatnya adalah perjalanan jauh Anda terasa lebih menyenangkan dan terhindar dari rasa sakit. Jadi, duduklah di posisi yang tidak nyaman.

Pastikan Tali Sabuk Pengaman Tidak Terpelintir

Cara memakasi sabuk pengaman yang selanjutnya agar aman dan nyaman adalah dengan memastikan bahwa tali sabuk pengaman tidak terpelintir. Sebab, lagi- lagi hal ini dapat menurunkan fungsi dari sabuk pengaman itu sendiri.

Lalu bagimana cara memakai sabuk pengaman agar tidak melintir? Jadi, sabuk pengaman harus di posisi yang tepat yaitu melintang dari satu sisi ke sisi lainnya. Tali sabuk diharuskan menempati posisi yang rata pada bagian dada atas dan juga pada daerah paha atas Anda.

Jika tali pinggang berada dalam posisi yang bengkok, kekuatan tekanan perlindungan diri Anda melalui pinggang tidak dapat bekerja dengan baik pada tubuh Anda. Hal inilah yang menyebabkan sabuk pengaman jadi kurang efektif bekerja.

Apabila tali sabuk pengaman melintir maka kekuatan yang diberikan oleh tali tidak rata tentu kurang maksimal, sehingga Anda menjadi kurang aman saat berkendara dan risikonya pun lebih tinggi.

Cara Memakai Sabuk Pengaman
Cara Memakai Sabuk Pengaman (Sumber Gambar: Google)

Pastikan Sabuk Pengaman Terkunci

Cara memakai sabuk pengaman yang baik dan aman selanjutnya adalah memastikan bahwa sabuk pengaman terkunci. Saat memasang sabuk pengaman, pastikan Anda menguncinya dengan benar hingga terdengar bunyi klik. Hal ini menAndakan bahwa sabuk pengaman telah dalam posisi yang kuat dan aman untuk digunakan.

Selain itu Anda dapat melakukan uji kepastian dari keamanan seat belt Anda dengan cara menariknya sesekali. Jika sabuk tersebut tidak terlepas dari slot kunci, itu berarti sabuk pengaman dapat digunakan dengan aman. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa sabuk pengaman benar-benar telah terkunci dan dapat membantu melindungi Anda selama perjalanan.

Baca Juga: Peredam Suara Mobil: Tips Memilih & Rekomendasi Merek Yang Bagus

Dengan mastikan sabuk pengaman sudah terkunci, maka ini salah satu upaya memaksimalkan sabuk pengaman berfungsi dengan penuh.

Itulah cara memakai sabuk pengaman dengan baik dan benar. Pastikan bahwa Anda menggunakan sabuk pengaman dengan benar, sehingga akan memberikan perlindungan yang maksimal apabila terjadi kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.