Mau Beli Mobil Baru Di Dealer? Simak 9 Tipsnya Berikut Ini!

beli mobil baru di dealer
beli mobil baru di dealer

Beli mobil baru di dealer di beberapa kota besar terasa asing di telinga di karenakan rumor yang beredar ketika beli mobil di dealer akan lebih ribet dan harga jadi lebih mahal.

Sebenarnya hal tersebut tidak seluruhnya salah karena kalau anda tidak tahu trik nya memang benar harga jadi mahal karena terkadang harga yang ditawarkan berbeda jauh saat kita datang ke dealer tersebut.

Nah bagi anda yang akan beli mobil baru di dealer ada baiknya persiapkan dahulu semua kebutuhan nya agar semua proses dapat berjalan lancar dan tidak bertele tele.

Mulai dari syarat administrasi, informasi lengkap mengenai jenis mobil yang anda inginkan, diskon dan bonus apa saja yang akan dapatkan dari pembelian mobil baru tersebut.

Cara Beli Mobil Baru Di Dealer

Mengenai diskon, sebenarnya tidak sulit mengincar diskon harga mobil baru, karena saat ini banyak tenaga marketing atau dealer yang berlomba menawarkannya.

Tapi yang lebih penting ketika anda beli mobil baru di dealer adalah usaha anda agar mendapat harga paling bagus.

Karena tawar menawar dalam suatu transaksi jual beli itu adalah hal yang lumrah untuk dilakukan demi mendapatkan harga yang sesuai bagi kedua belah pihak.

Apalagi untuk membeli mobil baru sangat penting untuk mendapatkan harga yang serendah mungkin, karena harga yang ditawarkan pihak dealer sebenarnya belum harga nett.

Salah satu kelebihan dari mobil baru adalah kondisi mesin yang terjamin bagus karena Anda merupakan orang pertama yang mengoperasikannya, namun tentu saja harganya tergolong lebih mahal dibandingkan dengan mobil bekas.

Lalu bagaimana caranya supaya anda mendapatkan harga mobil baru yang sesuai dengan kantong anda? Berikut ini beberapa tips mengenai cara beli mobil baru di dealer agar anda dapat harga murah.

1. Cari Informasi selengkap mungkin

Sebelum berkunjung ke dealer, carilah informasi mengenai jenis-jenis mobil karena hal tersebut sangat penting.

Pahamilah berbagai tipe-tipenya, pelajari cara perawatan dan harus juga mengetahui berbagai kelebihan maupun kekurangannya.

Di era internet sekarang ini, menggali dengan detail berbagai informasi mengenai mobil bukanlah sesuatu yang sulit.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah bergabung di forum-forum otomotif di internet untuk bertanya tentang sesuatu yang masih Anda ragukan.

Atau bisa juga langsung mengunjungi situs resmi milik perusahaan otomotif yang produknya sedang Anda incar.

Hal lain yang sangat penting ialah mengetahui harga jual kembali (purnajual) mobil tersebut di pasaran, apakah akan turun drastis atau masih stabil.

Itulah fungsinya mengumpulkan banyak informasi supaya Anda dan masyarakat umum tidak membeli kucing dalam karung.

Jika ya, ini bisa menjadi bahan untuk menekan harga. Ada baiknya cek di website resmi merek harga yang tercantum sebagai patokan.

2. Waktu yang Tepat

Datanglah ketika ada promo yang sedang ditawarkan seperti diskon yang cukup besar pada akhir bulan atau akhir tahun.

Lebih baik pilih waktu di 3 bulan terakhir penutupan tahun karena diskon yang diberikan sangat besar bahkan bisa mencapai puluhan juta.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Karena perusahaan sedang mengejar target penjualan dan ingin menghabiskan stok untuk peluncuran tipe baru di tahun depannya.

Agar Anda tidak ketinggalan informasi mengenai promo dari dealer, ada baiknya follow media sosial milik dealer tersebut atau perusahaan otomotif yang Anda minati produknya.

Tetapi jika tidak tahan menunggu sampai akhir tahun, datanglah ke pameran otomotif seperti IIMS 2019 dan yang lainnya.

Selain harga yang terjangkau, Anda juga bisa memperoleh berbagai souvenir kendaraan yang cukup bagus kualitasnya.

Sebelum memutuskan untuk menjatuhkan pilihan pada produk tertentu, ada baiknya kumpulkan brosur-brosur dari dealer yang akan berguna sebagai pembanding harga antara satu mobil dengan mobil lainnya.

3. Tampil meyakinkan

Memilih mobil sama saja dengan memilih pasangan hidup. Kita musti pelan-pelan dan jangan tergesa-gesa agar bisa memperoleh hasil yang terbaik.

Banyak hal yang wajib dipertimbangkan dan harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

Fokuskan pada sistem keamanannya, after sales service, garansi dan kenyamanan saat dilayani oleh tim dari dealer tempat Anda membeli mobil.

4. Main strategi

Jangan sekali-kali mengatakan kepada tenaga penjual dana maksimum. Karena ini hanya akan melemahkan posisi Anda dalam bernegosiasi.

Idealnya jangan sampai budget maksimum itu terpakai ketika anda beli mobil baru di dealer.

5. Berkeliling dan tantang!

Jangan tergesa-gesa. Luangkan waktu mengunjungi beberapa dealer untuk membandingkan.

Ambil penawaran terbaik, lalu tantang dealer selanjutnya atau sebelumnya untuk mengalahkan penawaran itu.

6. Tukar-tambah

Jika proses tukar-tambah adalah bagian dari negosiasi, pastikan Anda tetap untung.

Tanya detail berapa harga mobil bekas Anda, lalu dimasukkan untuk uang muka berapa, dan sebagainya.

Jika tidak relevan, ada baiknya menjual dulu mobil bekas Anda ke pemakai.

7. Uang bukan segalanya

Jika tenaga penjual tak bisa menawarkan nilai yang Anda harapkan, tanyakan ke mereka untuk mengeluarkan nilai tambahan selain uang.

Misalnya, perpanjangan garansi atau perlengkapan yang biasanya membuat konsumen harus mengeluarkan uang lebih.

Tapi ingat, pilih aksesori atau perlengkapan hanya yang Anda butuhkan.

8. Jangan takut untuk pergi

beli mobil baru di dealer
negosiasi beli mobil baru di dealer

Jika sudah menginjakkan kaki ke dealer, jangan langsung menerima begitu saja penawaran dari mereka.

Ada baiknya Anda berusaha untuk meminta harga yang terbaik dan baru akan memutuskan membeli mobil baru di dealer tersebut jika harga sudah cocok.

Kebanyakan dari kita pasti akan terburu-buru jika sudah datang ke dealer yang tepat sehingga tidak melakukan negosiasi terlebih dahulu.

Jika tawaran Anda ditolak padahal Anda mengetahui bahwa harga bisa lebih murah lagi, segera tinggalkan dealer tersebut dan pilih dealer yang lain.

Pintar-pintarlah melakukan negosiasi karena salah satu hal utama agar semua tips membeli mobil baru dapat berjalan dengan lancar dan menguntungkan Anda kedepannya adalah dengan pintar bernegosiasi.

9. Siapkan dana minimal 20-30% dari harga mobil

Sebenarnya peraturan BI (Bank Indonesia) hanya mengharuskan down payment atau DP sebesar 25% dari harga kendaraan (hanya berlaku untuk pembelian secara kredit).

Namun ada baiknya memberikan DP diatas 25% supaya cicilan bulanan Anda tidak terlalu berat atau jika ada uang lebih, lebih baik segera lakukan pelunasan dipercepat.

Makin besar DP yang diberikan maka semakin kecil angsuran yang dibayarkan tiap bulannya sehingga disaat Anda sedang menyetir mobil baru tersebut, pikiran Anda tidak terbebani oleh besarnya cicilan tagihan kendaraan.

Dan biasanya juga dealer dapat memberikan harga yang fleksibel (tidak kaku).

Dengan negosiasi yang pintar ketika Anda beli mobil baru di dealer besar kemungkinan anda akan mendapatkan harga yang sedikit lebih murah.

Baca Juga : “Beli Mobil Baru Saat Pameran! Berikut 7 Tips Jitunya Agar Anda Tidak Rugi

Demikian tadi sedikit ulasan tentang beberapa tips cara beli mobil baru di dealer agar anda mendapatkan harga yang pas di kantong.

Semoga informasi tersebut dapat membantu anda dalam hal beli mobil baru di dealer dan jika informasi diatas bermanfaat bagi anda jangan sungkan untuk share kembali ke orang orang di sekitar anda, Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.