Selain baret pada bodi kendaraan, baret pada pelek motor dan mobil juga sering terjadi. Ketika terjadi baret pada pelek maka akan berdampak juga penampilan kendaraan tersebut. Banyak sekali penyebab tergoresnya pelek sebuah kendaraan.

Tersenggol oleh kendaraan lain, terkena batu jalan ataupun terkena pembatas separator juga menjadi penyebab pelek sebuah mobil ataupun motor tergores. Hal- hal seperti ini tentu tidak dapat kita hindari bukan saat di jalan raya?
Baret pada pelek motor dan mobil tentu akan mengurangi tampilan kendaraan tersebut. Apalagi jika kendaraan tersebut tergolong kategori premium. Eitz, namun jangan khawatir. Ternyata baret pada pelek motor dan mobil dapat dihilangkan dengan cara tertentu. Loh.

Berikut adalah tips & trik mengenai cara menghilangkan baret pada pelek motor dan mobil.

Cara Menghilangkan Baret Pada Pelek Motor dan Mobil

Pelek adalah bagian penting pada sepeda motor. Pernahkah Anda ketika berkendara menggunakan kendaraan bermotor dan merasakan seperti ada gundukan yang terjadi terus-menerus meskipun Anda sedang melintas di jalan yang rata? Jika peristiwa tersebut terjadi, hal ini merupakan analisis awal dari kemungkinan rusaknya bagian roda pada kendaraan bermotor. Secara konstruksi, roda mempunyai komponen utama, yaitu pelek dan ban.

Sebenarnya pelek pada kendaraan mempunyai beberapa fungsi selain dari fungsi utamanya sebagai sarana penggerak kendaraan untuk bisa maju ataupun mundur. Fungsi tiap pelek tergantung dari jenis pelek akan digunakan untuk apa motor tersebut, apa hanya untuk kegiatan sehari hari, untuk balap motor atau hanya untuk modifikasi agar motor kelihatan lebih keren.

Baret Pada Pelek Motor dan Mobil: Menggunakan Compound

Cara menghilanggkan baret pada pelek motor dan motor yang pertama adalah dengan menggunakan compound. Selain bisa dipakai di body mobil, ternyata compound juga dapat dipakai untuk menghilangkan baret pada bagian pelek. Bahkan caranya juga cukup mudah.

Baret Pada Pelek Motor dan Mobil
Baret Pada Pelek Motor dan Mobil (Sumber Gambar: Google)

Langkah pertema tentu kita harus membersihkan pelek terlebih dahulu. Bersihkan baret pada pelek dengan menggunakan air bersih. Setelah itu keringkan pelek menggunakan lap atau kenebo halus. Setelah itu, oleskan bahan compund tersebut ke bagian pelek yang baret hingga bersih.

Oleskan compound pada bagian velg yang baret-baret tadi menggunakan jari. Pelek yang telah kering kemudian dipoles dengan bahan compound dilap maka baret tersebut dapat hilang. Namun, kalian perlu mengulanginya beberapa kali.

Jadi, setelah diolesi compound gosok bagian tersebut menggunakan kain kering sampai bersih. Ulangi cara ini sampai baret pada velg hilang. Ingat, oleskan compound pada bagian yang lecet saja. Karena compound memiliki sifat yang dapat mengikis cat.

Baca Juga: Tips & Trik: Cara Mengatasi Mobil Penyok Ringan

Baret Pada Pelek Motor dan Mobil: Batu Hijau atau Autosol

Cara menghilanggkan baret pada pelek motor dan motor yang kedua adalah dengan menggunakan batu hijau atau autosol. Ya, sama seperti compound, batau hijau atau autosol juga dapat menghilangkan baret pada pelek motor atau mobil. Bahkan, caranya tidak kalah mudah juga dengan menggunakan compound.

Baret Pada Pelek Motor dan Mobil
Baret Pada Pelek Motor dan Mobil (Sumber Gambar: Google)

Caranya adalah dibersihkan terlebih dahulu bagian pelek yang baret. Gunakanlah air bersih untuk membersihkannya. Selanjutnya keringkan menggunakan kain katun. Jika sudah dibersihkan, selanjutnya kalian cukup mengelapnya dengan autosol menggunakan kain katun.

Namun, jika baretnya cukup dalam. Sahabat bisa menggunakan amplas halus ukuran 2000. Untuk pengamplasannya jangan terlalu kuat, karena akan merusak cat velg. Kemudian poles dengan Autosol atau Batu hijau dan tambahkan pengkilap velg agar terlihat kinclong sepanjang hari. Dengan cara ini baret pada pelek kendaraan akan hilang.

Baret Pada Pelek Motor dan Mobil: Baking Soda

Cara menghilanggkan baret pada pelek motor dan motor yang selanjutnya adalah menggunakan baking soda. Ya, Selain bisa digunakan untuk makanan, baking soda juga bisa menghilangkan noda pada pelek baret sekaligus mengkilapkan pelek pada motor dan mobil. Menggunakan baking soda juga mempunyai cara yang mudah, loh.

Baret Pada Pelek Motor dan Mobil
Baret Pada Pelek Motor dan Mobil (Sumber Gambar: Google)

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan baret pada pelek adalah dengan menuangkan minuman air soda ke dalam wadah yang mudah dijangkau. Kemudian celupkan dan gosokan kain yang dicelupkan baking soda untuk dilap pada permukaan pelek. Jika sudah, kalian dapat mengelapnya menggunakan kain bersih dan kering.

Selain digunakan untuk menghilangkan baret pada pelek, baking soda juga dapat digunakan untuk pelek yang terlihat kusam. Jadi, ketika menggunakan abking soda tidak hanya baret yang hilang, namun kusam juga akan pudar. Bagimana, apakah kalian tertarik mecoba untuk menggunakan baking soda untuk menghilangkan baret pada pelek kendaraan kalian?

Baret Pada Pelek Motor dan Mobil: Oli

Cara menghilanggkan baret pada pelek motor dan motor yang terakhir adalah dengan menggunakan oli. Karena sifat oli sendiri yang dapat melekat dengan kuat, sehingga bisa mengangkat kotoran dan menghapus baret pelek mobil dengan mudah dan cepat. Bagaimana cara menggunakannya?

Baret Pada Pelek Motor dan Mobil
Baret Pada Pelek Motor dan Mobil (Sumber Gambar: Google)

Ya, caranya juga sangat sederhana. Cukup mudah, tuangkan oli ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Lalu oleskan oli ke bagian pelek yang mengalami baret. Dalam mengaplikasikannya kalian dapat menggunakan kuas atau yang semacamnya. Llau, tunggu sekitar 10-15 menit agar oli bekerja dengan sempurna. Setelah itu bersihkan permukaan pelek yang diolesi oli tadi dengan kain bersih dan kering.

Itulah cara menghilanggkan baret pada pelek motor dan motor yang dapat kalian praktikan sendiri dirumah. Bagaimana, cukup mudah bukan? Selain benda- benda tersebut mudah didapatkan, cara pengaplikasian bahan- bahan tersebut juga dangat mudah. Sehingga, kalian dapat melakukannya di waktu luang kalian. Selamat mempraktekannya dirumah!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Merk Mesin Steam Untuk Mencuci Motor & Mobil

Pelek motor dan mobil merupakan bagian dari kendaraan yang sangat penting. Hal ini karena motor dan mobil tidak akan dapat berjalan jika tidak memilki bagian ini. Selain itu, pelek juga memiliki peran untuk menjaga pertorma motor dan mobil. Pelek memberikan bentuk sempurna sehingga ban dalam dan luar dapat dipasang.

Pada Bagian tepi pelek adalah tempat untuk memasang ban, sedangkan pada bagian tengah pelek berfungsi sebagai poros roda yang disebut tromol. Sehingga, pelek juga memepunyai fungsi kemanan untuk suatu kendaraan. Jadi, jangan lupa untuk melakukan perawatan pada bagian pelek. Termasuk menghilangkan baret pada pelek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *