Tentu kalian sudah sering mendengar bahwa busi mobil merupakan komponen yang penting. Apkah kalian sudah tahu bentuk busi mobil? Ya, meskipun bentuknya kecil namun busi memiliki banyak jenis dan fungsi, loh.

Sebagai bagian vital dalam pengapian, busi memiliki peranan penting dalam menghasilkan bunga api atau spark pada elektroda busi mobil yang ada di dalam ruang pembakaran. Jadi, akan sangat membantu jika Anda mengetahui lebih banyak mengenai komponen mobil yang satu ini.

Dengan mengetahui lebih banyak tetang busi, nda tidak hanya dapat melakukan perawatan yang tepat agar busi berfungsi maksimal. Namun juga, Anda dapat memilih busi yang pas dan tepat digunakan untuk mobil Anda.

Berikut adalah artikel yang akan mebahas mengani jenis, fungsi dan cara memili busi mobil. Sehingga, dapat membantu Anda terhindar dari montir yang curang ketika busi diservis.

Jenis Busi Mobil

Dibalik bntuknya yang kecil, ternyta busi mempunya banyak jenis, loh. Oleh karena itu Anda harus benar-benar mengetahui jenis busi yang sesuai dengan karakter mobil yang digunakan. Berbeda jenis busi maka akan berbeda juga cara menggunakannya.

Supaya tidak salah pilih, ada baiknya Anda mengetahui jenis busi dan menyesuaikannya dengan karakter mesin mobil Anda. Berikut adalah jenis busi mobil yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Kopling Mobil Bermasalah: Ini Penyebab Kopling Tidak Berfungsi

Busi Mobil Standar

Jenis busi mobil yang prtama yaitu jenis standar. Busi mobil standar pasti sudah sering Anda temui. Busi ini digunakan pada mobil standar yang digunakan untuk keseharian. Meskipun terlihat sederhana, busi ini juga mempunyai keunggulan.

Keunggulan dari busi jenis ini adalah umur pemakaian yang panjang dan menghasilkan stasioner mobil yang stabil. Busi standar sangat optimal untuk putaran mesin rendah dan sedang.

Busi Mobil
Busi Mobil (Sumber Gambar: Google)

Busi Mobil Platinum

Jenis dari bus yang selanjutnya adalah platinum. Biasanya jenis ini juga disebut dengan semi racing. Hal ini dikarenakan bagian ujung elektroda ini lebih lancip apabila dibandingkan dengan busi standar.

Pada dasarnya busi platinum tidak terlalu berbeda jauh dengan busi standar. Hanya saja busi ini mampu memberikan tenaga yang lebih responsif pada putaran mesin rendah namun umur pemakaian lebih pendek dari busi standar. Ini lah keunggulan dari jenis busi yang satu ini.

Busi Mobil Iridium

Nah, jenis yang terakhir adalah iridium. Busi ini adalah busi racing dan merupakan jenis dingin. Busi ini juga mempunyai keunggulannya sendiri. Dimana busi ini mampu menghasilkan tenaga mesin yang agresif dan tinggi di putaran sedang dan tinggi sehingga lebih mudah mencapai top speed.

Busi ini tidak terlalu cocok digunakan untuk pemakaian harian karena akan membuat stasioner mobil menjadi tidak stabil. Apabila busi iridium digunakan pada mobil dengan mesin standar dan kompresi rendah, umur penggunaan busi jenis ini sangat pendek.

Cara Memilih Busi

Dengan banyaknya jenis busi dan tidak bisa sembarangan, maka ada beberapa tips untuk memilih busi yang cocok dengan mobil Anda. Tips dalam meilih busi yang pertama adalah dengan memperhatikan ukurannya. Pastikan bahwa ukuran busi sesuai denga mobil Anda. Apa saja yang harus dipastikan?

Pastikan ukuran, diameter, panjang ulir dan panjang insulator sudah sesuai dengan spesifikasi mesin dan tujuan penggunaan. Penggunaan ukuran busi yang berbeda dapat mengakibatkan permasalahan serius pada mesin mulai dari overheat hingga kerusakan piston.

Setelah memastikan ukuran, tips selanjutnya adalah menyesuaikan angka panas busi. Sesuaikan angka panas busi sesuai dengan spesifikasi mobil. Sebab, busi yang terlalu dingin akan mengakibatkan terjadinya endapan karbon pada busi. Sebaliknya busi yang terlalu panas akan mengakibatkan overheat.

Fungsi Busi Mobil

Selain memiliki banyak jenis, fungsi busi juga tidak kalah banyak. Apa fungsi yang paling banyak kalian tahu? Menghidupkan mesin adalah fungsi dari busi yang paling banyak diketahui.

Ya, sebab tanpa adanya busi tidak akan pernah ada pembakaran di dalam ruang mesin dan komponen yang terkait sistem gerak tidak akan melakukan fungsi yang sesuai dengan tugasnya. Masih ada beberapa fungsi penting busi mobil selain menghidupkan mesin.

Busi Mobil
Busi Mobil (Sumber Gambar: Google)

Membakar Bensin

Membakar besin juga merupakan tugas dari busi, loh. Ya, tepatnya setelah dikompres oleh piston, selanjutnya bensi akan disalurkan pada busi. Nah, disnilah busi akan membakar bensin tersebut. Dari hasil pembakaran ini yang kemudia akan menghasilkan tenaga untuk menggerakan mobil.

Untuk itu mengapa disarankan untuk memeriksa busi mobil apabila mesin mobil susah menyala. Sebab mustahil untuk menghidupkan mesin mobil tanpa adanya busi yang bekerja optimal. Busi yang kotor atau rusak akan membuat mobil berjalan tersendat-sendat atau bahkan mati tiba-tiba.

Membentuk Percikan Listrik

Fungsi dari busi mobil yang selanjutnya adalah membentuk percikan listrik. Ya, fungsi ini memang masih berhubungan dengan fungsi yang sebelumnya. Listrik dari busi timbul sebagai hasil dari gesekan elektroda dengan koil pengapian.

Percikan tersebut keluar dari celah busi, oleh karena itu ukuran celah busi menentukan besaran tenaga percikan yang digunakan untuk membakar bensin. Percikan listrik yang dikeluarkan juga dapat digunakan untuk mengecek busi mobil mati atau hidup.

Busi Mobil
Busi Mobil (Sumber Gambar: Google)

Menjaga Kestabilan Mesin Mobil

Fungsi yang terakhir dari busi mobil yaitu menjaga kestabilan mesin. Ketika kondisi busi dalam keadaan baik, maka laju mesinpun akan baik atau stabil. Saat dihidupkan, mesin bisa langsung terdengar derunya. Begitu pula saat dijalankan, mobil tidak akan tersendat-sendat di tengah perjalanan.

Itulah hal- hal yang perlu diketahu mengenai komponen kecil bernama busi. Meskipun kecil namun memiliki peranan penting dalam bekerjasama dengan komponen mobil yang lain untuk menghidupkan mobil.

Sehingga, jangan sampai melewatkan busi ketika melakukan servis. Lakukn pengecekan kondisi dan apabila sudah mengetahui gejala busi rusak segera ganti. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan pada bagian yang lain.

Baca Juga: 5 Merek Oli Mobil Terbaik Yang Merawat Mesin

Busi merupakan sebuah komponen terpenting dalam sistem pengapian mobil. Jadi, pastika kondisinya selalu prima ya. Sebab jika komponen ini emngalami masalah dapat berakibat pada kinerja mesin lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *