Baterai merupakan salah satu komponen yang mudah rusak pada laptop. Biasanya masalah yang terjadi adalah baterai laptop cepat bocor. Ya, hal ini pasti akan mengganggu kinerja Anda. Mengingat laptop hanya akan berfungsi ketika hanya di charger.

Apalagi beberapa laptop keluaran terbaru yang telah beralih ke baterai tanam akan sangat bahaya jika sampai bocor atau alami kerusakan. Sebab, biaya untuk menggantinya tergolong cukup mahal.

Sehingga mau tidak mau kita harus merawat bateri laptop agar tidak bocor. Sebab, baterai laptop cepat bocor ternyata ada kebiasaan buruk penggunaan dibaliknya, loh. Untuk itu, berikut telah kami rangkum mengenai tip merawat baterai laptop agar tidak cepat bocor.

Baterai Laptop Cepat Bocor

Daya tahan baterai merupakan salah satu hal penting untuk diperhatikan ketika membeli sebuah laptop. Karena dengan daya tahan baterai yang baik tentunya akan sangat menunjang aktivitas sehari-hari lebih cepat dan maksimal. Apalagi bagi Anda yang terbiasa beraktivitas dengan perangat tersebut.

Saat ini, sudah banyak laptop yang memiliki baterai berkapasitas besar. Namun, kebiasaan dan cara dalam merawat laptop juga membuat performa baterai laptop menjadi berkurang, lho! Oleh karena itu, agar baterai laptop tidak cepat bocor atau rusak, ikuti beberapa tips merawat baterai laptop berikut ini.

Jangan Charger Laptop Sambil Memakainya

Agar baterai pada laptop tidak cepat bocor maka jangan memakai laptop ketika sedang di charge. Jadi, menggunakan laptop bersamaan dengan menchargernya adalah kebiasaan yang harus ditinggalkan.

Sebab ketika mencharger sambil menggunakan laptop, maka daya yang terisi tidak akan masimal. Sehingga, hal ini dapat menyebabkan baterai bocor. Jadi, sangat dianjurkan untuk banar-banar mengistirahatkan laptop ketika mencharger. Sehingga, baterai dapat mengisi dayanya sendiri secara maksimal.

Selain itu, laptop yang digunakan dalam waktu cukup lama biasanya akan mudah memanas dan daya baterainya habis. Jika, Anda memaksakan untuk tetap menggunakannya ketika sedang di charge, maka leptop akan mendapatkan arus listrik jelas tidak baik.

Baterai Laptop Cepat Bocor
Baterai Laptop Cepat Bocor (Sumber Gambar: Google)

Hal tersebut juga menjadi pemicu baterai cepat rusak. Jadi, Anda dapat mematikan laptop ketika sedang melakukan isi daya. Kebiasaan ini dapat membantu baterai laptop Anda awet, loh.

Jangan Sampai Laptop Drop

Agar baterai laptop awet dan tahan lama, Anda juga harus menghindari kondisi laptop sampai baterai habis total dan mengalami drop. Hal ini sering terjadi pastinya. Dimana ketika Anda terlalu fokus terhadap pekerjaan atau tugas bahakan hanya sekedar main game.

Di saat pemakaian berat, usahain untuk langsung ngecharge pas baterainya masih 50%, kalau pemakaian ringan, kamu bisa tunggu sampai 30%. Banyak yang bertanya, berapa jam baterai laptop bisa bertahan? Jawabannya adalah sekitar 5-7 jam. Tergantung dari merek dan spec baterai laptop yang Anda miliki.

Jadi, jangan paksakan untuk tetap menggunakan ketika baterai laptop sudah low. Segera matikan dan charger laptop. Hal ini dapat membantu baterai laptop awet juga. Jadi, perhatikan cara pemakaian ya sobat.

Selain jangan sampai baterai mengalami drop, jangan sampai pula baterai terlalu lama di charge. Artinya segera cabut jika sudah 100%. Salah satu faktor yang bisa membuat baterai laptop bocor adalah tidak segera mencabut charge pada saat baterai sudah terisi 100%.

Ketika Anda membiarkan kapasitas baterai yang penuh terus dialiri listrik, maka hal itu akan merusak komponen-komponen baterai. Supaya baterai laptop tidak cepat bocor, hindari mengisi daya ketika sedang ingin bepergian atau sedang tidur. Segera cabut charge apabila persentase daya sudah 100% atau full.

Baca Juga: 5 Game Edukatif Anak Yang Bermanfaat, Yuk Dwonload!

Mengurangi Kecerahan Layar

Salah satu fitur yang memakan banyak daya baterai adalah layar. Cahaya yang terlalu terang membuat bikin daya baterai laptop cepat terkuras. Jadi, agar tidak boros baterai setiap pemakaian pastikan kamu mengatur kecerah dengan kontras normal agar baterai tetap awet.

Apabila Anda bekerja di dalam ruangan, tentu lebih baik mengatur kecerahan agar tetap rendah. Menurut pengalaman admin, mengatur brightness ke angka 5 sudah cukup nyaman untuk pemakaian di dalam kantor.

Baterai Laptop Cepat Bocor
Baterai Laptop Cepat Bocor (Sumber Gambar: Google)

Selain dapat merusak baterai, layar yang memiliki cerah berlebihan juga dapat merusak mata. Mata akan cepat lelah ketika menghadap layar leptop dan ketika dilakukan dalam waktu yang lama, tentu layar yang cerah akan merusak mata. Misalnya mata menjadi minus.

Minimalisasikan Pemakaian Aplikasi

Membiarkan laptop Anda menjalankan beberapa aplikasi, atau tab satu waktu jelas membuat laptop kamu bekerja lebih ekstra. Baterainya pun akan semakin cepat terkuras. Sehingga, kebiasaan yang satu ini juga dapat menyebabkan baterai laptop cepat bocor, loh.

Saat aplikasi sudah tidak dipakai lagi, pastikan kamu menutup semua aplikasi agar daya baterai tidak cepat habis. Wah, hal kecil seperti ini ternyata dapat menyebabkan baterai cepat bocor.

Jangan Sampai Overheat

Salah satu penyebab baterai rusak adalah overheat dari laptop itu sendiri. Pemakaian yang terlalu lama tanpa laptop fan bisa bikin laptop kamu kena overheat. Agar tidak sampai overheat kamu bisa memakai cooling pad atau vacuum cooler. Tujuannya agar baterai laptop tahan lama dan suhu laptop tetap stabil.

Selain itu, leptop dengan sushu yang terlalu dingin juga sebenarnya tidak baik untuk baterai. Dimana kondisi tersebut dapat menyebabkan laptop bekerja lebih keras, yang pada gilirannya dapat menguras daya baterai tersebut dan kemudian membuatnya kehilangan kemampuan menyimpan daya.

Baterai Laptop Cepat Bocor
Baterai Laptop Cepat Bocor (Sumber Gambar: Google)

Sehingga, perhatikan suhu atau temperatur tempat penyimpana leptop. Sehingga, akan tetap awet baterainya.

Baca Juga: Cara Merawat Knalpot Motor Agar Awet dan Tahan Lama!

Itulah hal- hal yang sederhana namun apabila dihindari dapat membuat baterai leptop awet dan tahan lama. Selain itu, usahakan untuk menggunakan chargr asli atau bawaan pabrik. Sebab setiap laptop dibekali charge masing-masing dengan kecepatan arus daya berbeda.

Oleh sebab itu, Anda dianjurkan supaya menggunakan charge original yang kecepatan arus listriknya stabil. Selain itu, charge KW yang Anda gunakan dapat memebrikan efek baterai menjadi cepat rusak karena arus listrik tidak stabil.

Daya yang masuk ke dalam baterai tidak stabil, terkadang terlalu kecil dan terlalu besar. Mulai sekarang, hindari hal- hal diatas agar baterai leptop kalian awet, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *