Mobil merupakan salah satu sarana transportasi yang banyak dimiliki dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang memiliki transportasi jenis ini, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan agar umur pakainya panjang. Perawatan yang dilakukan sebaiknya tidak hanya berfokus pada mesin, namun juga pada interior mobil itu sendiri.

Salah satu bagian interior mobil yang perlu dirawat adalah bagian atapnya. Perawatan atap mobil perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran. Atap mobil bocor dampak buruknya akan sangat terasa ketika musim hujan datang. Ya, perlu diketahui bahwa atap mobil berpotensi untuk bocor. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab atap mobil bocor dan solusinya.

Berbagai Penyebab Atap Mobil Bocor

Jadi ketika datang musim hujan, bukan hanya bagian kaki-kaki yang terkena air, tetapi juga atap mobil. Maka pastikan atap mobil Anda tidak dalam keadaan bocor. Sebab, akan menimbulkan ketidaknyamana. Penyebabnya pun beragam, dari yang cukup ringan, hingga akibat keropos karena terserang karat.

Jika hal ini dibiarkan juga dapat menjadi semakin rusak. Apa penyebab atap mengalami kebocoran? Berikut ini merupakan beberapa bagian yang menjadi penyebab atap mobil mengalami kebocoran.

Bagian Karet Kaca Mobil

Salah satu penyebab atap mobil bocor sehingga air masuk kedalam adalah karet kaca mobil. Dimana karet pada kaca mobil mulai merenggang. Jadi, jika hujan turun dan membahasahi kabin cobalah cek bagian karet kaca mobil Anda. Perisalah semua kaca mobil baik itu kaca depan, kaca jendela, atau kaca belakang.

Apabila karet mobil renggang maka Anda bisa merekatkannya. Gunakanlah sealant untuk merekatkan kembali karet mobil. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan terlebih dahulu karet mobil tersebut sebelum direkatkan kembali. Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang masih tertinggal dan menempel. Disarankan menggunakan sealant yang bening supaya estetika mobil tidak berkurang.

Baca Juga: Penyebab Mobil Terbakar Saat Dikemudikan: 5 Hal Yang Dapat Memicu

Bagian Karet Moulding

Penyebab atap mobil bocor selanjutnya adalah karet moulding. Dimana biasanya karet moulding pada mobil berlubang. Karet moulding yang berlubang ini akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada kabin mobil Anda.

Sebab, karet moulding yang memiliki lubang dapat mmebuat air merembes ke bagian interior dan terjebak di dalamnya serta tidak kering secara sempurna.. Diman air rembesan berasal dari dari pilar C dan A bagian atas.

Atap Mobil Bocor
Atap Mobil Bocor (Sumber Gambar: Google)

Maka ketika air mulai masuk ke dalam kabin, Anda dapat melaukan cek pada bagian karet yang menutupi alur air di bagian atap mobil. Caranya dengan membukanya. Perhatikan apakah ada bagian yang renggang atau robek.

Meskipun kecil, namun air hujan bisa masuk dari celah kecil tersebut. Untuk mengatasinya bisa kembali gunakan sealant. Dalam prosesnya bisa melakukan pengecekan dan membuka karet yang menutupi jalur air pada bagian atap kendaraan. Sobat bisa melihat apakah ada yang robek atau hanya renggang saja.

Atap Mobil Mengalami Keropos

Atap mobil yang mulai mengalami keropos juga merupakan penyebab atap mobil bocor. Atap yang keropos akan menyebabkan rembesan masuk. Atap mobil yang keropos diakibatkan oleh karat. Jika pada kedua penyebab yang telah disebutkan tadi kita masih dapat mengatasinya sendiri, untuk urusan atap yang mulai keropos kita tidak bisa memperbaikinya sendiri. Sehingga, Anda perlu membawanya ke bengkel body repair yang terpercaya untuk memperbaikinnya.

Pada umumnya untuk atap yang karatan dan berakibat atap mobil mengalami kebocoran akan dilakukan sekala kerusakan. Apabila pada bagian atap mobil yang keropos dengan skala kerusakan kecil maka akan lebih mudah untuk diatasi. Namun, akan lebih baik jika Anda tetap membawa ke bengkel ahli memperbaiki atap mobil keropos. Biasanya pihak bengkel untuk skala kecil ini, cukup dengan proses pengamplasan sampai dengan cukup halus.

Jika atap mobil keropos sudah terlalu banyak dalam sakal besar. Biasanya pihak bengkel akan melakukan proses pengecetan ulang. Waspada, jika atap mobil keropos sudah sangat parah dan membentuk sebuah lubang.

Biasanya pihak bengkel akan melakukan proses penutupan lubang memakai plat mobil. Lalu dengan proses pengelasan, diratakan dengan dempul, diamplas sampai halus, kemudia tahap terkahir di cat ulang.

Biasanya untuk biaya umumnya akan dihitung sama seperti perbaikan atap satu panel atap bodi, jadi persiapkan anggaran lebih untuk memperbaiki masalah yang satu ini.

Lubang Kecil Pada Plafon

Penyebab selanjutnya yang sering menjadi penyebab atap mobil bocor adalah adanya lubang kecil pada plafon. Jadi, jika Anda menyadari adanya rembesan air, jangan lupa untuk memeriksa apakah ada lubang kecil pada plafon mobil atau tidak. Biasanya lubang kecil ini muncul di beberapa tempat. Jadi pastikan saat Anda memriksanya tidak ada yang terlewatkan.

Setelah menemukan kerusakan tersebut, kini silahkan perbaiki dengan menggunakan sealant silicon rubber tersebut. Bersihkan terlebih dahulu bagian yang akan anda perbaiki, kemudian oleskan sealant silicone rubber tersebut secara merata pada bagian yang membutuhkan. Tunggu olesan tersebut hingga kering baru anda menutip plafon Terios dan Rush anda kembali sehingga hasilnya akan lebih maksimal.

Tips dalam merawat plafon mobil adalah dengan rajin menjaga kebersihannya. Plafon mobil sangat penting karena bisa mempengaruhi kenyamanan berkendara. Permasalahan yang sering terjadi pada plafon selain berlubang adalah berjamur dan juga kotor sehingga kabin menjadi berbau.

Untuk membersihkan plafon yang berjamur dan juga kotor bisa dengan cairan pembersih kemudian sikat menggunakan bulu halus atau bisa juga dengan langsung menggosoknya dengan menggunakan lap yang bersih dan lembut. Keringkan sesegera mungkin sampai tidak ada cairan yang tersisa pada plafon tersebut.

Baca Juga: Asuransi Mobil: Apakah Penting?

Itulah beberapa penyebab yang biasanya mengakibatkan atap mobil bocor dan air merembes masuk ke dalam kabin mobil. Jadi, ketika musim hujan datang tidak hanya bagian kaki-kaki yang terkena air, tetapi juga atap mobil.

Ada kalanya, beberapa pemilik mobil menemukan air yang menetes dari bagian atap hingga masuk ke kabin mobil. Dimana tap yang bocor akan menimbulkan bau tidak sedap pada kabin mobil. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara.

Jadi, jangan abaikan perawatn untuk atap mobil Anda. Agar Anda tidak kerepotan saat musim hujan datang karena menyadari ada ada kebocoran di atap mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *