Kenapa Ban Tubeless Sering Kempes?

Ban Tubeless saat ini lumayan menjadi banyak pilihan banyak orang. Sebab banyak keuntungan dari penggunaan ban tubeless, salah satunya adalah lebih awet. Namun, bukan berarti menggunakan ban tubeless Anda akan terhindar dari masalah, ya.

Salah satu masalah yang dialami adalah ban tubeless sering kempes. Ya, beberapa kendara motor mengalami hal masalah hal ini dan apabila hal ini terjadi pada kendaraan Anda, maka sudah dipastikan jika ada masalah pada ban tubeless yang digunakan.

Jangan buru- buru untuk melakukan penggantian pada ban, sebab ban tubeless sering kempes dapat disebabkan oleh hal lain. Jadi, ada beberapa penyebab yang dapat Anda ketahui sebagai alasan mengapa ban tubeless kendaraan Anda sering mengalami kempes.

Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

Penggunaan ban tubeless menjadi salah satu solusi yang banyak dipilih oleh para pengendara motor. Padahal kenyataannya, jenis ban ini tak dapat diaplikasikan pada semua jenis atau tipe kendaraan.

Melainkan hanya motor tertentu sajalah yang disarankan untuk menggunakan model ban motor yang satu ini. Sehingga penggunaan model ban tubeless ini akan sangat cocok digunakan untuk kebutuhan mereka.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Tua Yang Cocok Untuk Anak Muda!

Selain itu meskipun terkenal awet, namun tetap saja akan ada masalah yang dihadapi. Misalnya yaitu ban tubeless sering kempes. Artikel kali ini akan membahas menegnai hal- hal yang sering menjadi penyabab ban tubeless sering kempes. Jadi, bagi Anda yang menggunakan ban Tubeless untuk kendaraan, simak sampai selesai ya.

Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes
Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes (Sumber Gambar: Google)

Tekanan Angin Memang Sudah Berkurang

Penyebab ban tubeless sering kempes yang mungkin terjadi disebabkan oleh tekanan angin yang memang sudah berkurang. Dimana hal ini terjadi karena tekanan udara di dalam ban mengalami penyusutan atau memuai akibat perubahan suhu.

Seperti misalnya ketika suhu panas, udara memuai. Sebaliknya, ketika suhu dingin maka udara menyusut. Kasus seperti ini biasa terjadi pada ban menggunakan udara bertekanan sebagai komponen utama.

Selain itu hal ini dapat terjadi ketika Mobil yang sudah lama tidak digunakan juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Akhirnya inilah yang membuat ban tubeless menjadi sering kempes.

Kondisi Pentil Ban Motor

Kondisi pentil ban motor yang mengalami kerusakan ataupun kendor juga menjadi salah satu penyebab ban tubeless sering kempes. Jadi, ketika ban tubeless Anda sering kempes tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi pentil ban siapa tahu ada kerusakan maupun kendor.

Jadi, pentil ban motor yang terbuat dari karet dapat mengeras dan getas seiring berjalannya waktu. Kondisi ini bisa membuat udara dalam ban akan keluar secara perlahan dan juga lebih parahnya dapat menimbulkan keretakan di sekelilingnya.

Permasalahan yang dimulai dari pentil ban juga bisa disebabkan karena tidak terpasang dengan baik. Padahal tutup pentil berfungsi untuk melindungi katun ban agar tidak terkena kotoran debu.

Kondisi ini juga dapat membuat udara yang ada di dalam ban perlahan keluar ketika motor sedang digunakan berkendara. Selain itu, jika tidak tertutup dengan baik, akhirnya kotoran tersebut dapat masuk dan merusaknya.

Untuk itu jika Anda baru saja mengisi udara pada ban kendaraan, pastikan untuk selalu mengecek apakah pemasangan pentilnya sudah cukup rapat? Caranya bisa dengan mengoleskan air pada ujung pentil ban motor. Jika terdapat gelembung udara yang keluar artinya pemasangan pentil ban kurang rapat, pun begitu sebaliknya.

Selain itu, usia pentil ban motor juga dapat mempengaruhi daya kekuatannya dalam menahan atau menutup udara. Sehingga jika memang dirasa sudah terlalu lama menggunakannya, Anda bisa segera melakukan penggantian pada komponen tersebut.

Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes
Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes (Sumber Gambar: Google)

Ban Sudah Botak

Penyebab ban tubeless sering kempes yang selanjutnya adalah ban telah mengalami kebotakan. Jadi, untuk ban yang sudah mengalami kebotakan atau permukannya telah halus, hal ini memang sangat berbahaya.

Untuk itu apabila ban moor Anda telah mengalaminya sebaiknya harus cepat diganti. Selain rawan kempes bahkan bocor, ban yang sudah botak sangat berbahaya karena menjadi licin. Bahkan ketika kena panas, rentan meletus.

Ban Tertusuk Benda Tajam & Tetap Menempel

Penyebab ban tubeless sering kempes adalah ban yang tertusuk benda tajam dan beda tersebut tetap menempel. Loh, bukannya ban tubeless tidak akan kempes jika tertusuk benda tajam? Ya, jadi seperti yang sudah dijelaskan, ban tubeless yang tertusuk benda tajam memang dapat kempes.

Namun jika Anda tidak sadar benda tajam tersebut ternyata tetap menempel, maka masalah ban kempes pasti terjadi terus menerus. Walau kondisi ini dianggap bocor halus karena benda tajam tersebut masih dapat menahan kebocoran udara dalam jumlah besar, tapi bukan berarti malah didiamkan saja.

Sebaiknya segera lepaskan benda tajam itu di tambal ban agar lubang kebocoran dapat diperbaiki. Hal ini biasanya disebabkan ketika motor berjalan di area bebatuan atau berkerikil yang cukup tajam. Sehingga membuat lubang kecil pada ban tersebut bahkan mungkin tidak terlihat secara gamblang.

Bocor halus ini biasanya akan terasa setelah 1-2 hari penggunaan sepeda motornya. Di mana Anda perlahan akan merasa ban motor Anda kempes setelah digunakan untuk berkendara. Benda tajam yang dimaksud bukan hanya paku namun dapat juga diakibatkan oleh batuan atau kerikil yang tajam.

Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes
Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes (Sumber Gambar: Google)

Debu dan pasir yang menempel pada ban tubeless pun juga dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ban tersebut kempes. Butiran pasir atau debu ini biasanya akan mengisi ruang antara ban dan velg yang mana jika tidak segera dibersihkan hal tersebut dapat menimbulkan celah yang membuat udara dalam ban perlahan keluar.

Akibatnya, ban motor Anda bisa kempes meski tanpa sadar. Solusinya adalah dengan melakukan pembersihan pada komponen ban secara berkala. Ini dilakukan dengan mencopot ban dari velg-nya terlebih dahulu dan menyingkirkan pasir maupun debu yang menempel di sekitarnya.

Baca Juga: Pintu Mobil Terkunci Dari Dalam: Bagimana Cara Membukannya?

Masalah Pada Velg

Penyebab ban tubeless sering kempes yang selanjutnya adalah masalah pada vleg. Yaitu vleg mengalami bengkok. Hal terjadi dikarenakan pelek yang bengkok akan memberikan celah antara pelek dan ban. Kemudian, celah tipis tersebut bisa menyebabkan angin keluar secara perlahan, sehingga ban mudah kempes.

Itulah 5 penyebab ban tubeless sering kempes yang sering terjadi. Jadi, ketika ban Anda sering kempes jangan langsung ganti bannnya, lakukanlah pengecekan terlebih dahulu. Siapa tahu masih dapat diatasi tanpa harus mengganti ban motor Anda.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *