Meskipun musim hujan, aktifitas di luar ruangan harus tetap berjalan. Ya, meskipun akan sedikit mengganggu untuk para pengguna sepeda motor. Untuk itu, bagi Anda pengguna sepeda motor harus meningkatkan dan mengutamakan kemanan dan keselamatan saat berkendara.

Ada genangan air bahkan jalan licin yang dapat menyebabkan kecelakaan. Sehingga, jangan perhatikan kecepatan dan jarak saat mengendarai sepeda motor saat musim hujan. Selain kedua hal tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan juga untuk kemanan dan keselamatan berkendara.

Apa saja tips amana berkendara sepeda motor saat hujan? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Tips Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mengendarai sepda motor saat hujan. Hal ini mungkin sepele namun dapat memberikan kemanan dan keselamatan saat berkendara di musim hujan.

Sehingga, meskipun hujan turun aktifitas Anda akan tetap berjalan sesuai dengan rencana.

Baca Juga: Cara Merawat Knalpot Motor Agar Awet dan Tahan Lama!

Menggunakan Jas Hujan

Menggunakan jas hujan tentu menjadi hal utama yang harus dilakukan ketika berkendara sepeda motor saat hujan. Ya, hal ini sangat wajib. Sebab, hal ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan.

Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan
Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan (Sumber Gambar: Google)

Perlu diperlu diperhatikan jenis jas hujan yang nantinya akan digunakan. Sangat disarankan untuk menggunakan jas hujan berbentuk baju. Jenis mantol yang berbentuk baju dianggap paling tepat digunakan.

Sebab, tidak menghambat pergerakan tangan, kaki, dan kepala ketika berkendara. Karena itu, disarankan untuk menggunakan mantel hujan yang terdiri atas bagian celana, jaket dan memiliki unsur yang bisa berpendar ketika terkena cahaya agar pengendara lainnya dapat melihat keberadaan kita saat di jalan.

Sehingga dengan begitu kita tetap bisa membawa sepeda motor dengan nyaman seperti saat tidak terjadi hujan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mulai merubah kabiasaan membawa jas hujan dobel daripada membawa jas hujan tandem yang mungkin juga tidak terlalu efektif untuk menangkal air hujan.

Menyalakan Lampu & Menggunakan Helm Standar

Untuk menunjang kemanan dan keselamatan berkendara sepeda motor saat hujan, maka pastikan jika lampu motor menyala serta pastikan helm yang Anda gunakan sudah sesuai standar.
Pastikan lampu menyala dan mempunyai cahaya yang cukup terang.

Cahaya lampu yang terang akan membantu Anda terutama saat mhujan lebat. Ya, mengingat fungsi lampu pada kendaraan tidak hanya sebagai penerang namun juga alat komunikasi.

Jadi, dengan memastikan lampu menyala dengan baik maka dapat membantu pngendara lain melihat Anda dengan jelas. Apalagi saat hujan turun keadaan langit cenderung mendung, jadi penggunaan lampu merupakan solusi agar Anda bisa terlihat jelas oleh pengendara kendaraan yang lain.

Sedangkan untuk helm, hal ini akan membantu Anda mengurangi risiko. Tidak hanya risiko saat terjadi kecelakaan, namun saat hujan turun, pasti penglihatan Anda akan terganggu oleh air.

Helm yang berkualitas biasanya memiliki kaca khusus atau telah didesain dengan menyesuaikan jika terkena hujan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari risiko menimbulkan butiran air (embun) sehingga pandangan tetap jernih dan tidak mengganggu saat sedang berkendara.

Lampu dan helm tidak hanya menjadi kemanan Anda pribadi. Namun juga mengurangi kemungkinan hal yang akan merugikan pengendara lain.

Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan
Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan (Sumber Gambar: Google)

Perhatikan Cara Berkendara Anda

Berkendara sepeda motor saat hujan perlu memperhatikan cara berkendara. Sebab jalanan akan lebih licin dan mungkin ada genangan air. Jika Anda menemukan genangan air, maka jangan langsung diterobos. Sebisa mungkin menghindari genangan yang dicurigai ada lubang besar di bawahnya.

Jangan sembarangan menerobos genangan air yang tidak kita ketahui kedalamannya, karena hal ini bisa mengakibatkan kendaraan mogok ataupun terperosok ke dalam lubang.

Selain menghindari genagan air, Anda juga dilarang melakukan rem secara mendadak. Sebab hal ini akan sangat berbahaya jika dilakukan saat hujan turun. Kondisi jalan ketika hujan tentunya akan lebih licin. Dengan demikian teknik pengereman yang benar sangat dibutuhkan saat berkendara di tengah hujan.

Jangan menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban karena kondisi jalan yang sangat licin. Mungkin, Anda dapat manfaatkan engine brake, gunakan engine brake untuk membantu pengereman.

Yang terakhir jaga jarak dengan pengendara lain. Hal ini berguna untuk menghindari pengereman mendadak. Sehingga menhindari hal yang lebih parah jika ada hal yang kurang menyenangkan, seperti kecelakan.

Selain menjaga jarak, agar lebih aman Anda lebih baik untuk mengurangi kecepatan.Hal ini dilakukan mengurangi kecepatan motor untuk menghindari ban tergelincir, karena pada saat hujan biasanya permukaan jalan menjadi licin. Selain itu hal ini juga meminimalisir Anda melakukan rem mendadak.

Mengemudikan kendaraan dengan kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkram ban jadi lebih baik.

Berhenti Apabila Hujan Semakin Deras

Berkendara sepeda motor saat hujan deras ada baiknya Anda mencari tempat berteduh sementara. Selain menjaga badan dalam keadaan hangat Anda juga sambil mengistirahatkan badan, karena hujan yang turun terlalu lebat akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan
Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan (Sumber Gambar: Google)

Jarak pandang menjadi terbatas, sehingga membuat pengendara harus lebih berhati-hati. Tunggu sampai hujan sedikit reda, baru Anda bisa lanjutkan perjalan.

Itulah tips berkendara sepeda motor saat hujan. Tentu semua tips tersebut berhunbungan dengan kemanan dan keselamatan saat berkendara, terutama untuk diri Anda sendiri. Selain itu, usahakan Anda selalu fokus dan waspada selama berkendara.

Ketika hujan turun ada kemungkinan bahwa jalan akan tergenang air di titik-titik tertentu, dimana kita tidak bisa melihat kondisi jalan yang mungkin berlubang atau rusak. Dengan keadaan ini tentunya pengendara wajib meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara di waktu kondisi hujan. Dengan menjadi lebih waspada tentunya Anda meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Jenis Pelanggaran Rambu Lalu Lintas Yang Sering Dilakukan

Pastikan diri Anda aman ketika berkendara saat hujan. Jangan mengampangkan berkendara saat musim hujan ya sobat. Sebab, risiko berkendaraa saat musim hujan untuk pengendara sepeda motor cukup besar.

Jadi, pastikan kemanan dan keselamatan saat berkendara ketika hujan turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *