Sebelum Terlanjur, Pahami 7 Tips Aman Beli Mobil Baru Online!

beli mobil baru online
ilustrasi beli mobil baru online

Beli mobil baru online terkesan menarik karena kita sebagai pembeli tidak perlu di repotkan dengan pergi ke beberapa showroom/ dealer cukup klik situs marketplace kemudian pilih jenis mobil yang kita inginkan.

Akan tetapi anda harus tetap berhati hati dalam setiap transaksi beli mobil baru online.

Karena tidak semua penjual di website marketplace tersebut mobil baru atau bekas yang di tawarkan sesuai dengan gambar yang dipajang.

Tips Aman Beli Mobil Baru Online

Dengan pesatnya geliat pertumbuhan e-commerce di Indonesia telah banyak mengubah pola hidup masyarakat.

Dulu sebelum e-commerce semeriah sekarang masyarakat sering bertransaksi secara langsung, kini telah beralih ke transaksi online.

Barang-barang yang diperjualbelikan pun beranekaragam, termasuk mobil.

Selain efektif dan efisien dari segi waktu dan tenaga, beli mobil secara online juga lebih untung karena harga yang ditawarkan lebih bersaing.

Teknologi internet kini juga sudah bukan hal yang asing lagi bagi banyak orang.

Jika model jual beli mobil secara konvensional langsung mempertemukan penjual dengan pembeli atau tatap muka.

Tapi kini setelah internet berkembang secara luas,maka antara penjual dengan calon pembeli bisa melakukan hal tersebut setelah dilakukan riset mengenai mobil yang diinginkan.

Riset yang dilakukan oleh calon pembeli bisa bermacam-macam, mulai dari model dan tahun pembuatan, fitur-fitur yang tersedia, hingga harga jualnya.

Hal-hal semacam itulah yang menentukan bagi seseorang untuk memutuskan membeli mobil idamannya.

Meski begitu, ada beberapa hal yang patut diperhatikan bagi seseorang yang ingin melakukan transaksi pembelian mobil secara online atau melalui internet.

1. Kelayakan Web Marketplace Jual Beli Mobil

beli mobil baru
beli mobil baru online dengan smartphone

Marketplace atau biasa kita sebut dengan web jual beli mobil online tidak hanya satu, melainkan puluhan web. Tapi, tidak semua web tersebut bisa dipercaya begitu saja.

Desain website yang terlalu polos dan penyediaan informasi yang tidak lengkap patut anda waspadai. Besar kemungkinan kalau situs ini masih baru atau abal-abal.

Disarankan jika Anda akan beli mobil baru online sebaiknya website tersebut yang muncul di halaman pertama pencarian Google karena dapat dipastikan memiliki reputasi yang baik.

2. Perhatikan Detail Identitas Penjualnya

Saat anda mengunjungi salah satu website marketplace, anda akan menjumpai banyak nama penjual yang tertera disana.

Ketika anda menemukan satu mobil yang dirasa paling pas, langkah selanjutnya cek secara detail apakah informasi mengenai penjual ditampilkan dengan lengkap atau tidak.

Identitas penjual online yang lengkap akan memudahkan anda untuk berinteraksi guna melanjutkan transaksi sebelum akhirnya mobil sampai di depan rumah.

3. Cek Kontak Penjual Mobil

Informasi lengkap penjual akan ditampilkan di halaman profil penjual biasanya kalau reputasi penjual baik ada semacam indikator nya berupa bintang atau grade dari si penjual tersebut.

Kalau pilihan anda dirasa sudah pas dengan mobil tersebut, ber interaksilah dengan penjual dan tanyakan apakah mobil yang anda taksir masih tersedia atau tidak.

Setelah itu, tanyakan mengenai harga, kelengkapan surat-surat kendaraan, dan pembayaran pajak.

Apabila salah satu diantaranya tidak lengkap, Anda bisa pikir-pikir lagi sebelum melanjutkan transaksi ke tahap akhir yaitu deal.

4. Mengecek Kondisi Mobil Secara Langsung

Gambar mobil yang dicantumkan di website marketplace terkadang tidak sesuai dengan aslinya karena beberapa gambar sudah melalui proses edit supaya terlihat menarik.

Supaya anda tidak kecewa, segera cek langsung dengan mengunjungi alamat penjual yang tertera di laman website.

Bawalah teman atau pihak ketiga yang tahu mengenai seluk beluk mobil untuk memastikan kondisi mobil yang sebenarnya.

5. Lakukan Test Drive

Test drive penting anda lakukan untuk cek performa mobil karena bagus di luar belum tentu bagus di dalam. Inilah hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli mobil.

Apabila performa mobil sudah sesuai dengan deskripsi yang tertulis di website dan sesuai dengan apa yang disampaikan penjualnya, Anda bisa lanjut ke tahap nego harga.

Dan sebaliknya. apabila anda menemukan banyak kekurangan saat melakukan test drive, lebih baik tidak melanjutkan transaksi dan cari penjual lain.

6. Lakukan negosiasi sampai harga sesuai

Harga mobil yang ditampilkan di web marketplace kebanyakan bukan harga nett. Ini artinya anda masih bisa untuk bernegosiasi sampai dapat harga yang lebih murah.

Apabila sudah terbiasa melakukan tawar-menawar harga, proses negosiasi tentu lebih mudah dilakukan.

Penurunan harga yang didapat dari hasil negosiasi biasanya tidak lebih dari 10% dari harga awal.

Alasannya karena penjual masih harus mengeluarkan biaya tambahan sebelum mobil jatuh ke tangan Anda. Misalnya, servis dan biaya pengiriman.

7. Memilih Metode Pembayaran yang Tepat

Beli mobil baru online kini sudah dilengkapi dengan berbagai jenis metode pembayaran. Ada pembayaran tunai dan kredit.

Nah, Anda bisa memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan.

Kalau semisal uang yang tersedia tidak cukup untuk membeli secara tunai, belilah mobil secara kredit.

Perhatikan jumlah cicilan dan tingkat suku bunga yang harus dibayarkan agar proses pelunasan berjalan lancar.

Namun, apabila pembelian mobil dilakukan secara kredit, ada beberapa hal yang patut diperhatikan sehingga tak ada permasalahan di kemudian hari. Berikut ini adalah langkah-langkah yang patut diperhatikan.

A. Tentukan Lembaga Penyalur Kredit Kendaraan

Membeli kendaraan bermotor baik baru atau bekas secara kredit saat ini sudah menjadi suatu hal yang sangat lumrah.

Kebanyakan orang lebih memilih perusahaan pembiayaan atau multifinance dibandingkan bank.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, karena itu harus jeli memilih lembaga penyalur kredit yang kredibel dan bisa dipercaya.

B. Uang Muka dan Jangka Waktu Kredit

Apabila sudah mengetahui harga mobil yang diinginkan, langkah berikutnya adalah menentukan besaran uang mukanya, yang biasanya berkisar 20% hingga 30% dari harga kendaraan.

Setelah itu, baru menentukan besarnya cicilan yang harus dibayarkan dan jangka waktu pembayaran.

Namun, sebelumnya juga harus mengetahui mengenai suku bunga kredit, apakah tetap atau mengalami perubahan selama pembiayaan.

C. Lengkapi Persyaratan Pengajuan Kredit

Dengan semakin berkembangnya teknologi internet, maka model pembiayaan kredit dengan cara online kini juga sudah semakin dipermudah.

Satu hal yang pasti adalah mengenai kelengkapan persyaratan, karena akan menentukan seberapa cepat perusahaan pembiayaan untuk merespon pengajuan kredit.

Mobil tak hanya dijadikan alat transportasi semata, tapi kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang.

Pilihan seseorang pada mobil yang dipilihnya, tak hanya terbatas sebagai penentu identitas, tapi juga berdasarkan kebutuhan dan keperluannya.

Kepraktisan menjadi salah satu alasan utama, di mana kini banyak orang mencari mobil baru atau bekas melalui internet.

Teknologi internet tak bisa dipungkiri memang memiliki dampak yang luas, termasuk dalam hal jual beli kendaraan, baik baru maupun bekas.

Internet memang memermudah setiap orang dalam melakukan transaksi jual beli, tapi segi keamanan tetap harus lebih diutamakan.

Baca Juga : “Sebelum Beli Mobil Baru Kredit Anda Wajib Tahu 5 Hal Berikut

Demikian ulasan mengenai 7 tips aman beli mobil baru online yang dapat kami jabarkan untuk anda.

Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan anda, terutama bagi anda yang sedang mencari informasi beli mobil baru online. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.