Tips Berkendara Tetap Aman dengan Buah Hati Menggunakan Mobil

  • by
  • 5 min read

Ketika berkendara dengan buah hati, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sehingga berkendara tetap aman dengan buah hati. Faktor keselamatan namun tetap nyaman untuk anak- anak wajib diperhatikan apapun jenis kendaraan yang digunakan.

Artikel kali ini kita akan membahas mengenai tips berkendara tetap aman dengan buah hati saat berkendara dengan mobil. Wah, apa saja ya yang perlu diperhatikan? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Berkendara Tetap Aman dengan Buah Hati

Sifat anak- anak yang lebih aktif, menuntut kita ekstra hati- hati saat membawa mereka berpergian dengan kendaraan. Selain itu, bawakan beberapa mainan atau makanan agar anak- anak tidak bosan di dalam mobil.

Namun, apakah sudah cukup membawa makanan dan mainan agar anak tennag di dalam mobil? Eitsz, perhatikan juga faktor keamanan saat membawa anak- anak berpergian dengan mobil. Jadi, berikut adalah rangkuman mengenai tips berkendara tetap aman dengan buah hati menggunakan mobil.

Kunci Pintu Mobil

Tips berkendara tetap aman dengan buah hati yang pertama adalah dengan memastikan bahwa pintu mobil telah terkunci saat melaju. Bahkan karena pentingnya fitur ini, maka saat ini beberapa mobil keluaran terbaru pasti dilengkapi dengan fitur “child lock”. Child lock merupakan fitu agar pintu tidak dapat dibuka dari dalam sebelum Anda aktifkan kembali.

Sehingga, Anda akan merasa aman meskipun anak- anak bermain di dekat pintu. Apalagi jika mobil Anda melaju dengan cepat. Tentu saja hal ini sangatlah berbahaya dan dapat mengancam keselamatan. Jadi sebelum berjalan, pastikan bahwa pintu mobil telah terkunci dengan aman.

Berkendara Tetap Aman dengan Buah Hati
Berkendara Tetap Aman dengan Buah Hati (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan Car Seat dan Seat Belt

Tips berkendara tetap aman dengan buah hati yang selanjutnya adalah memastikan ahwa buah hati Anda duduk di car seat dengan baik dan benar selamam perjalanan apabila uisanya dibawah tiga tahun. Mengingat, di kebanyakan orang dinegara kita ini lebih sennag untuk memnagku anak dari pada menggunakan car seat. Wah, padahal hal ini sangat erbahaya loh.

Terkait:  Sebelum Beli Mobil Baru Kredit Anda Wajib Tahu 5 Hal Berikut

Meskipun tidak diharapkan, namun jika terjadi kecelakaan maka tubuh si anak akan mnejadi tameng bagi yang memangku. Sehingga, lukanya akan lebih parah. Selain itu, bisa saja tubuh si anak terpental kleuar kaca. Bukankah snagat berbahaya? Maka lebih baik menggunakan car seat sendiri.

Pilihlah kursi yang sesuai dengan usia anak sehingga mereka merasa nyaman selama perjalanan. Selain itu, pastikan posisi duduk di car seat juga nyaman. Sehingga, anak tidak rewel selama dalam perjalanan dan tetap duduk di cara seat selama perjalanan.

Di beberapa negara maju, memangku anak termasuk pelanggaran lalu lintas, loh. Bahkan hanya orang-orang yang sudah memiliki tinggi badan yang memadai. Hal ini bisa kita ketahui dari sabuk pengaman yang tertanam di sisi kanan pengemudi dan sisi kiri penumpang depan. Jika bahu tidak mencapai tinggi pangkal sabuk, maka orang tersebut belum diperbolehkan duduk di depan.

Dan hanya boleh ada satu penumpang saja yang duduk di depan, artinya tidak boleh duduk berdua, baik itu berdampingan maupun berpangkuan. Hal ini sudah dipertimbangkan dengan matang oleh para pembuat aturan lalu litas di negara-negara maju di sana agar ketika terjadi tabrakan, tingkat ancamannya terhadap penumpang lebih rendah.

Nah, bagi Anda yang membawa anak dengan usia di atas tiga tahun, maka pastikan jika anak tetap menggunakan seat belt. Jadi, biasakan anak untuk selalu mengenakan sabuk pengaman saat bepergian menggunakan mobil. Anda juga bisa menempatkan anak pada car seat yang bisa diaplikasikan pada sabuk pengaman mobil.

Berkendara Tetap Aman dengan Buah Hati
Berkendara Tetap Aman dengan Buah Hati (Sumber Gambar: Google)

Mengawasi Anak

Tetap lakukan pengawasan pada anak selama di dalam kendaraan adalah tips berkendara tetap aman dengan buah hati selanjutnya. Jika Anda senndirian, maka Anda dapat melakukan pengawasan pada anak melalui spion. Ya, jangan sampai menoleh karena ini sangat berbahaya. Sebaiknya gunakan kaca spion atau pakai kaca tambahan khusus ke bangku anak.

Terkait:  Tips Berkendara: Tetap Aman Saat Musim Hujan!

Namun, jika perjalanan cenderung jauh dan Anda merasa kesulitan, maka alangkah baiknya jika membawa teman untuk membantu Anda mengurus anak. Sehingga, Anda dapat fokus menyetir. Jika, anak rewel lebih baik menepi dan mencari tempat rest area. Ya, utamakanlah keselamatan dan jangan buru- buru dalam berkendara.

Lengkapi Keperluan Anak

Tips berkendara tetap aman dengan buah hati yang selanjutnya adalah melengkapi keprluan anak. Ya, selain memastikan kenyamanan, Anda juga dapat membawa mainan atau melengkapi mobil dengan fitur hiburan.

Ketika anak- anak merasa bosan, maka mereka akan rewel. Nah, untuk menghilangkan kebosanan ini maka bawa mainan favorit mereka. Selain itu, fitur hiburan di mobil dapat Anda manfaatkan. Misalnya, memutarkan musik kesukaan atau jika mobil Anda memiliki perangkat TV maka Anda dapat digunakan menonton film favorit.

Selain itu, pastikan keperluan lainnya terpenuhi. Seperti kebutuhan wajib seperti air minum, susu, makanan ringan dan popok. Letakkan semua kebutuhannya tersebut di tempat yang mudah dijangkau oleh Anda dan juga Si Kecil.

Keperluan dan hiburan sangat penting, terutama jika jarak berpergian kalian memiliki jarak jauh.

Berkendara Tetap Aman dengan Buah Hati
Berkendara Tetap Aman dengan Buah Hati (Sumber Gambar: Google)

Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

Tips berkendara tetap aman dengan buah hati yang selanjutnya adalah mematuhi peraturan lalu lintas. Ada begitu banyak rambu-rambu lalu lintas di jalan raya dengan berbagai macam maksud dan kegunaan. Nah, pastikan Anda menaati seluruhnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan menerobos lampu merah, jangan melawan arah, perhatikan kecepatan mobil, dan masih banyak lagi lainnya. Selain berbahaya, dengan menaati rambu-rambu lalu lintas yang ada, Anda bisa sambil mengajarkan anak untuk taat berkendara motor selama di jalanan.

Itulah tips berkendara tetap aman dengan buah hati dengan aman. Pastikan juga kondisi Anda dan buah hati dalam keadaan fit sebelum berpergian. Sehingga, perjalananpun akan menyenangkan. Yang paling penting, selalu utamakan keselamatan ya dalam berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *