Skip to content

Apakah Benar Bensin Bisa Basi?

Bensin Bisa Basi – Bensin merupakan asupan makanan agar suatu kendaraan dapat berjalan. Namun, taukah kalian jika bensin memiliki kadaluarsanya? Ya, banyak orang tidak menyadari, bahwa bahan bakar kendaraan juga punya masa kedaluwarsa. Istilahnya, bensin yang sudah basi.

Bensin basi atau kadluarsa mungkin tidak akan dirasakan oleh pemilik mobil yang selalu menggunakan mobilnya untuk kegiatan sehari- hari. Namun bensin bisa basi dapat terjadi pada kendaraan yang terlalu lama diparkir dan tidak pernah digunakan.

Nah, jika sudah begini maka bensin sudah tidak layak untuk digunakan. Jika dipaksakan untuk tetap digunakan maka dapat memicu kerusakan pada komponen lain. Bensin basi sendiri bisa terjadi karena ada perubahan formula saat dibiarkan mengendap terlalu lama.

Paling tidak kendaraan harus dipakai atau jangan biarkan bensin mengendap selama 2-3 bulan. Jika lebih lama akan buat kendaraan kita rusak.

Fakta Bensin Bisa Basi

Ada beberapa fakta menarik mengenai fakta bensin bisa basi yang perlu Anda ketahui. Sehingga, Anda dapat mencegah terjadinya bensin basi. Sebab, sayang sekali jika bensin basi dan harus dibuang atau tidak digunakan, bukan?

Jika bensin basi maka kita mau tidak mau harus menggantinya, karena seperti yang sudah di singgung sebelumnya bensin yang sudah basi dapat merusak mobil. Lah, kenapa dpaat merusak mobil?

Bensin basi akan membentuk endapan atau sedimen di dalam dinding-dinding tangki. Endapan ini semakin lama bisa mengeras dan menggumpal. Bahayanya, jika sedimen ini ikut tersedot pompa bahan bakar saat Anda menyalakan mesin, alhasil ia akan menyumbat sistem pembakaran.

Baca Juga: Tips menghindari Helm Bau Apek dan Berjamur Saat Musim Hujan

Sedimen tersebut juga bisa mengubah susunan kimia pada bahan bakar. Kalau sampai ini terjadi, maka efeknya bisa buruk pada mesin mobil. Wah, menarikya jika kita bicara fakta bensin bisa basi.

Yuk simak fakta lainnya mengenai bensin bisa basi. Selamat membaca.

Akibat Terlalu Lama Mengendap

Fakta bensin bisa basi yang pertama adalah diakibatkan oleh bensin yang tellau lama mengendap. Ya, hal ini juga sudah disebutkan diawal. Maka dari itu bensin bisa basi hanya terjadi pada kendaraan yang jarang digunakan.

Bensin Bisa Basi
Bensin Bisa Basi (Sumber Gambar: Google)

Bensin yang menjadi basi terjadi akibat terlalu lama mengendap di dalam tangki mobil. Ditambah mesin kendaraan yang tidak pernah dipanaskan dalam waktu yang lama. Untuk waktu kadaluarsanya, bensin mulai basi setelah sekitar lebih dari 3 bulan mengendap dan tidak habis digunakan.

Perlu diketahui bahwa bensin yang basi ini tidak akan berubah secara fisik. Selain itu bensi yang basi juga tidak akan membusuk, berubah warna, ataupun berbau menyengat. Namun jika dicek kandungannya, bensin sudah mengalami penurunan kualitas di beberapa unsur Nah, serangkaian kejadian ini lah yang membuat bensin bisa basi.

Akibat lainnya adalah bensin pada tangki mobil yang lama tidak terpakai akan terkontaminasi dan zat kimianya pun akan berubah. Permukaan logam tangki mobil juga mempengaruhi kualitas bensin. Sehingga bisa mengubah kadar kemurnian bensin yang tidak digunakan tersebut.

Ada Proses Penguapan

Fakta menarik lainnya mengenai bensin bisa basi adalah adanya pengaruh proses penguapan. Seperti pada bagian Research Octane Number (RON) atau oktan, destilasi, dan penambahan sedimen.

Saat bensin didiamkan terlalu lama di dalam tangki yang memiliki ventilator, maka senyawa benzene yang terkandung dalam bensin akan berhubungan langsung dengan udara di luar. Akibatnya, akan terjadi penguapan cairan bahan bakar menjadi gas.

Kemudian, hasil penguapan bahan bakar akhirnya membentuk kerak-kerak yang menempel di dalam tangki. Apalagi dibiarkan lebih lama lagi, maka kerak ini akan semakin mengeras dan membentuk endapan (sedimen). Inilah kondisi yang disebut dengan bensin basi di dalam tangki.

Bensin Bisa Basi
Bensin Bisa Basi (Sumber Gambar: Google)

Berdampak Buruk Pada Mesin

Fakta lainnya mengenai bensin bisa basi adalah berdampak buruk pada mesin. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa bahan bakar bensin basi akan membentuk endapan atau sedimen di dalam dinding-dinding tangki. Endapan ini semakin lama bisa mengeras dan menggumpal.

Bahayanya, jika sedimen ini ikut tersedot pompa bahan bakar saat Anda menyalakan mesin, alhasil ia akan menyumbat sistem pembakaran. Sedimen tersebut juga bisa mengubah susunan kimia pada bahan bakar. Kalau sampai ini terjadi, maka efeknya bisa buruk pada mesin mobil.

Cara Mencegah Bensin Basi

Fakta terakhir mengenai bensin bisa basi adalah hal ini dapat dicegah. Sebenarnya bahan bakar basi tergantung pada umur bensin yang tersimpan di SPBU. Biasanya bahan bakar di tangki mobil ini bisa dipakai dalam jangka waktu dua sampai tiga bulan.

Bensin Bisa Basi
Bensin Bisa Basi (Sumber Gambar: Google)

Sehingga hal ini akan menyebabkan mengendap, maka biasakan agar tidak menyimpan bensin terlalu lama. Jika memang kendaraan akan didiamkan dalam waktu lama, maka tangki sebaiknya dikosongkan.

Untuk mencegah pengendapan, tetap panaskan mobil minimal dua kali dalam satu minggu. Lebih baik lagi kalau mobil dibawa berputar seputar rumah. Selain itu, hindari juga parkir di bawah sinar terik matahari karena bisa memicu suhu tinggi di dalam tangki mobil.

Cara mencegah bensin basi selanjutnya adalah mengisi penuh tangki bisa buat bensin tak basi karena hanya akan ada sedikit ruang yang tersisa untuk udara dan kemungkinan kondensasi di dalamnya bisa diminimalisir.

Sangat disarankan juga untuk tidak memarkirkan kendaraan di luar ruangan yang secara langsung terkena sinar matahari. Karena hal itu akan membuat proses kondensasi semakin cepat.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara Melewati Jalan Berlubang: Waspada Saat Berkendara!

Selanjutnya, mencegah bensin basi juga bisa dengan zat penstabil bahan bakar. Namun harus digunakan dengan bensin yang memiliki kualitas tinggi. Cara pemakaiannya pun harus sebelum mengisi bensin, jadi antara zat tadi dengan BBM bisa tercampur optimal setelah mengisinya.

Itulah fakta menarik mengenai bensin bisa basi yang perlu Anda ketahui. Sama seperti makanan, bahan bakar busuk sudah pasti akan membahayakan bila tetap dipakai. Namun, bedanya adalah bensin tidak akan membusuk, berubah warna, ataupun berbau menyengat.

Nah karena bensin bisa basi maka bijaklah dalam memutuskan mengsii bensin. Jangan sampai bensin basi dan tidak dapat digunakan begitu saja.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.