Beli Mobil Baru Saat Pameran! Berikut 7 Tips Jitunya Agar Anda Tidak Rugi

beli mobil baru saat pameran
beli mobil baru saat pameran

Beli mobil baru saat pameran sepintas memang menyenangkan dan terkesan mudah tapi jangan salah pameran itu layaknya pasar tumpah.

Pameran otomotif bisa disebut pasar tumpah karena semua pabrikan ada disana dan mereka semua berlomba lomba menawarkan harga termurah plus iming iming bonus.

Ketika kita datang ke pameran seperti di IIMS 2019 ini, sudah pasti banyak banget merk mobil yang dipajang dengan berbagai jenis keunggulan yang dimilikinya.

Tips Beli Mobil Baru Saat Pameran

Pada dasarnya pameran mobil merupakan sebuah ajang merebut hati para pembeli bagi para pabrikan mobil.

Beragam program dan promo menarik menjadi magnet dan alasan kenapa harus membeli mobil di pameran.

Kali ini kami akan memberikan sedikit tips bagaimana caranya supaya membeli mobil baru saat pameran bisa menguntungkan jika Anda.

Beli mobil baru saat pameran jika tanpa memiliki persiapan yang matang, rencana membeli mobil kesayangan yang sudah tersusun rapi sebelum berangkat bisa berbalik menjadi penyesalan.

Hal ini bukan karena salah memilih model atau tak beruntung mendapatkan penawaran terbaik, melainkan hal buruk bisa saja menimpa Anda.

Seperti adanya perbedaan bonus atau promo ketika barang diantar. Bahkan sialnya, bisa saja ada oknum sales nakal yang membawa lari uang muka Anda.

Berikut ini beberapa tips jitu beli mobil baru saat pameran

Agar terhindar dari hal tersebut, Anda harus memiliki antisipasi dan persiapan yang matang ketika akan beli mobil baru saat pameran.

Patut anda ingat bahwa ketelitian menjadi poin penting dalam membeli mobil, jangan sampai anda rugi ketika beli mobil baru saat pameran.

1. Cek Promo Dari Stand Mobil Pilihan Anda

Tips membeli mobil baru saat pameran agar tidak rugi adalah melakukan pengecekan dan jangan sungkan untuk bertanya perihal promo-promo yang ada pada mobil tersebut.

Tanyakan semua mulai dari diskon, cashback, bonus, sampai dengan tawaran menarik lainnya yang sering diberikan kepada pengunjung atau calon pembeli saat pameran berlangsung.

Jangan lupa untuk menanyakan paket kredit khusus dari leasing yang juga tak jarang menjadi penawaran yang sulit ditemukan lain waktu.

Untuk itu, Anda harus memastikan kembali dengan jelas, apa saja bonus maupun promo apa saja yang Anda dapatkan ketika Anda membeli mobil baru saat pameran.

Jika pada saat pameran sales person tidak menawarkan berbagai jenis promo atau bonus.

Sebaiknya Anda tanyakan kembali kepada sales person tersebut atau urungkan niat untuk membeli mobil di pameran tersebut.

2. Teliti Keunggulan Tiap Produk

Tips selanjutnya adalah jangan tergiur dengan membeli mobil hanya karena iklan dan penawaran harga murah.

Sebaiknya Anda lebih mengetahui mengenai keunggulan dari produk-produk mobil tersebut.

Seperti halnya kemudahan suku cadang, konsumsi bahan bakarnya, biaya service kompetitif, bengkel resmi, jaringan luas, jenis mesin, dan aksesoris apa saja yang ada di dalamnya.

3. Tanyakan Asuransinya

Jika Anda membeli mobil secara kredit, sebaiknya pastikan mobil yang Anda beli memiliki asuransi.

Mengapa harus memiliki asuransi? Sebab asuransi pada kendaraan sangat penting, Anda tidak akan pernah tahu kedepannya seperti apa.

Dengan memiliki asuransi, katakanlah Anda mengalami masalah dengan mobil Anda, misalnya kecelakaan, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk memperbaikinya.

Cukup melakukan klaim saja pada asuransi tersebut kemudian perusahaan asuransi yang akan mengurus semua keperluan perbaikan Anda.

4. Harga Jual Kembali

Walaupun terlalu awal untuk memikirkan harga jual mobil kembali, namun hal ini patut menjadi pertimbangan untuk Anda dalam membeli mobil baru.

Anda tidak pernah tahu apakah Anda akan menjual kembali mobil Anda saat keadaan terdesak atau tidak.

Sebaiknya pikirkan kembali harga jual dari mobil yang akan Anda beli, apakah mobil tersebut masih memiliki nilai jual tinggi untuk beberapa waktu ke depan.

Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan nilai investasi yang mobil Anda miliki.

5. Pemilihan Waktu yang Tepat

Tips membeli mobil baru saat pameran berikutnya adalah memilih waktu yang tepat. Ada baiknya Anda memperhitungkan waktu yang tepat ketika membeli mobil.

Saat hari hari terakhir menjelang penutupan pameran biasanya beberapa mobil atau tipe mobil melakukan promosi besar-besaran.

Mulai dari memberikan bonus atau diskon, hingga memberikan uang muka yang ringan, promo ini akan mereka lakukan untuk menarik minat beli Anda para konsumen.

Selain itu, dari sekian banyak pameran yang diselenggarakan dalam setahun, ada baiknya Anda juga memilih pameran otomotif yang dihadirkan pada akhir tahun.

Mengapa demikian? Karena beberapa perusahaan akan lebih banyak memberikan kemudahan dan bonus kepada anda sebagai calon pembeli.

Di samping itu, beberapa sales person akan berlomba-lomba untuk mencapai target penjualan, sehingga mereka mungkin akan memberikan penawaran yang cukup menarik untuk mobil idaman Anda.

6. Tetap Tenang Saat Transaksi

beli mobil baru saat pameran

Saat mendatangi pameran otomotif, sudah dipastikan akan begitu ramai dengan banyaknya pengunjung yang juga hendak melakukan transaksi.

Sebaiknya Anda tenang dalam melakukan transaksi di tengah keramaian tersebut, agar bisa membaca dengan baik poin-poin yang tertulis dalam SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) ataupun booking fee.

Pastinya Anda tidak mau ada kesalah pahaman terjadi antara Anda dengan sales, baik mengenai bonus yang didapat maupun terjadinya perubahan harga saat pembayaran.

Pastikan Anda mendapatkan informasi dengan jelas dari sales, sehingga saat melakukan pembayaran, Anda mendapatkan penawaran sesuai dengan keinginan.

7. Tentukan Lembaga Pembiayaan

Ketika Anda ingin membeli suatu mobil di pameran, atau Anda ingin membeli mobil dengan cara kredit, sebaiknya anda cermat dalam menentukan lembaga pembiayaan yang baik.

Jangan lupa untuk selalu lakukan pengecekan ulang sebelum memilih lembaga pembiayaan tersebut.

Pastikan perusahaan yang akan membiayai pembelian mobil Anda merupakan perusahaan terpercaya dan memberikan harga yang rasional.

Selain itu, tips membeli mobil baru saat pameran juga termasuk melakukan negosiasi kepada sales atau lembaga pembiayaan tersebut mengenai uang muka yang sesuai dengan Anda.

Perhatikan juga suku bunga yang diberikan oleh lembaga pembiayaan. Patut anda perhatikan bahwa suku bunga juga tergantung dari tenor atau jangka waktu yang Anda ambil dalam membeli mobil.

Pameran otomotif memang sebagai ajang promosi dalam memasarkan kendaraan. Ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil baru, ada baiknya Anda perhatikan tips membeli mobil baru saat pameran.

Jangan sampai angan-angan meraup untung malah menjadi buntung saat membeli mobil di pameran hanya karena Anda tidak teliti.

Dari ulasan di atas bisa Anda jadikan bahan pertimbangan atau pelajaran ketika Anda memutuskan membeli mobil baru di pameran otomotif.

Pameran yang sedang berlangsung saat ini yaitu IIMS 2019 yang berlangsung dari tanggal 25 April sampai 5 Mei 2019 di JIEXPO Kemayoran Jakarta.

Sekedar info mengenai harga tiket masuk nya masih sama seperti tahun lalu yaitu : senin – jumat Rp. 50.000 dan Sabtu – Minggu Rp. 70.000

Di Pameran IIMS 2019 tersebut semua pabrikan otomotif ada semua mulai dari Toyota, Honda, Suzuki, Mazda, Nissan, Datsun, Renault, Wuling, BMW, Hyundai, Mitsubishi, Chevrolet, DFSK, HASCAR Authorized General Distributor for Jeep, Audi, Lexus, Daihatsu, Volkswagen, dan lain lain.

Baca Juga : “Beli Mobil Baru Secara Cash Tidak Ribet Kok! Simak 4 Langkahnya Berikut Ini!

Semoga sedikit informasi diatas dapat membantu anda ketika hendak beli mobil baru saat pameran, dan niat untuk membeli mobil baru nya tetap terlaksana sesuai rencana, Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.