Salah satu hal yang tidak dapat kita prediksi saat berkendara adalah harus melakukan putar balik ketika di tengah jalan. Sehingga, cara aman putar balik mobil harus kalian pahami. Mungkin, hal ini akan mudah dilakukan jika ada jalur putar balik, tinggal ambil jalur kanan, nyalakan sein kanan dan lakukan putar balik seperti berkendara biasa. Bagaimana jika tidak ada jalur putar balik dan Anda harus melakukannya di tengah jalan.

Putar balik mobil juga menjadi tantangan bagi pengemudi mobil, jadi tidak hanya untuk pengemudi pemula saja. Ya, cara memutar balik mobil yang baik perlu teknik khusus Kendati demikian, setiap mobil tentu punya radius putar dengan ragam besarannya, semakin kecil radiusnya semakin mudah putar balik. Bagi pengendara pemula, putar balik umumnya cukup sulit untuk dilakukan karena membutuhkan konsentrasi lebih tinggi mulai dari memutar lingkar kemudi hingga harus memperhatikan kendaraan di sekitar. Namun, hal tersebut akan lebih mudah seirig bertambahnya jam terbang untuk mengemudi.

Cara Aman Putar Balik Mobil

Memutar balik balik mobil memiliki kesulitan tersendiri. Cara putar balik mobil juga merupakan salah satu dasar mengemudi yang harus dikuasai. Tidak jarang ada pengendara yang kelewatan hingga harus maju mundur berulang kali dan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk memutar balik mobil mereka. Ya, putar balik mobil bukanlah suatu teknik mengemudi yang gampang dilakukan.

Memutar balik yang dimaksud disni adalah membelokkan kendaraan 180 derajat ke arah sebaliknya. Saat putar balik kendaraan, kita sebagai pengemudi harus berhati- hati. Sebab hal ini dapat menghambat para pengendara lain di belakang maupun di arah sebaliknya. Sehingga, mau tidak mau setiap pengendara harus mampu menguasai teknil dalam putar balik mobil. Supaya kalian dapat memahami caranya dengan benar, berikut ini kami bagikan tips cara putar balik mobil yang aman dan tidak membahayakan pengendara lain.

Berikut adalah cara aman putar balik mobil yang perlu kalian ketahui. Sehingga, kalian dapat melakukan putar balik dengan benar dan aman.

Memastikan Boleh Putar Balik Mobil Di Jalan Tersebut

Cara aman putar balik mobil adalah dengan memastikan bahwa di jalan tersebut diizinkan untuk melakukan putar balik kendaraan. Sebab, beberapa jalan tidak mengizinkan putar balik kendaraan. Bahkan biasanyanya ada rambu- rambu yang terpasang ubtuk memberitahukan hal ini. Jadi, sebaiknya jangan asal- asalan ketika akan berputar balik.
Kalian dapat memperhatikan ada di sekitar tempat memutar balik ada marka jalan yang menunjukkan huruf ‘U’ terbalik tanpa ada coretan di tengahnya. Bila Anda melihat marka jalan tersebut, artinya Anda boleh memutar balik tanpa melanggar aturan lalu lintas yang ada.

Hal ini penting untuk diperatikan, sebab pada kenyataan saat mengemudi, banyak yang amsih melanggar. Dimana sering kendaraan putar balik tanpa memperatikan rambu- rambu atau peraturan. Sehingga,hal ini dapat membahayakan kendaraan lain yang melintas. Atau setidaknya dapat menimbulkan sedikit kemacetan. Ya, pihak polisi lalu lintas pasti sudah mempertimbangkan kenapa suatu kendaraan boleh putar balik ataupun tidak di suatu jalan. Jadi, jangan dilanggar ya, teman.

Pastikan Keadaan Lalu Lintas Sekitar

Cara Aman Putar Balik Mobil
Cara Aman Putar Balik Mobil (Sumber Gambar: Google)

Cara aman putar balik mobil selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa keadaan lalu lintas sekitar memungkinkan untuk memutar balik mobil. Ya, selain memperhatikan rambu- rambu, Anda juga perlu bijak dengan cara memperhatikan lalu lintas kendaraan sekitar. Jangan menjadi egois, meskipun ada rambu boleh melakukan putar balik namun jangan sembarangan. Sebelum Anda memutar balik, perhatikan kondisi jalan sekitar. Bila keadaan lalu lintas sedang ramai, sebaiknya sedikit bersabar hingga jalanan lengang dari pengendara lain. Jangan lupa dekatkan kendaraan dengan tempat memutar balik agar tak terlalu jauh dan menyulitkan bagi Anda.

Selain itu perhatikan ruang ketika akan putar balik, apakah cukup atau tidak. Biasanya, ketika akan putar balik ke jalan yang berlawanan dengan arah semula, pasti akan banyak pengendara lain yang juga akan berbelok.

Baca Juga: Safety Riding Motor Matik: Aman Berkendara Bagi Pemula

Menyalakan Lampu Sein

Menyalakan lampu sein sebagai tanda bahwa Anda akan memutar balik mobil adalah cara aman putar balik mobil yang paling krusial. Namun sayangnya, pengemudi malah sering lupa untuk menyalakan atau memberi tanda dengan lampu sein. Padahal lampu sein tersebut penting sebagai penanda bagi kendaraan di belakang, sehingga mereka mengetahui posisi Anda akan segera memutar balik.

Jika ingin putar balik, pastikan lampu sein dinyalakan terlebih dahulu minimal 30 meter sebelum mobil berbelok. Ini dilakukan untuk memberikan tanda atau sinyal kepada kendaraan dibelakang bahwa Anda sebentar lagi akan berbelok. Perhatikan lampu sein yang menyala di layar MID Anda. Pastikan lampu sein Anda sesuai dengan arah Anda berbelok. Tak jarang ditemukan pengendara tak menyadari kala akan memutar balik ke kanan malah justru lampu sein kiri yang menyala.

Baca Juga: Pentingnya Safety Driving Saat Berkendara Demi Keselamatan

Memastikan Ruang Putar Balik Cukup

Memastikan bahwa ada ruang yang cukup untuk memutar balik mobil juga merupakan cara aman untuk putarbalik mobil. Seperti yang telah disebutkan dalam point memperhatikan keadaan lalu lintas sekitar, memastikan ruang yang cukup harus dipastikan agar tidak mengganggu kendaraan dari lain arah. Misalnya, saat akan memutar balik di sebelah kanan, kalian bisa mengambil sedikit ruang di jalan kiri baru kemudian memutar setir ke kanan dan juga berlaku sebaliknya. Atau kalau ruang jalan kecil, kalian bisa mengarahkan kendaraan dekat ke tempat memutar balik, kemudian mundur, bila ruang sudah cukup baru bisa kembali berjalan.

Baca Juga: Standar Safety Riding: Wajib Untuk Dipatuhi Saat Berkendara!

Perhatikan juga jalan di arah sebaliknya. Pastikan jalan kosong, baru Anda bisa melanjutkan perjalanan lagi. Jangan memaksa untuk tetap maju ketika kondisi jalan sedang ramai karena bisa membahayakan pengendara lain.Itulah beberapa tips berkendara mengenai cara putar balik mobil yang aman.

Baca Juga: 5 Tips Berkendara: Mengemudi Di Jalan Tol Untuk Pemula

Sebenarnya, kunci utama saat memutar balik adalah rajin memperhatikan spion samping kanan, kiri, maupun tengah. Dengan memperhatikan spion dengan baik, Anda bisa memperkirakan kapan waktu yang pas untuk memutar balik. Namun, beberapa mobil keluaran terbaru juga sudah dilengkapi dengan teknologi canggih yang membantu kalian dalam melakukan putar balik mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *