Cara Instal Antivirus Smadav di PC Atau Laptop Bagi Pemula!

Instal Antivirus Smadav – Menginstal antivirus pada PC atau laptop adalah keharusan. Menurut wikipedia, Antivirus adalah program komputer yang digunakan untuk mencegah, mendeteksi, dan menghapus perangkat perusak.

Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Salah satu antivirus yang sering digunakan untuk PC maupun laptop adalah Smadav.

Smadav, ditulis SMADΔV, adalah perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menyebar di Indonesia. Antivirus ini memiliki versi gratis dan berbayar setelah sebelumnya sempat berupa perangkat lunak derma.

Antivirus Smadav sangatlah mudah di instal di PC maupun laptop. Jadi, jika Anda pertama kali akan meng- instal antivirus Smadav maka tidak perlu bingung. Sebab, cara menginstalnyapun sangat mudah.

Cara Instal Antivirus Smadav

Antivirus sangatlah penting untuk PC maupun laptop Anda. Untuk itu, menginstal antivirus adalah keharusan. Nah, bagi Anda yang akan meng-instal antivirus, Smadav dapat menjadi pilihan dari banyaknya jenis antivirus yang ada.

Sebelum kita membahas cara instal antivirus Smadav, kita akan membahas mengenai funsi dari anti viru itu sendiri. Fungsi yang pertama adalah yaitu selain dapat menghapus berbagai macam virus komputer, fungsi antivirus komputer juga dapat mendeteksi program-program yang dianggap berbahaya bagi sistem komputer.

Instal Antivirus Smadav
Instal Antivirus Smadav (Sumber Gambar: Google)

Selanjutnya seiring dengan perkembangan jaringan komputer, kini antivirus pun dapat melindungi pengguna saat sedang berselancar di dunia maya. Selanjutnya fungsi antivirus komputer yang lainnya adalah sebagai pengganti firewall pada komputer.

Firewall umumnya sudah ada di dalam sistem komputer bawaan. Saat Anda menggunakan Sistem Operasi Windows, maka secara otomatis firewall ini akan terinstal. Hanya saja windows firewaal ini masih memiliki kelemahan pada beberapa virus tertentu. Maka dari itu, dengan adanya antivirus, fungsi firewall dapat lebih kuat.

Baca Juga: Yuk Cek Perawatan Mobil Setelah Banjir Agar Harga Mobil Tidak Anjlok!

Antivirus juga dapat melakukan pemindaian pada banyak komputer dan meng-uninstal program secara tuntas.

Mendetekasi ancaman virus di dalam email juga merupakan salah satu fungsi dari antivirus. Terakhir antivirus dapat mengunci program komputer dan melindungi komputer dari perangkat yang terhubung.

Jadi, sering saat kita memindahkan beberapa file menggunakan flashdisk, smartphone, atau perangkat lainnya, secara tidak sadar kebersihan perangkat tersebut perlu dipertanyakan. Kita tidak tahu apakah perangkat yang terhubung tersebut terdapat ada virus atau tidak.

Maka dari itu, peran antivirus dapat melindungi komputer dari virus yang sudah terinfeksi sebuah virus. Biasanya, antivirus akan langsung melakukan scan secara otomatis setelah perangkat komputer dipasangkan.

Nah, jadi jangan lupa untuk instal antivirus pada PC atau laptop Anda. Selain itu, pastikan juga untuk sellau upgrade antivirusnya ke versi yang paling baru. Sehingga fungsi dari antivirus itu menjadi maksimal.

Yuk, kita bahas mengenai cara instal antivirus Smadav. Bagimana langkah- langkah dalam melakukan instal antivirus Smadav. Berikut cara lebgkapnya untuk Anda.

Dwonload Antivirus Smadav

Langkah pertama untuk instal antivirus Smadav yang pertama adalah mendwonload Downloadlah installer aplikasi Antivirus Smadav diwebsite kepercayaan anda. Namun sebagai pilihan, Anda dapat mendownloadnya pada website Nesabamedia.

Hal ini karena pada website ini telah menyediakan software gratis yang original dan versi terbaru. Sehingga, Anda dapat mendownloadnya tanpa mengkhawatirkan adanya virus.

Instal Antivirus Smadav
Instal Antivirus Smadav (Sumber Gambar: Google)

Memilih Bahasa

Langkah selanjutnya dalam melakukan instal antivirus Smadav adalah memilih bahasa. Jadi, setlah Anda selesai mendwonload antivirus Smadavnya, Anda dapat membuka file antivirus Smadav yang telah Anda download.

Selanjutnya Anda dapat melakukan klik dua kali file tersebut untuk membuka dan menjalankannya. Maka langkah selanjutnya Anda harus memilih bahasa apa yang Anda gunakan. Disini Anda dapat memilih bahasa inggris maupun bahasa indonesia. Ingat, gunakanlah bahasa yang paling Anda pahami, ya.

Nantinya akan muncul tampilah “Select Setup Language”. Tampilan ini adalah pemilihan bahasa sesuai keinginan Anda. Anda dapat memilih bahasa yang sesuai dengan Anda atau bahasa yang dapat dimengerti oleh Anda. Setelah itu langsung saja klik OK untuk melanjutkan proses penginstallan.

Instalisasi Smadav

Langkah selanjutnya dalam instal antivirus Smadav adalah intalisasi Smadav. Nantinya, Anda berada pada tampilan selamat datang di Instalasi Anda. Nnatinya, akan akan muncul Wizard Smadav. Maka Anda dapat lansung klik Next atau lanjut untuk melanjutkan proses Setup.

Setelah menekan tombol Next, maka akan muncul tampilan perjanjian persetujuan. Pada tahap ini, biarkan saja centang berada pada bagian saya setuju. Ya, pada tahap ini Anda hanya perlu klik opsi “I accept the agreement”. Lalu setelah itu, klik tombol lanjut untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Memilih Perintah Tambahan

Selanjutnya dalam melakukan instal antivirus Smadav adalah memilih perintah tambahan atau tasks tambahan. Nantinya pada tahap ini, semuanya sudah tercentang secara otomatis, jadi klik tombol lanjut atau next saja.

Instal Antivirus Smadav
Instal Antivirus Smadav (Sumber Gambar: Google)

Tahap Penginstalan Smadav

Langkah selanjutnya untuk instal antivirus Smadav. Dimanan nanti Anda akan berada pada tampilan siap untuk memasang. Kemudian klik instal untuk melanjutkan proses installasi. Setelah tombol pasang tadi Anda klik, akan muncul tampilan loading seperti gambar di bawah ini.

Jika sudah maka tinggal tunggu saja, okay. Nah, nantinya jika proses installasi selesai, maka Anda dapat klik tombol finish. Maka window setup smadav akan tertutup secara otomatis.

Baca Juga: Komponen Mobil Terkena Banjir: Apa Saja Yang Harus Diperiksa Agar Tidak Rusak?

Selesai

Nah, jika Anda sudah melalui smeua tahapan intal antivirus smadav diatas, maka artinya sudah selesai. Nantinya Anda berada pada tahap mengakhiri pemasangan Smadav. Itu artinya, ini adalah langkah terakhir penginstalan smadav bagi Anda.

Pada tampilan ini, hilangkan centang pada pilihan jalankan SMADAV jika Anda hanya ingin menginstalnya dan menyelesaikannya saat ini juga. Yuk, langsung klik selesai untuk benar-benar menyelesaikan penginstalan ini.

Dengan klik tombol selesai, maka langkah instal smadav kali ini telah selesai juga. Bagaimana, mudah bukan? Asal mengikuti tutorial ini dengan benar saya yakin Anda pun bisa menyelesaikannya.
Nah, itulah langkah- langkah dalam instal antivirus Smadav. Mudah bukan?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.