Memiliki fungsi yang banyak dalam menciptakan kenyamanan dalam mobil, ternyata ada banyak juga jenis bahan karpet mobil loh yang tersedia dipasara. Belum lagi, setiap jenis bahan karpet mobil memiliki keunggulannya masing- masing.

Meskipun bukan komponen vital, keberadaan karpet mobil sangat penting dan bermanfaat besar. Karpet melindungi lantai dari berbagai kotoran dan debu. Karpet juga sangat efektif meredam kebisingan dari suara mesin maupun deru mobil yang tengah berjalan. Tak kalah penting karpet mobil membuat penampilan kabin semakin cantik dan bikin nyaman. Bahkan, karpet mobil membuat mobil tampak mewah.

Sehingga, Anda harus tahu betul jenis mana yang cocok untuk ruang mobil Anda. Mengingat, karpet mobil telah banyak dijual di pasaran dengan berbagai bentuk dan jenis yang ditawarkan, berdasarkan bahan baku pembuatannya. Jenis karpet mobil dengan penggunaan bahan yang lebih nyaman juga memberi kesan premium yang lebih baik.

Jadi jangan kaget apabila karpet mobil yang ditawarkan memiliki harga cukup tinggi, sementara jenis bahan lainnya bisa dibanderol terjangkau. Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Jenis Bahan Karpet Mobil: Karet

Ya, jenis bahan ini adalah yang paling sering digunakan atau dipilih untuk membuat karpet mobil. Secara fungsi karpet berbahan karet asli ini sama dengan yang lain. Yaitu melindungi dari kotoran dan menyerap bau-bau yang mengganggu. Keunggulannya karpet karet mudah dibersihkan dan lebih awet dibanding karpet sintetis.

Sehingga, bahan karep yang satu ini tergolong awet. Namun, di balik kelebihannya itu, karpet mobil yang terbuat dari karet memiliki kekurangan, yakni harganya yang tergolong mahal. Meski begitu, hal tersebut sebanding dengan kualitas yang ditawarkannya.

Baca Juga: Membersihkan Grill Mobil: Berikut Tahapan Yang Benar

Bahan pertama yang sering digunakan untuk membuat karpet mobil yaitu bahan karet asli. Karpet dari bahan karet ini tentu mudah dibersihkan. Kelebihan lainnya terletak di keawetannya. Karena dari karet asli, maka karpet akan tahan lama. Untuk harganya, karpet karet ali biasanya tergolong sangat mahal.

Namun, hal tersebut wajar karena memang kualitasnya yang bagus dan tak tertandingi. Selain itu jenis ini memiliki bentuk yang disediakan pun banyak, Anda bisa memilih yang Anda suka. Selain karet asli, juga ada karet sintetis. Apa bedanya dengan karet asli? Keunggulan dari bahan karet sintetis adalah mampu menyerap bau.

Karena jenis ini sendiri hanya akan bau diawal pemeblian. Setelah digunakan beberapa kali dan dicuci, karpet dari karet sintetis ini tidak akan bau. Beberapa karpet bahkan akan menyerap bau kaki yang menggunakannya dan menyebarkannya. Nah hal tersebut tidak berlaku untuk karet sintetis. Jika penumpang Anda memiliki bau kaki dan meletakkan kakinya di karpet karet sintetis, maka baunya tidak akan tersebar ke seluruh bagian mobil.

Jenis Bahan Karpet Mobil
Jenis Bahan Karpet Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis Bahan Karpet Mobil: Sintetis

Jenis bahan karpet mobil yang selanjutnya adalah sintetis. Karpet berbahan sintetis paling mudah ditemukan di pasaran dan peminatnya sangat tinggi. Hal ini karena harga karpet sintetis cukup murah namun sangat awet dan mudah dibersihkan.

Selain itu karpet sintetis efektif menyerap bau kaki dengan baik dan menghindarkan kabin dari bau yang mengganggu. Selain itu, karpet mobil yang dibuat dari bahan karet sintetis juga hadir di pasaran dalam bentuk yang beragam.

Jenis Bahan Karpet Mobil
Jenis Bahan Karpet Mobil (Sumber Gambar: Google)

Jenis Bahan Karpet Mobil: PVC

Jenis bahan karpet mobil ini juga biasa disebut dengan karpet mie. Hal ini karena karena permukaannya yang keriting menyerupai mie. Belakangan ini, karpet mobil mie cukup diminati para pemilik kendaraan di Indonesia. Sebab, karpet mie memiliki beberapa keunggulan yang ditawarkan, dibandingkan dengan jenis lainnya.

Pertama, lantaran bentuknya yang terlihat seperti gumpalan mie, karpet mobil yang dibuat dari bahan dasar PVC ini mampu memberikan banyak daya cengkram yang baik untuk kaki. Selain itu, jenis bahan karpet mobil ini memiliki tekstur fleksibel, karpet mie mudah untuk dipasang sekaligus nyaman di kaki penumpangnya.

Selain itu, bahan PVC dipercaya higienis sehingga membuat kabin mobil terhindar dari bau tidak sedap. Menariknya lagi, beberapa varian karpet mie memiliki teknologi antibakteri sehingga jamur tidak mudah tumbuh.

Selain itu dengan teksturnya tersebut karpet PVC mampu mencegah debu dan kotoran berterbangan setelah jatuh. Keunggulan lainnya karpet PVC memberikan penampilan elegan di dalam kabin dan cukup mudah dibersihkan saat kotor.

Lantas, bagaimana dengan perawatannya? Gampang banget. Jika karpet ketumpahan cairan, kita hanya perlu mengibaskannya atau menjemurnya sebentar. Sementara jika ada kotoran yang membandel, kamu hanya perlu menyikatnya dengan sabun, lalu bilas dan jemur. Apabila hanya terkena debu cukup dikibaskan atau disemprot dengan air bertekanan tanpa harus disikat.

Jenis Bahan Karpet Mobil: Beludru

Jenis bahan karpet mobil yang terakhir adalah beludru. Apabila Anda menginginkan tampilan dan kenyamanan kabin khas mobil premium, mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk membeli karpet mobil beluduru.

Yap, tekstur bulu-bulu yang lembut akan memberikan tampilan dan kesan nyaman yang akan kamu dapat seperti mobil premium. Untuk penampilan lebih mewah, karpet mobil berbahan beludru pilihannya. Karpet ini lebih umum terpasang pada mobil-mobil premium atau mobil yang mengutamakan keindahan.

Jenis Bahan Karpet Mobil
Jenis Bahan Karpet Mobil (Sumber Gambar: Google)

Meski begitu, bukan berarti karpet mobil beluduru tidak memiliki kekurangan, yakni masalah kebersihan. Karpet mobil beludru bisa dibilang memiliki tingkat perawatan yang cukup ribet. Jika terkena kotoran, kamu harus mengetahui bagaimana cara membersihkannya.

Pertama, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu atau tanah yang menempel pada karpet. Kedua, jika kotoran terlalu banyak, kamu harus membersihkannya dengan cara dicuci seperti karpet di rumah.

Baca Juga: Aksesoris Mobil: Tips Membersihkan Karpet Mobil

Tidak berhenti sampai di situ. Selain masalah perawatan, satu lagi kekurangan dari karpet mobil berbahan beludru adalah harganya yang tergolong mahal, yakni mulai dari Rp2 jutaan.

Itulah jenis bahan karpet mobil yang dapat menjadi pilihan Anda. Pastikan bahwa bahan, ukuran, serta warna sesuai dengan ruang mobil Anda. Jangan ragu untuk memintas ran kepada yang ahli sebelum memutuskan membeli. Sehingga, Anda tidak akan kecewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *