Yuk Simak Bagian Mobil Yang Sering Dimodifikasi!

Memodifikasi mobil dilakukan tidak hanya untuk membuat mobil semakin keren, namun ada juga modifkasi dilakukan untuk menigkatkan performa mobil. Untuk itu, meskipun memodifikasi merupakan hal yang lumrah dilakukan, namun tetap tidak dpaat dilakukan sembarangan.

Dimana, kita harus tetap berhato- hati sebelum melakukannya. Diskusikan terlebih dahulu dengan ahlinya. Sehingga tidak akan menimbulkan risiko yang berhubungan dnegan kemanan dan keselamtan saat berkendara.

Nah, bagi Anda yang pertma kali akan memodifikasi mobil ada bagian mobil yang sering dimodifikasi. Maksudnya, saat ada kesemoatan untuk emmodifikasi mobil, bagian- bagian mobil ini yang akan dimodifikasi terlebih dahulu.

Bagian Mobil Yang Sering Dimodifikasi

Jika Anda baru pertama kali melakukan modifikasi, maka ada beberapa bagian yang biasanya dimodifikasi pertama kali. Sehingga, bagian ini dapat dijadikan patokan apabila Anda ingin melakukan modifikasi.

Biasanya, modifikasi bagian-bagian mobil dilakukan supaya tampilan mobil tampak lebih keren. Apalagi bagi yang memang sudah hobi, meskipun harus merogoh kocek yang cukup besar, modifikasi bagian mobil dianggap sesuatu yang biasa bahkan harus dilakukan.

Baca Juga: Memodifikasi Mobil Dapat Melanggar Peraturan: Loh Apa yang Salah?

Artikel kali ini akan membahas mengenai bagian mobil yang sering dimodifikasi. Apa saja bagian mobil yang sering dimodifikasi? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Ban Mobil

Bagian mobil yang sering dimodifikasi salah satunya adalah ban mobil. Mengingat ban memiliki fungsi yang penting, pants saja jika bagian ini dimodifikasi. Tidak hanya agar semakin keren namun juga agar semakin aman ketika digunalan.

Ban adalah empat buah benda yang jadi elemen terpenting dalam sebuah mobil. Ban mobil juga sangat berperan penting untuk pengereman. Bagian inilah yang menyentuh aspal dan membuat mobil bisa berjalan atau berhenti.

Bagian Mobil Yang Sering Dimodifikasi
Bagian Mobil Yang Sering Dimodifikasi (Sumber Gambar: Google)

Karena itu, selalu jadikan ban sebagai yang pertama kali masuk dalam daftar modifikasi mobil. Ban yang bagus bisa membuat mobil kamu berjalan dengan baik. Biarpun mesin kamu sudah kencang dan semua pembakaran bagus, mobil dengan ban botak atau kempis pasti akan berbahaya untuk dikendarai.

Namun, untuk memodifikasi ban maka pastikan jika Anda telah melakukan diskusi dengan ahlinya. Sebab, Anda tidak dapat memodifikasi bagian ini. Sebab, ukuran banyak sangat banyak. Pastikan ukuran ban sesuai dnegan velg ban.

Amannya tetap gunakan ban yang sesuai dengan ukuran yang dari pabrik.

Mesin Mobil

Bagian mobil yang sering dimodifikasi selanjutnya adalah mesin mobil. Ya, mesin juga menjadi bagian yang sering dimodifikasi, hal ini agar mobil semakin keren performanya. Modifikasi mobil dapat dilakukan pada bagian silinder yang digunakan.

Selain itu, biasanya juga sistem dengan induksi atau tanpa induksi tambahan. Hal penting yang harus diperhatikan saat ingin memodifikasi mobil adalah memastikan kondisi mobil dalam keadaan yang bagus

Sebaiknya, sebelum melakukan modifikasi pada bagian mesin mobil, terlebih dahulu kamu melakukan general tune-up, seperti pengaturan celah klep, mengganti filter oli dan bensin, mengganti busi, mengganti oli lama dengan yang bagus, dan melakukan cleaning injector.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa semakin ekstrim modifikasi mesin mobil, tentu akan berpengaruh terhadap kebutuhan bahan bakar yang semakin meningkat. Selain itu, pastikan jika Anda melakukan diskusi juga dengan ahlinya.

Jangan sampai mengganti kapasitas mesin malah dapat merusak komponen lainnya. Mengingat mesin mobil snagat berpengaruh terhadap komponen lainnya pada mobil.

Sarung Jok

Bagian mobil yang sering dimodifikasi selanjutnya adalah sarung jok mobil. Ya, modifikasi ini tidka hanya berhubungan dnegan interior, namun bagian jok dimodifikasi agar lebih nyaman. Terutama jika harus lama duduk di dalam mobil.

Biasanya modifikasi dilakuakn dengan menyesuaikan tema mobil kalian. Ya, Melakukan kustomisasi pada kursi atau jok akan bisa secara langsung mengubah penampilan dalam kabin atau interior mobil anda secara instan.

Bagian Mobil Yang Sering Dimodifikasi
Bagian Mobil Yang Sering Dimodifikasi (Sumber Gambar: Google)

Meskipun warna merupakan soal selera, namun tetap perhatikan kesesuaian warna keseluruhan. Saat ini terdapat banyak opsi bervariasi dari sarung jok yang bisa anda pakai untuk modifikasi.

Kemudian tinggal menyesuaikannya terhadap warna dan tema mobil yang akan anda modifikasi. Selain itu, pilihlah bahan jok yang tidak panas. Sebab Anda akan menggunakannya untuk duduk dalam waktu lama. Pastikan bahan jok yang Anda pilih memberikan kenyamanan dan pastinya Anda tahu bagimana cara merawat dan membersihkannya.

Velg Mobil

Velg mobil menjadi bagian mobil yang sering dimodifikasi selanjutnya. Tidak heran jika bagian ini menjadi bagian yang favorit untuk dimodifikasi. Sebab, sebagian orang berpendapat jika ingin memiliki tampilan mobil yang benar-benar berbeda, bagian pertama yang harus dimodifikasi adalah velg mobil.

Jadi, apabila ini modifikasi pertama Anda dan ingin terlihat perbedaannya dapat memilih bagian velg. Namun, sama dengan ban dan mesin, Anda tidak dapat sembarangan memodifkasi bagian ini.

Ada hal-hal yang harus diperhatikan supaya tidak menimbulkan kerugian yang justru akan menghamburkan banyak uang. Yaitu perhatikan jarak antara lubang baut pada velg. Selanjutnya perhatikan ukuran diameter velg. Jangan lupa juga untuk perhatikan bahan yang digunakan. Keempat, perhatikan offset velg yang akan dibeli.

Pedal

Bagian mobil yang sering dimodifikasi selanjutnya adalah pedal mobil. Pada bagian ini Anda dapat mengganti aksesoris pedal yang simpel namun menyenangkan atau menggantinya dengan tema modifikasi interior mobil favorit lainnya.

Misalnya, Anda dapat mengganti pedal bawaan pabrik dengan pedal bertema sport yang tampilannya seperti mobil balap. Kemudian anda juga bisa menggantinya dengan aksesoris pedal yang lebih mewah agar pedal anda terlihat lebih mentereng.

Warna Mobil

Bagian mobil yang sering dimodifikasi yang terakhir adalah warna mobil. Mengubah warna mobil juga merupakan hal yang sering dilakukan. Ada yang bosan dengan warna mobil sebelumnya, ada juga yang mengubah warna karena warna mobil sebelumnya sudah kusam atau rusak.

Yuk Simak Bagian Mobil Yang Sering Dimodifikasi! 1
Bagian Mobil Yang Sering Dimodifikasi (Sumber Gambar: Google)

Lakukanlah modifikasi yang Anda rasa cukup membuat Anda puas dan menarik untuk dilihat. Pemilihan semua aksesoris ini lebih baik didahului oleh riset. Karena dengan adanya riset maka Anda memperkecil kesalahan yang mungkin muncul saat mulai melakukan modifikasi.

Nah, jika seperti ini Jangan pernah menempelkan sticker yang warnanya terlalu berlawanan dengan warna mobil Anda dan sebaliknya. Selain itu, Anda dapat memnyesuaikan warna interior mobil sperti jok mobil dan lain- lainnya, sesuai dengan warna mobil.

Baca Juga: Memodifikasi Mobil: Tips untuk Pemula

Sehingga, modifkasi mobil akan menggambarkan karater Anda dan pastinya sesuai dnegan yang Anda inginkan.

Itulah bagian mobil yang sering dimofikasi, apalagi jika merupakan modifikasi pertama. Namun, jika ini merupakan odifikasi pertama ada baiknya jika mengutamakan modifikasi interior sebelum eksterior.

Selain itu, diskusikan dengan ahlinya untuk bagian mana yang lebih baik dimodifikasi. Utamakan keamanan dan keselamatan ya ketika akan memodifikasi mobil.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *