Spotify merupakan salah satu ayanan streaming musik yang sedang populer di Indonesia. Spotify sendiri menyediakan banyak cara untuk penikmat musik berlangganan. Salah satunya adalah cara berlangganan spotify pelajar.

Dimana, Spotify ini dapat dinikmati bagi kalian para mahasiswa. Wah, apa sepesialnya layanan ini? Dalam layanan Spotify untuk pelajar ini adalah ada diskon yang dapat kalian para pelajar nikmati.

Seperti yang kita ketahui bahwa Spotify menawarkan banyak koleksi musik daring yang terus bertumbuh. Untuk mendapatkan akses penuh dari Spotify, Anda perlu mendaftar akun berbayar.

Namun, kalau Anda masih berstatus pelajar, ada penawaran khusus berupa potongan biaya berlangganan akun Spotify. Anda bisa memanfaatkannya untuk menemani sesi belajar dan tetap terjaga selama begadang.

Cara Berlangganan Spotify Pelajar

Untuk dapat berlangganan Spotify pelajar, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Setelah syarat berhasil Anda penuhi, selanjutnya ada beberapa cara yang harus Anda lakukan.

Sesuai informasi dalam halaman website Spotify, tertulis kalau pelajar bisa mendapatkan Spotify Student Premium secara GRATIS selama 1 bulan. Kemudian pada bulan selanjutnya hanya dikenai biaya Rp24.990, murah kan dari pada harga paket Spotify Individual.

Syarat Berlangganan Spotify Pelajar

Pertama, kita akan membahas syarat berlangganan Spotify pelajar. Syarat yang paling utama adalah tentu Anda harus berstatus mahasiswa. Pastikan Anda berstatus pelajar di sekolah atau universitas terakreditasi di Indonesia.

Saat ini, penawaran pelajar ini tidak diberikan ke semua negara. Untuk dapat memperoleh penawaran ini di Indonesia, Anda harus berstatus mahasiswa di universitas terakreditasi di Indonesia yang memenuhi persyaratan tambahan.
Selanjutnya, syarat yang harus Anda penuhi adalah alamat surel dari kampus. Lalu, apakah pelajar tidak daftar mendaftar jika tidak memiliki alamat surel kampus?

Berlangganan Spotify Pelajar
Berlangganan Spotify Pelajar (Sumber Gambar: Google)

Tenang, jangan panik sebab Anda masih bisa mendaftar, kok. Ketika Anda sudah mendaftar masuk Spotify dengan alamat surel nonkampus, ubahlah dengan mengeklik nama pengguna (username) di sudut kanan atas halaman http://spotify.com, klik “Account”, lalu klik tulisan “Edit Profile” hitam yang muncul di halaman utama.

Setelah mendaftar, maka siapkan detail penagihan untuk metode pembayaran. Detail pembayaran harus di dalam negara Indonesia. Pastikan tidak ada promosi atau diskon lain yang sedang aktif. Untuk memperoleh akun pelajar Spotify, Anda tidak boleh menggunakan penawaran Spotify yang lain.

Baca Juga: Cara Paling Mudah Untuk Berlangganan HBO GO Indonesia

Cara Berlangganan Spotify Pelajar

Berlangganan Spotify Pelajar
Berlangganan Spotify Pelajar (Sumber Gambar: Google)

Selanjutnya cara berlanggganan Spotify pelajar adalah dengan memastikan bahwa Anda telah login dengan menggunakan alamat surel kampus Anda. Apabila, Anda sebelumnya log in menggunakan alamat surel biasa, keluarlah terlebih dahulu. Llau, klik nama pengguna di sudut kanan atas layar, lalu klik “Keluar”. Setelah itu, opsi “Masuk” dan “Daftar” akan tersedia.

Apabila Anda sudah membuat akun menggunakan alamat surel kampus, tulis nama pengguna dan kata sandi pada kotaknya masing-masing dan klik tombol “Masuk” warna hijau. Namun, jika Anda belum membuat akun menggunakan alamat surel kampus, klik “Daftar” dan masukkan detail Anda ke layar sebelum mengeklik tombol “Daftar”

Selanjutnya klik opsi “Bantuan” di bagian atas layar. Tautan ini berupa persegi panjang hitam yang berada di paling atas jendela. Lalu scrol ke bawah dan klik “Tampilkan Semua” di bawah “Akun dan Pembayaran”. Setelah itu, tautan “Diskon Pelajar” akan terbuka. Klik tautan tersebut, atau Anda bisa mengeklik langsung di sini.

Berlangganan Spotify Pelajar
Berlangganan Spotify Pelajar (Sumber Gambar: Google)

Klik tautan pendaftaran. Di bawah judul “Memulai”, klik tautan berwarna biru bertuliskan “mendaftar untuk mendapatkan diskon pelajar hari ini!”. Kalau tidak, Anda bisa langsung mengeklik di sini Anda akan dibawa ke halaman yang menawarkan paket Premium untuk pelajar.

Klik “Dapatkan Akun Premium”. Anda akan dibawa ke halaman yang meminta detail pembayaran. Masukkan detail kartu kredit atau akun PayPal yang ingin didaftarkan. Setelah itu, klik “Lanjutkan” di bagian bawah halaman.

Verifikasikan bahwa Anda adalah pelajar. Klik “Lanjutkan”, dan Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi. Masukkan rincian Anda sebagai pelajar. Anda perlu mengisi beberapa kotak, dan memilih sekolah/universitas yang dimasuki pada menu tarik turun di bagian bawah.

Jika Anda terhubung dengan jaringan nirkabel kampus, verifikasi akan dimulai secara otomatis. Kalau sudah, klik “Berikutnya”. Anda sudah bisa mendengarkan dan menyimpan musik menggunakan diskon pelajar baru!

Unggah dokumen yang disyaratkan. Anda harus mengunggah tiga dokumen yang diterbitkan kampus/sekolah, misalnya jadwal kelas, transkrip nilai, tanda terima pendaftaran atau pembayaran uang sekolah, atau surat pendaftaran.

Jenis file dibolehkan untuk diunggah adalah: .jpg, .png, .pdf, .gif, dan .rtf Jangan khawatir untuk masalah keamanan data, dokumen kalian aman dalam SheerID yang mana perusahaan tersebut dipercaya oleh Spotify untuk memastikan pendaftar adalah mahasiswa resmi dari universitas.

Namun, pihak Spotify juga menyarankan untuk menutupi informasi penting sebelum meng-upload dokumen yang dibutuhkan. Sebenarnya pelajar di kampus bisa melakukan verifikasi seketika dengan cara login di WiFI kampus.

Namun kalau kalian sudah pulang kampung atau jauh dari kampus, bisa melakukan verifikasi secara manual. Klik “Pilih File” dan unggah berkas-berkas yang dipilih, lalu klik “Kirim”. Sekarang, Anda tinggal menunggu surel balasan setelah Spotify memproses permintaan Anda.

Baca Juga: Platform Streaming Musik Terbaik di Indonesia

Pembayaran Bulanan Spotify Pelajar

Setelah mengetahui cara mendapatkan Spotify pelajar, maka selanjutnya adalah pembayarannya. Spotify akan memberikan dua opsi pembayaran nih, yakni melalui pulsa atau kartu kredit. Setelah selesai bayar, kalian dapat menggunakan Spotify Premium.

Berlangganan Spotify Pelajar
Berlangganan Spotify Pelajar (Sumber Gambar: Google)

Selama satu bulan pertama pelajar akan mendapatkan akses Premium Students secara gratis. Lalu untuk bulan bulan berikutnya membayar seharga Rp24.990.

Jika suatu hari ada perubahan harga, maka kalian akan diberi tau dahulu. Kalian juga bisa membatalkan kapan pun Premium pelajar ini di halaman Spotify Anda.

Premium pelajar ini berlaku 1 tahun setiap periodenya dengan batas maksimal 4 tahun. Jadi, setelah kita mengaktifkan jenis paket ini, maka kita akan terus berlangganan sampai 12 bulan ke depan. Apabila diskon berakhir, langganan Premium akan otomatis lanjut dengan harga standar Premium Individual Rp49.990.

Itulah cara berlangganan Spotify Pelajar. Ya, bagi mahasiswa tentu ini sangat menarik bukan? Jadi, apakah Anda tertarik untuk berlangganan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *