Asuransi Mobil – Ketika berkendara dengan mobil di jalanan banyak hal yang mungkin terjadi. Tentu saja kita menginngikan hal baik. Namun, terkadang hal buruk juga tidak dapat dihindari. Misalnya mobil mengalami mogok atau hal yang paling tidak kita inginkan adalah mobil mengalami kecelakaan.

Kecelakaan mobil tentu sangat merugikan terutama untuk pemilik mobil maupun pengemudi mobil. Selain itu, mungkin akan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki kendaraan. Untuk itu, sebagian orang memilih untuk mengasuransikan mobil mereka. Terutama jika mobil mempunyai harga yang tinggi.

Asuransi mobil dapat didefinisikan sebagai kesepakatan dari kedua pihak, di mana pihak penanggung akan mengikatkan diri pada pihak tertanggung dengan catatan menerima premi asuransi. Kemudian pihak penanggung atau asuransi akan bertanggung jawab terhadap mobil yang diasuransikan dengan cara menanggung biaya perbaikan terhadap mobil Anda yang mengalami kecelakaan.

Manfaat Memiliki Asuransi Mobil

Ada beberapa manfaat yang akan diterima jika mengasuransikan mobil. Namun, pada faktanya masih banyak pemilik mobil yang belum memiliki asuransi mobil. Banyak hal yang menyebabkan pemilik mobil belum mengasuransikan mobil mereka.

Salah satunya adalah kurangnya pengetahuan mengenai manfaat asuransi mobil. Pada artikel ini kami akan megulas manfaat yang akan di dapatkan dengan memiliki asuransi mobil. Berikut adalah beberapa keuntungan dari terdaftarnya mobil Anda dengan asuransi mobil.

Adanya Jaminan Perlindungan Pada Mobil

Asuransi Mobil
Asuransi Mobil (Sumber Gambar: Google)

Manfaat memiliki asuransi mobil yang pertama dalah adanya perlindungan pada mobil Anda. Seperti yang sudah kita bahas di awal bahwa kecelakaan atau kejadian tidak menyenangkan lainnya di jalan raya bisa saja terjadi kapan saja. Dengan memilik asuransi maka akan ada perlindungan jika hal buruk terjadi pada mobil Anda.

Asuransi akan memberikan perlindungan untuk pemilik mobil atas kerugian yang dialami. Misalnya yang ditanggung asuransi adalah kerugian berupa kerusakan mobil akibat kecelakaan maupun tindak kejahatan pencurian. Pahami kebutuhan asuransi kendaraan yang Anda perlukan, dengan memilih jenis asuransi kendaraan yang tepat, agar Anda bisa merasakan manfaat positifnya dikemudian hari.

Selain itu pihak asuransi juga biasanya memiliki program perlindungan ekstra. Seperti bantuan hukum pihak ketiga, apabila kecelakaan yang Anda alami melibatkan pihak ketiga. Saat terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga, biasanya Anda akan kesulitan dalam menghadapinya dan membutuhkan uang yang besar untuk memberikan tanggung jawab terhadapnya. Anda akan membutuhkan biaya untuk hukum dan profesional.

Bila Anda memiliki asuransi kendaraan bermotor, pihak asuransilah yang akan mengambil alih tanggung jawab Anda atau pengendara Anda jika terjadi kecelakaan itu. Jadi Anda tidak perlu pusing dan membayar mahal untuk bertanggung jawab. Sehingga, pilih asuransi jenis asuransi yang sesuai. Selain itu pastikan Anda membaca dengan teliti hal- hal yang dapat dikalaim untuk mencairkan asuransi sebelum Anda menendatangani berkas persetujuan dari pihak asuransi.

Selain perlindungan kecelakaan, piak asuransi juga memberikan perlindungan dari perampokan dan pencurian. Seperti yang kita ketahui bahwa harga beli sebuah mobil tidaklah murah. Sehingga Anda akan sangat menjaga agar kendaraan Anda tetap aman dan tetap menjadi milik Anda. Tetapi musibah bisa terjadi kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Meski sudah menjaganya sedemikian rupa, resiko pencurian kendaraan selalu ada. Jadi, yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kendaraan Anda dari resiko pencurian adalah dengan asuransi kendaraan. Jika kendaraan Anda dicuri, pihak asuransi akan memberikan sejumlah dana yang besarannya sesuai dengan ketentuan dari pihak asuransi.

Memberikan Rasa Aman dan Nyaman

Manfaat selanjutnya dari asuransi mobil adalah adanya rasa aman dan nyaman bagi pemilik mobil. Rasa aman muncul dikarenakan pemilik mobil tidak perlu merasa khawatir ketika mengendarai mobilnya di jalan. Para pengemudi tidak akan pernah mengetahui skenario lalu lintas yang akan terjadi setiap hari. Jika anda adalah salah satu pengemudi yang taat berlalu-lintas, tapi bukan berarti pengemudi lainnya taat lalu lintas seperti anda.

Kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan sangat sulit untuk diprediksi. Sebab asuransi akan mmbantu dan memberikan perlindungan ketika terjadi hal yang kurang menyenagkan sehingga meminimalisir kerugian materi bagi pemilik kendaraan. Hal ini akan berdampak pada produktivitas kerja Anda dan kenyamanan dalam berkendara. Meskipun begituegitu, pengemudi tetap harus berhati-hati agar tak mengalami kecelakaan.

Baca Juga: Penyebab Mobil Terbakar Saat Dikemudikan: 5 Hal Yang Dapat Memicu

Membantu Perencanaan Keuangan

Manfaat selanjutnya dari asuransi adalah sebagai bantuan untuk merencanakan keuangan. Ketika Anda mengalami kecelakaan dan kerusakan pada kendaraan Anda, tentunya Anda akan membutuhkan biaya untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Keuntungan menggunakan asuransi kendaraan adalah Anda tidak perlu lagi khawatir memikirkan besaran biaya yang harus ditanggung, karena pihak asuransi yang akan menanggungnya berdasarkan polis yang berlaku.

Dengan begitu, kondisi keuangan Anda akan lebih stabil dan Anda bisa mengalokasikannya untuk kepentingan mendesak lainnya. Selain itu, apabila Anda berpikiran untuk menabung sekaligus melindungi aset Anda, asuransi bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Baca Juga: Merawat Mobil Manual Agar Tetap Awet: 8 Tips Yang Mudah Dilakukan

Menanggung Kerusakan Kendara Pengemudi Lain Yang Anda Rugikan

Manfaat terakhir yang akan kita bahas adalah asuransi juga berguna untuk orang lain selain Anda. Dimana asuransi mobil juga dapat menanggung kerugian akibat kerusakkan kendaraan pengemudi lain yang anda rugikan. Seperti misalnya Anda menabrak mobil orang lain. Ketika Anda memiliki asuransi mobil maka Anda sebagai pengemudi tidak perlu dipusingkan dengan uang ganti rugi atau ketidaknyamanan dari pihak ketig.

Sebab semuanya akan dibantu oleh perusahaan tempat anda mengasuransikan mobil anda. Sehingga ketika Anda memiliki asuransi jenis ini, Anda akan terbebas dari tanggungan pihak ketiga.Selain itu apabila Anda terlibat kecelakaan tunggal, Anda juga tidak perlu khawatir harus menanggung beban biaya pihak lain.

Jadi, dengan memiliki asuransi mobil maka tugas Anda hanya memikirkan diri sendiri ketika terjadi kecelakaan degan pihak ketiga. Lain halnya jika ada pihak lainnya yang terlibat. Dengan adanya asuransi, tidak hanya Anda akan terbebas dari biaya-biaya untuk Anda sendiri, Anda pun tidak perlu membiayai pihak ketiga yang ikut dalam kecelakaan tersebut; biarkan asuransi yang mengurusnya. Entah itu biaya perbaikan dan perawatan medis, semuanya bisa terkover oleh asuransi.

Baca Juga: MEMBUAT DAN MEMPERPANJANG SIM GRATIS: SIMAK CARA DAN SYARATNYA

Itulah manfaat asuransi mobil yang perlu Anda ketahui. Sehingga, Anda dapat memeprtimbangakn untuk mulai mengasuransikan mobil Anda. Di Indonesia sudah banyak lembaga asuransi yang dapat memberikan layanan terbaik. Jangan lupa pilih jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga tidak memberatkan Anda dalam membayar premi dan disisi lain dapat memberikan perlindungan yang maksimal untu mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *