Cek 7 Bagian Penting Mobil yang Harus di Periksa Sebelum Mudik!

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai tradisi mudik. Biasanya mudik dilakukan saat libur panjang tiba. Trnasportasi yang digunakan juga sangat banyak. Tidak hanya kendaraan umum, namun juga banyak pula yang menggunakan kendaraan pribadi.

Ya, untuk kendaraan pribadi salah satu kendaraan yang digunakan adalah mobil. Boleh saja mudik menggunakan mobil, namun jangan lupa untuk cek bagian penting mobil. Ya, ada beberapa bagian penting mobil yang hasrus diperiksa sebelum mudik.

Sehingga, mudik tidak hanya sampai ke tempat tujuan dengan aman, namun selama perjalanan juga terasa nyaman. Jangan sampai karena terlalu senang mudik sampai- sampai hanya oleh- oleh yang disiapkan namun juga siapkan juga mobil Anda.

Pastikan jika mobil Anda memiliki performa yang prima untuk menempuh perjalanan yang jauh. Jangan sampai mengganggu kenyamanan Anda saat mudik. Seperti terjadinya mogok atau pecah ban misalnya saat perjalanan.

Bagian Penting Mobil yang Harus di Periksa Sebelum Mudik

Memang semua komponen mobil itu penting dan mempunayi peran yang saling berhubungan. Namun, ada beberapa komponen yang perlu dipastikan kondisinya ketika Anda akan melakukan perjalanan jauh seperti mudik.

Berikut akan kami bahas mengenai bagian penting mobil yang harus di periksa sebelum mudik. Selamat membaca, guys!

Cek Keseluruhan Mesin

Bagian penting mobil yang harus diperiksa sebelum Anda pergi mudik adalah dengan memastikan bagian mesin mobil dalam kedaan baik. Cek bagian mesin secara keseluruhan dan pastikan tidak ada masalah yang terjadi.

Jangan lupa lakukan cek ke bengkel resmi untuk memastikan mesin mobil siap untuk diajak menempuh perjalanan jauh. Pastikan bagian seperti karburator, penyetelan klep, busi, serta oli dalam keadaan prima.

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan pada bagian saluran bahan bakar. Ya, periksa seperti bagian ring piston, dimana bagian ini biasanya mengalami aus, apalagi jika tidak pernah diganti. Busi juga pastikan bisa diajak untuk perjalanan jauh.

Baca Juga: 4 Daftar Mobil Toyota Terbaru, Cocok Untuk Tahun 2022

Air Radiator

Air radiator juga merupakan bagian mobil yang harus diperiksa sebelum melakukan mudik. Lihat kondisi air radiator, apabila perlu lakukan pengurasan dan menggantinya dengan yang baru.

Bagian Penting Mobil yang Harus di Periksa Sebelum Mudik
Bagian Penting Mobil yang Harus di Periksa Sebelum Mudik (Sumber Gambar: Google)

Selain itu, Anda dapat menambahkan cairan pendingin radiator agar performanya lebih maksimal. Pastikan juga selang yang terhubung dengan radiator dengan baik. Periksa juga apakah terjadi retak atau tidak. Jika melihat- tanda- tanda retak, maka segera ganti. Cek juga bagian reservoir, pastikan sudah ada di level yang disarankan.

Rem dan Kaki- Kaki Mobil

Bagian penting mobil yang perlu di cek sembelum melakukan mudik yang selanjutnya adalah rem dan kaki- kaki mobil. Komponen ini sangat vital fungsinya, karena berhubungan dengan keselamatan penumpang.

Periksa level minyak rem, pastikan ada di posisi ideal. Bila level oli kurang, boleh curiga bila ada kebocoran. Untuk komponen ini sebaiknya diserahkan ke bengkel, untuk memastikan bekerja dengan baik. Selain itu periksa juga bagian kaki mobil.

Ban Mobil

Bagian penting mobil yang perlu di cek selanjutnya sebelum mudik adalah bagian ban. Ya, tidak hanya memastikan jika nagin ban cukup, namun pastikan juga ban layak untuk digunakan dalam menempuh perjalanan jauh.

Jadi, pertama pastikan jika tekanan angin di ban dalam keadaan ideal seperti yang disarankan pabrikan mobil.

Selanjutnya adalah memeriksa fisik ban. Apabila sudah menyentuh TWI (Tread Wear Indicator) sebaiknya diganti demi keamanan. Sebab kondisi ban seperti ini sangat berbahaya. Apalagi jika berkendaraan dalam keadaan hujan.

Bagian Penting Mobil yang Harus di Periksa Sebelum Mudik
Bagian Penting Mobil yang Harus di Periksa Sebelum Mudik (Sumber Gambar: Google)

Pastikan tidak ada retakan dalam permukaan ban. Apabila ada retakan atau sudah rata permukaannya maka segera ganti. Sebab, kondisi ban seperti ini akan sangat bahaya jika tetap dipaksakan untuk perjalanan jauh.

Ya, dimana kondisi seperti ini sangat berpotensi membuat ban pecah. Jadi, segera ganti ketika sudah tau jika ban sudah tidak layak untuk perjalanan mudik.

Lampu Mobil

Bagian penting mobil yang harus di cek sebelum mudik yang selanjutnya adalah lampu. Jadi, sek semua bagian lampu mobil. Mulai dari lampu utama, lampu belakang, lampu sign dan lainnya. Sangat penting untuk perjalanan pada malam hari.

Sebab, lampu mempunyai bagian penting di perjalanan. Sebelum mudik maka periksa semua siistem kelistrikan. Selain itu, periksa juga perangkat sinyal. Seperti klakson. Klakson sangat penting sebagai isyarat suara sangat dibutuhkan saat Anda melintasi jalan yang sepi atau berkelok.

Wiper

Wiper menjadi bagian penting mobil yang harus di cek ketika akan perjalanan jauh. Terutama jika Anda akan pergi dengan jarak jauh. Sebab, pandangan sopir menjadi terhalang akibat air hujan. Pastikan berfungsi dengan baik saat menyeka air hujan.

Cek juga reservoir wiper, pastikan terisi dengan baik agar bisa berfungsi saat dibutuhkan. Pastikan jika karet wiper sudah jelek, jangan ragu untuk menggantinya. Jangan, sampai wiper berfungsi namun tidak maksimal, karena hal ini akan mengganggu.

Bagian Penting Mobil yang Harus di Periksa Sebelum Mudik
Bagian Penting Mobil yang Harus di Periksa Sebelum Mudik (Sumber Gambar: Google)

Kelengkapan Mobil

Bagian penting mobil yang harus di cek sebelum mudik adalah kelengkapan mobil. Apabila semua komponen mobil sudah dipastikan baik- baik saja, performanya sudah Pastikan perlengkapan seperti kunci- kunci dan alat- alat untuk mengganti ban tersedia dalam satu box dan masuk ke bagasi mobil.

Selain itu, tidak hanya perlengkapan alat- alat untuk mobil, namun juga pastikan kelengkapan dokumen kendaraan Anda. Ya, pastikan jika SIM dan STNK Anda masih memiliki masa berlaku. Jangan sampai Anda membawa dokumen mobil Anda, namun sudah mati tanggalnya.

Baca Juga: 4 Tips Berkendara Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Ya, 7 bagian penting mobil diatas harus Anda pastikan kondisinya sebelum pergi mudik. Jangan sampai slaah satu bagian penting mobil di atas tidak berfungsi secara maksimal. Apabila menemukan komponen yang mengalami kerusakan, segera perbaiki.

Mungkin jika Anda rajin melakukan servis rutin, itu akan membantu Anda dimana tidak perlu banyak hal dari mobil yang harus di cek atau perbaiki. Hati- hati saat mudik atau melakukan perjalanan jauh, sehingga Anda dapat sampai ke tempat tujuan Anda dengan selamat.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.