Sebagian orang menganggap belajar mengemudi mobil manual lebih sulit dibandingkan dengan belajar mengendarai mobil metik. Ya, hal ini disebabkan mobil manual dilengkapi dengan pedal kopling. Sehingga dinilai lebih sulit. Sebab dibutuhkan konsentrai dan keahlian yang lebih. Jadi, pengemudi tidak hanya waspada dengan kenaraan disekitarnya, namun juga waspada jangan sampai salah mengoperasikan pedal kopling. Jadi, untuk mobil jenis manual memang memerlukan trik khusus untuk bisa mengendarainya.

Sebelum memutuskan untuk mengemudi di jalan raya dengan mobil manual, mau tidak mau Anda harus mempelajari terlebih dahulu mengenai mobil jenis ini. Selain itu dalam praktiknya Anda harus hati- hati dan selalu fokus. Lakukanlah latihan secara berulang. Selain itu temukan cara mengemudi yang paling nyaman menurut Anda.

Sebab cara mengemudi mobil manual yang benar akan dapat membuatmu nyaman dan lancar selama mengemudi di jalan raya. Setiap langkah dan cara yang perlu dilakukan memang sangat penting dan tidak boleh ada yang disepelekan. Dengan melakukan banyak latihan dan praktik, tentunya akan membuat Anda cepat mengemudikan mobil manual dengan lancar.

Belajar Mengemudi Mobil Manual

Dilengkapi dengan pedal kopling menuntuk Anda harus selalu konsentrasi saat mengemudikan mobil manual. Namun, jika Anda suah etrbiasa dengan menggunakan mobil manual, biasanya Anda akan dengan mudah menggunakan mobil matic. Berikut adalah tips bagi Anda yang ingin belajar mengemudi mobil manual.

Mengenali Dan Memahami Fitur Mobil

Tips pertama ketika belajar mengemudi mobil manual adalah mengenal dan memahami firtur mobil. Kenali fitur- fitur pening dan pahami fungsinya. Fitur- fitur tersebut seperti pedal rem, gas dan kopling. Untuk mobil manual fitur ini letaknya berdekatan dan bentukya hampir sama. Maka jangan sampai salah menginjak karena akan berakibat fatal. Tidak hanya hal tersebut, tombol lampu sign, klakson dan lainnya juga perlu dihafal.

Perhatikan juga letak dan bagaimana mengubah posisi perpindahan gigi mobil atau persneling. Untuk perpindahan gigi mobil atau persneling, biasanya dimulai dari angka 1 sampai dengan 5. Kemudian, ada posisi R untuk posisi mundur. Jika sudah menguasai semua letak dan kegunaan fitur, pastinya pengendara akan lebih mudah saat menyetir mobil manual.

Mengoperasikan Pedal Dengan Benar

Mengenali pedal dengan benar adalah hal yang harus dilakukan apabila belajar mengemudi mobil manual. Sebab, Anda dituntut untuk dapat mengoperasikan pedal dengan benar. Ketika mengoperasikan pedal pada mobil manual, pengemudi dituntut untuk berkonsentrasi secara penuh. Misalnya pada saat menginjak pedal rem dan gas atau mengoper gigi secara manual. Jarak ayunan saat ingin menginjak pedal harus diperhatikan. Pada saat mengendarai mobil manual diwajibkan melepaskan pedal kopling secara perlahan dan teratur.

Pertama yang perlu dilakukan adalah memahami letaknya. Dimana, pedal yang berada di kaki kiri atau sebelah kiri merupakan pedal untuk kopling. Pedal yang berada di tengah berfungsi sebagai rem, dan pedal yang berada di sebelah kanan adalah pedal gas.

Setelah memhami letaknya maka pengemudi harus memahami fungsi dari pedal tersebut. Kopling mobil berfungsi untuk memutuskan putaran roda dan putaran mesin yang saling berhubungan, selain itu kopling juga digunakan untuk mengubah gigi baik ingin menambah atau mengurangi gigi tanpa merusak roda gigi dari masing-masing gigi transmisi. Perlu diperhatikan bahwa ketika mengurangi atau menambah gigi maka harus menginjak pedal kopling. Jadi, hal pokok yang terdapat pada mobil manual adalah perputaran mesin mobil, transmisi, kopling dan roda mobil.

Untuk membantu mempermudah mengoperasikan kopling pada manual, pengemudi juga perlu memperhatikan posisi duduk mereka. Posisi duduk yang benar akan membantu Anda memudahkan mengoperasikannya. Sebab cara Anda duduk akan berpengaruh pada posisi kaki dalam menginjak rem, kopling ataupun gas. Saat mengaplikasikan pedal yang ada di posisi kaki kanan, kiri dan tengah pastikan Anda dapat menginjak sepenuhnya supaya perjalanannya selamat. Jadi atur kursi dan duduk senyaman mungkin.

Baca Juga: FUEL PUMP MOTOR: 3 CIRI RUSAK DAN CARA MENGATASINYA

Menghidupkan Mobil

Dalam belajar mengemudi mobil manual, menghidupkan mobil juga menjadi hal yang penting. Sebab mobil harus dipastikan dalam keadaan netral. Jadi, tidak hanya asal memutar kunci kontak untuk mulai melakukan starter. Ketika melakuakn stater mobil, pastikan pengemudi menginjak pedal kopling secara penuh. Ketika mesin telah menyala maka lepaskan pedal kopling. Sementara tuas transmisi masih dalam posisi Netral (N). Selanjutnya pengemudi harus menekan kopling sepenuhnya.

Hal ini untuk mencegah mobil melompat. Cara terbaik dalam mengingat jarak dari ayunan pedal kopling, rem dan gas adalah dengan menginjak kopling secara penuh dan ditahan. Lalu lepas pedal kopling secara perlahan dan teratur agar terdengar suara mesin saat mulai turun.

Menjalankan Mobil Manual

Tips belajar selanjutnya adalah dengan menjalankan mobil manual. Ketika Anda menjalankan mobil manual, maka secara bersamaan Anda juga akan belajar untuk mengaplikasikan fitur- fitur mobil. Jalnkan mobil secara perlahan. Rasakan saat menjalankan mobil untuk menyeimbangkan pedal dan rem serta merasakan stir mobil yang terhubung dengan ban.

Belajar Mengemudi Mobil Manual
Belajar Mengemudi Mobil Manual (Sumber Gambar: Google)

Memindahkan Kopling ke Gigi

Saat belajar mengemudi mobil manual bagian ini menjadi cukup sulit. Ketika gas akan di tekan, Anda harus mengangkat kopling secara perlahan.Ketika bagian gas diinjak kencang sementara kopling belum terangkat dapat mengakibatkan munculnya suara kasar. Sementara jika pengangkatan kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu mesin mati atau jalan mobil yang tersendat.

Pastikan menekan kopling sepenuhnya sebelum menggerakkan tuas persneling atau roda gigi akan bertabrakan. Pindahkan tuas persneling ke gigi tertinggi berikutnya. Lepaskan kopling dan tambah kecepatan. Seperti saat kamu memulai, kopling dan gas harus diatur secara berbarengan untuk memastikan perpindahan gigi berjalan mulus. Lalu, kembalikan kedua tangan di atas setir.

Baca Juga: Tips & Trik: Percaya Diri Untuk Mengemudi Bagi Pemula

Menurunkan Gigi

Masih berhubungan dengan gigi mobil, selanjutnya para pemula juga perlu belajarcara menurunkan gigi mobil. Sama seperti saat menaikkan gigi, pengemudi harus menggunakan kecepatan untuk menentukan kapan harus menurunkan gigi. Mulailah penggantian gigi dengan mengangkat kaki dari pedal gas dan menekan kopling. kamu harus mengangkat kaki dari pedal gas sedikit lebih awal dibanding menekan kopling agar mesin tidak menggerung (revving) saat melepas kopling. Ulangi proses menaikan dan menurunkan gigi untuk benar- benar merasakan atau memhami prosesnya dan menjadi terbiasa.

Itulah hal- hal yang harus diperhatikan ketika belajar mengemudi mobil manual. Tidak hanya memperhatikan posisi rem, gas, dan juga tuas gigi namun pastikan bahwa poisisi duduk, posisi spion dan memhami tombol- tombol lain juga dimengerti dan dipahami. Banyaklah berlatih untuk menambah jam terbang mengemudi Anda. Sehingga Anda akan semakin mahir.

Baca Juga: Tips & Trik: Mengemudi Mobil Jarak Jauh Dengan Nyaman Dan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *