Sepeda motor merupakan alat transportasi yang dimiliki banyak keluarga di Indonesia. Namun, meskipun digunakan untuk keseharian, banyak orang yang masih belum menerapkan keamanan saat berkendara dengan sepeda motor. Padahal kecelakaan sepeda motor sering terjadi.

Berkendara dengan sepeda motor harus sangat mengutamakan kenyamanan dan kemanan. Tidak hanya cara duduk dan kondisi yang prima dari pengendara namun juga pakaian saat berkendara juga perlu mendapatkan perhatian.
Semua dilakukan untuk mengurangi risiko apabila Anda mengalami kecelakaan. Jadi, jangan hanya asal megnedarai sepeda motor, tanpa memeperhatikan kemanan.

Berkendara Dengan Sepeda Motor Yang Aman dan Nyaman

Kecelakaan di jalan raya yang diterima sepeda motor bisa jadi karena kelalaian pengendara itu sendiri. Dalam hal ini, pengguna sepeda motor sebaiknya memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang keamanan dalam berkendara sepeda motor.

Sayangnya, tidak semua pengendara sepeda motor memperhatikan hal ini, bahkan sebagian banyak mengabaikan hal penting ini. Padahal, memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang keamanan dalam berkendara bermanfaat untuk dirinya sendiri dan pengendara lain.

Menggunakan Perlengkapan Keselamatan

Berkendara Dengan Sepeda Motor
Berkendara Dengan Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Untuk berkendara dengan sepeda motor yang aman dan nyaman, hal pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan perlengkapan keselamatan. Karena hal semacam ini sangat penting untuk menjaga keselamatan serta memberikan kenyamanan ketika mengemudikan kendaraan.

Pemerintah telah menetapkan berbagai perlengkapan keselamatan berkendara diantaranya, jaket, helm, celana panjang, masker, sarung tangan, dan sepatu. Usahakan untuk mengenakan semua perlengkapan keselamatan tersebut setiap kali melakukan perjalanan. Bila perlu anda pun bisa memberikan perlengkapan tambahan demi meminimalisir adanya kecelakaan.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Merek Spion Motor Untuk Modifikasi Keren

Fokus, Pandangan Ke Depan

Berkendara dengan sepeda motor selanjutnya harus memastikan jika pandangan fokus dan menju ke depan. Ya,fokus 100 persen ketika mengemudi dan jangan alihkan pikiran serta mata Anda pada hal lain. Menurut berbagai data, banyak kecelakaan terjadi akibat pengemudi kurang ‘awas’ saat mengemudi di jalan.

Pastikan Anda fokus pada jalanan yang ada di depan Anda dan hindari menyetir sambil memainkan hp. Hal tersebut karena bisa membahayakan kesalamatan diri Anda dan juga pengendara di belakang Anda.

Berkendara Dengan Sepeda Motor
Berkendara Dengan Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Lihatlah kondisi jalanan yang ada di depan Anda, sehingga ketika Anda tengah berkendara dan kendaraan di depan Anda melakukan pengereman mendadak maka Anda bisa mengantisipasinya. Jika Anda fokus maka Anda bisa sigap melakukan pengereman. Namun jika Anda tidak fokus, maka risiko kecelakaan bisa mungkin terjadi.

Namun, bukan berarti saat pandangan Anda ke depan, Anda tidak memperhatikan sekeliling. Pandangan mata sebaiknya juga melihat ke sekeliling agar pengendara dapat mengetahui kondisi lingkungan jalan raya yang dilalui. Selain itu, posisi mata saat berbelok atau menikung harus melihat ke akhir tikungan untuk dapat mengetahui jika ada potensi bahaya.

Kondisi Rileks Saat Berkendara

Berkendara dengan sepeda motor selanjutnya adalah jangan tegang atau tetap rileks saat Anda berkendara. Tetaplah tenang dalam menikmati perjalanan Anda, tidak perlu tegang ketika berkendara. Sebab, hal ini juga akan mempengaruhi cara Anda menarik gas pada motor. Jadi, tetap rileks ya saat berkendara, supaya ngga buyar.

Memperhatikan Posisi Badan

Dalam berkendara dengan sepeda motor tentu saja memperhatikan posisi berkendara adalah hal yang harus dilakukan agar tetap aman dan nyaman. Tidak hanya posisi duduk, namun juga posisi jari atau tangan serta kaki juga harus diperhatikan.

Berkendara Dengan Sepeda Motor
Berkendara Dengan Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Berkendara menggunakan sepeda motor tentu memiliki cara tersendiri. Hal khusus ketika berkendara dengan sepeda motor adalah posisi tubuh yang baik dan sesuai. Anda harus memastikan bahwa seluruh postur tubuh Anda sudah cukup ideal sesuai dengan standar dalam berkendara. Dengan demikian kualitas Anda dalam berkendara di jalan akan lebih maksimal. Postur tubuh yang ideal ini juga memungkinkan Anda nyaman dan tidak mudah kelelahan.

Pertama pastikan posisi punggung. Pastikan punggung dalam kondisi yang tegak dan tidak membungkuk. Posisi membungkuk sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat Anda lebih cepat pegal dan lelah. Selain, dengan posisi duduk yang tegak dan lurus juga akan menghindarkan Anda dari risiko sakit punggung.

Selain itu, pastikan juga posisi pinggul Anda terasa nyaman. Perhatikan posisi pinggul mengingat bagian tubuh ini rentan mengalami pegal bahkan cidera saat digunakan duduk dan berkendara cukup lama. Terutama jika medan jalanan yang Anda lewati ini kurang rata, sudah pasti pinggul Anda lebih cepat pegal.

Memperhatikan Posisi Tangan

Selanjutnya untuk berkendara dengan sepeda motor yang baik dan aman adalah memperhatinkan posisi tangan. Pastikan jika telapak tangan memegang kendali penuh. Telapak dan jari tangan perlu memegang kendali penuh mulai dari gas motor, rem hingga tombol-tombol yang ada di kemudi.

Selain itu, pastikan bahwa Anda memegang erat kendali stang motor agar tidak mudah jatuh dan tetap dalam kondisi yang seimbang. Posisi jari tangan tetap mengepal pada stang kemudi, tidak disarankan posisi jari tangan standby pada rem depan saat berkendara.

Posisi tangan disarankan untuk tidak lurus, namun tangan bagian sikut sedikit menekuk. Hal ini berfungsi untuk membantu menstabilkan tubuh kita pada saat melewati jalan bergelombang atau berlubang agar pengendara dapat mengontrol stang kemudi dengan nyaman.

Selain itu pengendara motor juga harus memperhatikan posisi tombol atau saklar instrument pada stang kemudi sekali-sekali. Misalnya pastikan tombol lampu depan jarak dekat yang berfungsi dan matikan kembali lampu sein bila sudah berbelok.

Baca Juga: Rekomendasi Spion Motor, Kece & Sesuai Aturan!

Memperhatikan Posisi Kaki

Setelah memastikan posisi badan dan juga tanga telah sesaui. Anda tidak dapat melupakan posisi kaki. Ya, posisi kaki saat berkendara dengan motor juga menentukan keaman dan kenyamanan.

Jadi, Anda harus perhatikan posisi kaki yang ideal. Baik pengendara maupun penumpang pada motor memiliki posisi kakinya masing-masing. Untuk itu jika Anda yang mengemudi kendaraan, pastikan Anda mengendalikan kaki secra keseluruhan. Begitupun dengan penumpang memiliki posisi kakinya masing-masing di belakang.

Itulah tips cara berkendara dengan motor yang aman dan nyaman. Meskipun motor telah dilengkapi dengan fitur yang canggih untuk keamanan. Namun, Ada beberapa keselamtan dan kenyamanan yang harus Anda usahakn sendiri. Jangan hanya kondisi kendaraan yang prima, namun juga kondisi badan Anda juga harus prima, ya sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *