Beli Mobil Baru Secara Cash Tidak Ribet Kok! Simak 4 Langkahnya Berikut Ini!

Beli Mobil baru secara cash

Beli mobil baru secara cash ternyata lebih menguntungkan ketimbang secara kredit walaupun memang sekilas berat yang cash karena harus mempersiapkan dana yang lebih banyak.

Tetapi secara berkepanjangan nya jauh lebih efisien yang cash karena anda sebagai pemilik mobil sudah tidak terbebani dengan angsuran bulanan nya.

Lalu bagaimana dengan prosedur beli mobil baru secara cash ini, lebih rumit ataukah lebih mudah ya? Mari kita simak penjelasan nya satu persatu di bawah ini.

Langkah Beli Mobil Baru Secara Cash

Membeli mobil mungkin adalah hal yang mudah bagi mereka yang sudah berpengalaman.

Namun apa jadinya jika anda baru pertama kali ingin membeli mobil? Tentunya ada banyak hal yang harus diperhatikan bagi pembeli pemula.

Membeli mobil baru terdapat 2 macam yaitu sistem kredit dan cash (Tunai).

Pada saat ini banyak sekali yang dilakukan dengan menggunakan sistem kredit, hal tersebut dikarenakan adanya penawaran yang menarik serta Promo DP yang murah.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli mobil diantara dua opsi diatas sebaiknya perhatikan terlebih dahulu jika anda ingin yang cash atau tunai:

Kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai beli mobil baru secara cash. Membeli mobil baru secara cash berarti anda membeli mobil impian tersebut dengan cara tunai, tanpa angsuran ataupun cicilan.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membeli mobil secara tunai. Nah berikut ini tips membeli mobil baru secara cash yang dapat anda lakukan.

1. Pastikan Budget dan Jenis Mobil Yang Anda Butuhkan

Hal pertama yang penting untuk anda lakukan adalah memastikan terlebih dahulu budget yang anda miliki. Hal ini cukup penting mengingat anda akan membelinya secara tunai.

Selain itu, dengan memastikan budget nantinya anda bisa kaitkan dengan jenis dan model mobil yang anda butuhkan.

Jenis dan model mobil yang anda beli haruslah yang memang sesuai dengan kebutuhan anda.

Misalnya saja anda membutuhkan mobil yang cocok untuk keluarga, maka pilihan mobil tipe MPV dengan kabin yang luas menjadi pilihan yang terbaik.

2. Survey dan Kumpulkan Info Sebanyak Mungkin

Tips beli mobil baru secara cash bagi pemula adalah dengan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai info mobil serta dealer-dealer mobil.

Jangan terburu-buru untuk membeli mobil baru, akan lebih baik jika anda melakukan survey untuk mendapatkan jenis mobil yang tepat dengan pilihan harga yang terbaik.

Tak hanya memahami tipe, anda juga nantinya bisa mengetahui jenis mobil mana yang memiliki kualitas serta bagaimana perawatan dan kelebihan & kekurangan dari setiap mobil.

Untuk mencari info-info seperti bukanlah hal yang sulit saat ini, anda bisa mencarinya di internet ataupun mengunjungi langsung pameran-pameran mobil yang berlangsung.

Dan hal lain yang tidak kalah penting adalah mengetahui bagaimana nilai jual setelah penggunaan mobil di pasaran. Jangan sampai nantinya anda mendapatkan mobil yang sulit untuk dijual kembali.

3. Siapkan Dana Untuk Booking Fee

Dalam tips membeli mobil baru secara cash penting untuk memperhatikan booking fee yang mana sebagai tanda jadi dari pembelian mobil yang akan anda lakukan.

Biasanya kisaran nilai booking ini antara 1 juta hingga 5 juta Rupiah, tergantung dari kebijakan pada amasing-masing dealer/ showroom.

Setelah anda memberikan uang tanda jadi kemudian nantinya anda akan mendapatkan SPK atau Surat Pemesanan Kendaraan.

Namun sebelumnya, anda bernegoisasi terlebih dahulu kepada pihak dealer mobil untuk bisa mendapatkan penawaran terbaik seperti bonus, diskon, aksesoris yang anda dapatkan serta beragam promo lainnya.

Jika anda cukup puas dengan apa yang akan diberikan nantinya, anda bisa memberikan uang tanda jadi tersebut.

Pembayaran booking fee ini bisa dilakukan secara cash maupun transfer. Namun akan lebih baik jika anda memberikan uang cash secara langsung pada dealer mobil ataupun ketika terdapat event/pameran mobil.

Sehingga nantinya transaksi yang anda lakukan terasa lebih aman dan tanpa ada rasa khawatir.

4. Perhatikan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setelah membayar booking fee anda akan mendapatkan SPK atau Surat Pemesanan Kendaraan.

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dan terdapat di dalam surat tersebut, antara lain adalah:

Tanggal pemesanan, harus sesuai dengan tanggal dimana anda memberikan booking fee

Harga mobil baru, hal ini sangat penting apabila harga mobil mengalami kenaikan di kemudian harinya.

Warna mobil baru, apakah hal ini sudah mengikat atau masih bisa mengubah permintaan warna lainnya setelah booking.

Diskon mobil baru, bila terdapat diskon maka tentu saja harus tertuli sesuai yang sudah disepakati.

Aksesoris, bila dealer mobil tersebut menjanjikan untuk memberikan aksesoris maka harus ditulis jelas.

Bonus, bila terdapat bonus ataupun promo maka juga harus ditulis sesuai dengan apa yang didapatkan.

Baca SPK dengan jelas, mulai dari syarat dan ketentuan yang tertulis di dalamnya. Pahami dengan seksama, namun jika terdapat hal yang kurang dipahami maka anda bisa bertanya kepada pihak sales atau dealer mobil.

SPK tersebut nantinya akan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Dan untuk lembaran customer adalah lembaran yang harus dipegang oleh pembeli sebagai bukti booking fee.

Masalah lainnya adalah jika terjadi pembatalan yang berasal dari pihak konsumen, maka pastikan jika uang dapat dikembalikan 100%.

Ataupun jika terjadi pembatalan dari pihak dealer maka pastikan kembali solusi yang diberikan sehingga tidak menjadi masalah dikemudian harinya.

Anda juga harus melengkapi syarat yang diberikan oleh pihak dealer untuk beli mobil baru secara cash tersebut.

Bukan tanpa alasan, karena hal tersebut bertujuan agar kedua belah pihak saling percaya dan menambah keamanan saat transaksi.

Beli mobil baru secara cash atau tunai memang memberikan banyak keuntungan dibandingkan membeli secara kredit atau mengangsur.

Ada banyak keuntungan yang didapat, mulai dari kemungkinan mendapatkan diskon yang besar, terhindar dari bunga kredit, tidak memiliki hutang.

Bahkan ketika anda berpikiran akan menjual kembali mobil baru tersebut dengan alasan tertentu anda bisa dengan mudah menjualnya kembali dengan cepat.

Ajak keluarga atau orang terdekat anda untuk ikut ke dealer/ showroom ketika anda akan melakukan transaksi beli mobil baru secara cash.

Tujuan nya adalah membantu anda ketika anda menemukan kesulitan dalam pengambilan keputusan soal jenis, harga, warna mobil baru tersebut.

Baca Juga : “Asuransi Kredit Mobil? Fungsinya? Berikut Penjelasannya!

Demikian tadi penjabaran singkat tentang hal Beli mobil baru secara cash.

Semoga informasi tersebut tetap menjadikan anda terus optimis untuk melakukan transaksi beli mobil baru secara cash di dealer atau showroom kepercayaan anda.

Dan jika informasi diatas berguna bagi anda ataupun orang orang di sekitar anda silahkan anda share kembali info tersebut.

Khususnya ke orang yang sedang mencari info tentang cara beli mobil baru secara cash, Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.