Berekendara mobil tidak hanya asal berkendara. Ada beberapa cara berkendara untuk pengemudi mobil yang perlu diperhatikan. Selain menerapkan manner street, cara berkendara untuk pengemudi mobil yang baik dan aman juga penting untuk diterapkan.

Sehingga, ketika mengemudi tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Jika, manner street diterapkan lebih untuk keselamatan orang- orang di sekitar jalan raya, cara berkendara diterapakan untuk keutamaan keselamatan diri sendiri. Ya, walupun ujung- ujungnya untuk keselamatan bersama.

Pada dasarnya, pengemudi wajib memperoleh 3K dalam berkendara. 3K tersebut adalah komunikasi, kenyamanan, dan kontrol. Jadi, tidak hanya sekedar nyaman namun juga aman. Dimana posisi duduk, tangan, dan kaki adalah kunci menentukan posisi mengemudi yang benar.

Dikarenakan berhuungan dengan keselamatan saat berkendara, maka pengemudi harus paham betul dan mau melaksanakan cara berkendara yang baik dan aman. Sehinggga, dapat mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

Cara Berkendara Untuk Pengemudi Mobil

Bagi pengendara mobil, ada beberapa sikap yang harus diperhatikan saat mengemudi. Tidak hanya memastikan bahwa Anda merasa nmyam ketika duduk di bangku pengemudi, namun Anda juga harus memastikan bahwa posisi Anda saat mengemudi aman untuk semuanya.

Untuk itu, kami memiki rangkuman tips mengenai cara berkendara untuk pengemudi mobil yang baik dan Amna. Hal apa saja yang ahrus diperhatikan? Berikut ulasannya untuk Anda.

Persiapkan Kendaraan

Cara berkendara untuk pengemudi mobil yang pertama perlu diperhatikan adalah kondisi kendaraannya. Jadi, pastikan bahwa kendaraan dalam kondisi yang baik dan prima. Periksalah segala komponennya apakah masih berada dalam kondisi baik baik saja atau tidak. Mulai dari ban, kaca spion, speedometer, bensin, dan komponen engine lainnya.

Selain itu, bukan hanya perkara kendaraan yang harus memiliki performa prima. Namun, badan Anda pula harus dipastikan berada dalam kondisi sehat. Pasalnya, bila kondisi kendaraan baik namun kesehatan memburuk akan berbahaya terlebih bagi pengendara kendaraan roda dua.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Merek Spion Motor Untuk Modifikasi Keren

Menggunakan Perlengkapan Keselamatan

Cara berkendara untuk pengemudi mobil yang selnajutnya adalah memastikan menggunakan perlengkapan keselamatan. Dimana, untuk pengemudi mobil maka wajib menggunakan sabuk pengaman.Ya, sebab sabuk pengaman sangat penting untuk menjaga keselamatan serta memberikan kenyamanan ketika mengemudikan kendaraan.

Cara Berkendara Untuk Pengemudi Mobil
Cara Berkendara Untuk Pengemudi Mobil (Sumber Gambar: Google)

Pastikan pula jika fitur kemanan lainnya di mobil berfungsi dengan baik. Sehingga, dapat berfungsi apabila ada hal- hal yang tidak di inginkan.

Posisi Saat Berkendara

Cara berkendara untuk pengemudi mobil yang selanjutnya agar aman adalah memastikan posisi berkendara sudah tepat. Tidak hanya posisi duduk, namun juga posisi kaki dan tangan. Karena faktanya cara berkendara yang baik dengan duduk yang sesuai ini nantinya mempengaruhi kualitas mengemudi seseorang.

Sehingga, pastikan bahwa posisi duduk anda telah benar sehingga Anda merasa nyaman dan aman. Pertama perhatika posisi duduk Anda ketika menyetir. Posisi duduk dapat dimulai dari jangkauan kaki terhadap pedal. Tolak ukur jarak kaki pada mobil manual adalah kaki yang menjangkau pedal kopling secara penuh.

Sedangkan pada mobil matic, kaki harus bisa menginjak pedal rem secara penuh. Kemudian, aturlah sandaran punggung dengan meletakkan salah satu tangan di arah jam 12 kemudi dengan posisi lurus. Sandaran harus bisa menempel merata di punggung pengemudi, dari bahu hingga pinggang.

Ketika posisi duduk sudah sempurna, dari sini Anda dapat mengatur safety belt, posisi kaca spion, hingga menyalakan sistem audio. Pastikan hal-hal tersebut dilakukan sebelum mobil jalan.

Selanjutnya, Cara berkendara untuk pengemudi mobil yang baik adalah mengatur posisi tangan. Ya, ternyata posisi tanga juga perlu diperhatikan. Pastikan posisi tangan berada pada arah jam 9-3 atau 10-2. Dua posisi ini merupakan posisi yang paling aman dalam berkendara.

Cara Berkendara Untuk Pengemudi Mobil
Cara Berkendara Untuk Pengemudi Mobil (Sumber Gambar: Google)

Sangat direkomendasikan untuk memposisikan tangan dengan posisi 9-3 karena posisi ini menjangkau tuas-tuas kontrol di sekitar kemudi. Selain itu, tenaga yang digunakan untuk memutar kemudi juga jauh lebih ringan.

Hindari mengemudi dengan satu tangan, tangan berada di bagian dalam lingkar kemudi atau dua tangan berada dalam satu titik. Disarankan pula untuk tidak menggunakan bola pemutar kemudi seperti pada setir alat berat karena berpotensi mencederai ibu jari serta menghalangi kontrol setir.

Jika posisi duduk dan tangan sudah pas dan sesuai, maka selanjutnya adalah mengatur posisi kaki. Ya, posisi kaki juga berpegaruh dalam cara berkendara untuk pengemudi mobil agar aman. Penentuan posisi kaki tergantung pada jenis mobil yang digunakan. Pada mobil manual, usahakan kaki kiri berada di footrest, tidak menempel di pedal kopling.

Sedangkan pada mobil matic, kaki kiri harus sepenuhnya berada di footrest, hanya kaki kanan yang bekerja untuk menekan pedal rem dan gas. Tetapkan posisi kaki kanan yang benar, yakni tegak lurus di pedal rem dan miring ke kanan ketika menginjak pedal gas. Tumit harus menempel lantai mobil dan tidak boleh bergeser.

Atur Jarak Aman

Cara berkendara untuk pengemudi mobil yang baik yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan jarak kendaraan satu sama lain. Saat mengemudi dan kebetulan lalu lintas dalam kondisi lancar, jangan lupa aturlah jarak aman yaitu 3 detik dengan kendaraan di depan. Hal ini berguna apabila kendaraan depan melakukan rem mendadak, pengemudi masih memiliki waktu untuk berhenti dengan aman.

Menjaga jarak antar kendaraan akan membantu pengendara terhindar dari kecelakaan atau tabrakan lantaran pengereman yang mendadak. Agar hal ini bisa diminimalisir dengan baik, sebagai pengendara yang cerdas hendaknya anda mengamati kecepatan berkendara dan menerapkan cara berkendara yang baik satu ini setiap kali melakukan perjalanan.

Cara Berkendara Untuk Pengemudi Mobil
Cara Berkendara Untuk Pengemudi Mobil (Sumber Gambar: Google)

Tetap Fokus Saat Berkendara

Cara berkendara untuk pengemudi mobil yang selanjutnya adalah tetap memastikan keadaan dalam fokus. Hindari penggunaan smartphone saat mengemudi, jangan makan, dan melakukan hal-hal lain yang mengganggu konsentrasi Anda ketika mengendarai mobil.

Fokus 100 persen ketika mengemudi dan jangan alihkan pikiran serta mata Anda pada hal lain. Menurut berbagai data, banyak kecelakaan terjadi akibat pengemudi kurang ‘awas’ saat mengemudi di jalan.

Baca Juga: Rekomendasi Spion Motor, Kece & Sesuai Aturan!

Itulah cara berkendara untuk pengemudi yang baik dan aman. Dengan mengikuti cara diatas, maka tidak hanya kemanan yang diusahakan namun secara otomatis kenyamanan juga di dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *