Belanja Dengan Paypal – Saat ini metode pembayaran online sangat menjamur, Berbagai aplikasi penyedia layanan e-money dapat Anda dwonload lewat smartphone. Bahkan setiap layanan ini tidak hanya menawarkan kemudahan mebayar naum juga promo yang menarik. Apalgi jika dikombinasikan dengan belanja online.

Salah satu aplikasi layanan e-money adalah Paypal. Apa itu Paypal? PayPal merupakan sistem pembayaran secara elektronik yang menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang.

Paypal merupakan layanan yang diterbitkan oleh PayPal Inc. PayPal Inc adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos.

PayPal merupakan rekening dalam bentuk online, yang berfungsi untuk melakukan berbagai transaksi. Misalnya membeli produk, menerima dana dari orang lain, hingga menjadikannya sebagai kartu kredit.

Selain itu, Paypal memiliki banyak keunggulan. Bahkan keunggulan ini beda dari layanan yang serupa. Paypal dapat melakukan transaksi dengan menggunakan mata uang asing. Artinya Paypal telah diakui secara global. sehingga dapat digunakan untuk transaksi oleh seluruh pengguna internet dari negara mana saja.

Tentunya telah melakukan aktifasi akun PayPal. Hanya dengan mengetahui email PayPal seseorang, kita bisa mengirimkan uang virtual ke akun PayPal orang tersebut dengan cepat dan aman. Ini merupakan keunggulan tersendiri bagi Paypal, karena saat ini hanya Paypal yang dapat melakukannya.

PayPal juga dapat di akses dimanapun dan kapanpun yang membuat aktivitas transaksi menjadi lebih mudah dan praktis. Salah satunya adalah untuk berbelanja.

Belanja dengan Paypal tentu akan akan memudahkan transaksi belanja Anda. Meskipun alat pembayaran virtual yang satu ini belum begitu terkenal, namun tidak usah khawatir ketika Anda ingin menggunakannya. Sebab, Paypal melindungi semua pihak yang terlibat dalam transaksi. Jadi, penjual mamupun pembeli sama- sama terlindungi.

Selain itu, Paypal selalu mencatat setiap transaksi yang dilakukan. Sehingga ada catatan bukti pembayaran di masing-masing akun PayPal, baik penjual maupun pembeli. Catatan ini bisa digunakan sebagai bukti bahwa telah terjadi pengiriman uang antara pembeli dan penjual.

Belanja Dengan Paypal: Fungsi

belanja dengan paypal
belanja dengan paypal gampang

Setelah mendapatkan gambaran mengenai Paypal, berikut adalah fungsi dari Paypal sendiri. Paypal sendiri mempunyai tiga fungsi. Tentu saja fungsinya untuk mempermudah transaksi yang Anda lakukan.

Namun lebih rincinya adalah yang pertama Paypal dapat digunakan untuk berbelanja online. Jadi, PayPal adalah salah satu alternatif yang baik jika Anda tidak mau menggunakan kartu kredit. Selain itu, Paypal dapat digunakan untuk mebayar layanan dalam berlangganan online.

Misalnya untuk membayar website streaming atau jasa sejenis yang membutuhkan pembayaran setiap bulan, PayPal bisa menjadi pilihan yang baik. Anda bahkan bisa mengatur agar PayPal menarik uang langsung dari akun bank Anda dan bukan mengunakan kartu kredit.

Fungsi yang terakhir belanja dengan PayPal juga dapat digunakan untuk mengirimkan uang. Jika Anda butuh mengirim uang ke teman atau keluarga yang tinggal di luar negeri, PayPal bisa menjadi salah satu cara untuk mengirimkannya.

Belanja Dengan Paypal: Panduan Belanja Online

Lalu bagaimana cara kerja Paypal untuk transaksi belanja online?. Bukankah banyak situs belanja online di Indonesia yang tidak menyediakan pembayaran Paypal?. Ya, Anda benar. Bahwa tidak semua tempat perbelanjaan online menyediakan PayPal sebagai salah satu opsi untuk pembayaran.

Namun biasanya PayPal ini sering kali dijadikan sebagai sistem pembayaran jika kamu melakukan transaksi melalui situs perbelanjaan online dari luar negeri, seperti Ebay, Amazon, dan lain-lain.

Lalu apakah tidak ada situs perbelanjaan online di Indonesia yang menggunakan Paypal?. Tentu saja ada, namun belum banyak. Kalian dapat menggunakan Paypal sebagai pembayaran online pada situs belanja seperti Toko Online Qoo10, Toko Online Easybuy, Toko Online Ebay Indonesia, Toko Online P-Store, Toko Online Kazoustore, dan Toko Online Sea Gamer Mall. Jadi, baru ada 6 situs yang memiliki opsi pembayaran menggunakan Paypal.

Selanjutnya adalah cara melakukan transaksi saat berbelanja online menggunakan Paypal. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan sistem pembayaran lainnya. Pertama adalah kunjungi situs online yang menyediakan opsi pembayaran melalui PayPal. Setelah itu, Masukan barang yang ingin kamu beli ke keranjang belanjaa. Lakukan check out.

Ketika check out, maka akan diketahui jumlah total belanja yang harus di keluarkan, termasuk ongkos kirim dan asuransi apanila ada. Selanjutnya adalah melakukan pilihan metode pembayaran.

Di kolom metode pembayaran kamu bisa melihat beberapa opsi yang disediakan oleh toko, seperti kartu debit, kartu kredit, m-banking, dan lain-lain. Kemudian klik “PayPal”. Setelah itu secara otomatis kamu akan dibawa ke situs PayPal.com. Apabila Anda dibawa ke situs lain, maka segera batalkan transaksi karena bisa jadi itu adalah penipuan.

Masukan email dan password yang kamu gunakan untuk mendaftar. Kemudian kita akan dibawa ke halaman yang berisikan detil belanjaan yang hendak kamu beli. Jika data barang sudah benar, terutama untuk harganya, klik “PayNow”. PayPal secara otomatis akan mengirimkan detil transaksi yang baru saja dilakukan. Pada nantinya saldo kartu kredit yang terhubung dengan akun PayPal akan otomatis terpotong untuk membayar transaksi. Cara belanja melalui PayPal sudah selesai.

Baca Juga: Memperbaiki Jam Dinding Mati: 4 Cara Mudah Yang Dapat Dilakukan Sendiri!

Belanja Dengan Paypal: Jenis Akun Paypal

belanja dengan paypal
belanja dengan paypal mudah

Tidak seperti pembayaran online yang lain. Paypal juga juga menyediakan beberapa jenis akun Paypal. Pertama dalah akun personal. Akun personal adalah jenis akun standar. Anda bisa memasukkan uang ke akun ini dan uang tersebut bisa Anda gunakan untuk berbelanja online atau menigirim uang ke teman dan keluarga.

Selanjutnya adalah akun premier. Akun ini untuk siapa saja yang ingin bisa menjual barang secara online, baik sebagai hobi atau bisnis, secara perseorangan. Tidak hanya mengeluarkan uang, pemilik akun premier bisa menerima pembayaran melalui PayPal.

Akun business adalah akun yang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin bisa menjual barang secara online di bawah nama sebuah perusahaan atau organisasi. Selain bisa menerima pembayaran, akun Business juga bisa menerima pembayaran melalui transfer bank, memberi akses kepada 200 karyawan, dan fitur-fitur spesial seperti Express Checkout.

Terakhir adalah akun student. Akun student adalah sebuah akun terbatas yang dibuat dengan tujuan untuk membantu remaja berumur 13 tahun ke atas untuk mempelajari cara mengatur uang yang baik. Jika Anda membuat akun student, Anda akan mendapat sebuah kartu debit yang bisa mereka gunakan di tempat-tempat yang menerima kartu MasterCard.

Baca Juga: Belanja Dengan Kartu Kredit: Tips & Trick

Meskipun tidak ada sistem yang 100% sangat aman, PayPal telah merancang banyak checks and balances ke dalam sistemnya untuk menjaga agar kesalahan dan kecurangan menjadi minimal. Anda tidak akan menemukan lembaga keuangan online lain yang memiliki perlindungan lebih ketat daripada PayPal. Selain itu, Paypal juga melindungi setiap pihak, baik penjual dan pembeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *