Aplikasi GPS di Mobil Yang Bermanfaat

  • by
  • 6 min read

Berkembangnya teknologi juga berpengaruh pada banyaknya aplikasi yang tersedia. Saah satu aplikasi yang semakin banyak adalah aplikasi GPS di mobil. Ya, aplikasi GPS di mobil tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk jalan namun juga dapat digunakan sebagai pecak mobil.

Tentu kita ingin mobil kita terhindar dari pencurian.Namun, bagaimana jika mobil yang kita parkir tiba- tiba hilang? Nah, beberapa aplikasi GPS di mobil mempunyai fungsi sebagai pelacak.

Sehingga jika mobil Anda hilang, maka dapat melakukan pelacakan. Sebenarnya aplikasi GPS di mobil dibuat dengan banyak fungsi. Setiap aplikasi tersebut menawarkan keunggulan masing- masing.

Apa saja aplikasi GPS di mobil yang bermanfaat? Berikut adalah ulasan mengenai rekomendasi aplikasi GPS di mobil secara lengkap untuk Anda.

Aplikasi GPS di Mobil: GPSKU

Rekomendasi aplikasi GPS di mobil yang pertama adalah GPSKU. Aplikasi yang satu ini buatan Indonesia asli, loh. GPSKU sendiri mempunyai banyak fitur yang dapat membantu mempermudah kegiatan berkendara Anda.

Apa saja fitur dari aplikasi yang satu ini? Ya, aplikasi ini dilengkapi dengan navigasi, peta yang dilengkapi dengan street view, hingga playback history perjalanan selama seratus hari. Dengan fitur yang ditawarkan maka Anda akan lebih mudah menemukan atau melacak lokasi yang dikunjungi oleh mobil kesayangan.

Aplikasi GPS di Mobil
Aplikasi GPS di Mobil (Sumber Gambar: Google)

Eitz, masih ada fitur menarik lainnya dari aplikasi yang satu ini. GPSKU dilengkapi dengan alarm yang akan memberikan notifikasi jika mobil bergerak di luar area yang sudah di-setting sebelumnya.

Terkait:  Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Injak Kopling

Jadi misalnya, jika Anda menyeting mobil untuk bergerak hanya di area Bandung, nah apabila mobil Anda ternyata digunakan untuk keluar daerah itu, maka alaram akan berbunyi. Dimana akan ada alarm notifikasi sebagai pemberitahuan kepada pemilik mobil.

Baca Juga: Roof Rack Mobil: Fungsi & Cara Penggunaanya

Aplikasi GPS di Mobil: Waze GPS-Maps Traffic

Aplikasi GPS di Mobil
Aplikasi GPS di Mobil (Sumber Gambar: Google)

Rekomendasi aplikasi gps di mobil selanjutnya adalah Waze GPS-Maps Traffic. Wah, apa keunggulan dari aplikasi yang satu ini? Waze GPS-Maps Traffic merupakan salah satu aplikasi GPS di mobil yang terkenal dan umum digunakan.

Sebab aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi GPS berbasis komunitas, sehingga pantas saja jika populer. Fitur di dalam Waze memungkinkan para penggunanya saling berbagi informasi mengenai kondisi lalu lintas, cuaca, kecelakan, dan informasi jalan lainnya. Untuk bisa menggunakannya, pastikan Anda memiliki koneksi internet aktif agar Waze dapat diakses.

Koneksi internet ini dapat memperkaya informasi terkini lalu lintas dan mengupdate peta. Jika koneksi internet terputus, maka aplikasi GPS mobil ini tidak bisa menampilkan atau navigasi rute terbaru.

Oh ya, aplikasi ini dapat digunakan diberbagai negara.Dimana Penggunanya saling terhubung dan bekerja sama untuk saling menyempurnakan kondisi jalan terkini.

Fitur-fitur di Waze juga sengaja dibuat sebagai navigasi sosial untuk mobil pribadi. Oleh karena itu Waze belum mendukung navigasi untuk jalur khusus, sepeda, transportasi umum dan truk.

Baca Juga: Bingung Cari Mobil MVP Rp 100 Jutaan? Berikut 5 Rekomendasi Terbaik

Aplikasi GPS di Mobil: IDTRACK-Server GPS

Rekomendasi aplikasi GPS di mobil yang selanjutnya adalah IDTRACK-Server GPS. Sama dengan aplikasi GPSKU, aplikasi IDTRACK-Server GPS juga berasal dari Indonesia loh. Fungsi dari aplikasi yang satu ini sedikit berbeda dengan ke-dua apalikasi sebelumnya.

Terkait:  Tips Membeli Mobil Klasik: 6 Hal Yang Perlu Diperhatikan

Dimana aplikasi ini cenderung berfungsi sebagai pelacak lokasi daripada sebagai navigator penunjuk jalan. Aplikasi ini mampu melacak lokasi mobil secara periodik dalam waktu sepuluh detik dan real time, memberi notifikasi jika kendaraan berhenti, dan membuat laporan perjalanan selama 45 hari dalam bentuk Excel.

Lalu apalagi keunggulan dari aplikasi GPS di mobil yang satu ini? Keunggulan lainnya adalah memberikan data GPS real time dengan interval data yang mampu diterima 5-10 detik. Aplikasi ini dapat diunduh dan gratis selama satu bulan. Kalau mau lanjut, Anda dapat berlangganan dengan tarif dan paket yang tersedia mulai dari Rp 10 ribuan per-3 bulan.

Wah, aplikasi ini akan sangat berguna buka untuk melacak mobil yang hilang? Mungkin jika daerah Anda rawan dengan pencurian, aplikasi ini dapat menjadi pilihan untuk mobil Anda. Atau bagi Anda yang memiliki bisnis rental mobil aplikasi ini juga dapat menjadi pilihan untuk menjaga kemanan mobil Anda.

Aplikasi GPS di Mobil: Orin

Aplikasi GPS di mobil yang dapat Anda pertimbangkan untuk diakses adalah Orin. Aplikasi Orin dapat digunakan sebagai penghubung dengan lebih 20 jenis alat GPS yang terpasang di mobil kesayangan. Pemilik aplikasi ini bisa memantau pergerakan secara real time dalam waktu bersamaan.

Fitur management tools juga disematkan untuk menganalisa data yang membuatnya mudah dibaca untuk dijadikan laporan dan analisa oleh pengguna. Orin juga sudah terintegrasi dengan Google, yang mana pengguna bisa menggunakan sejumlah fitur andalan Google Maps seperti street view, kondisi lalu lintas hingga directions.

Aplikasi GPS di Mobil
Aplikasi GPS di Mobil (Sumber Gambar: Google)

Aplikasi GPS di Mobil: Sygic

Rekomendasi aplikasi GPS di mobil yang selanjutnya adalah Sygic. Sama dengan Waze GPS-Maps Traffic, aplikasi ini juga populer loh di beberapa negara. Dimana aplikasi ini tercatat sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna Android.

Terkait:  Tips Memilih Cover Mobil Terbaik

Salah satu fitur unggulannya adalah peta dari TomTom yang merupakan navigasi andalan Sygic dan bisa digunakan secara offline. Sejumlah fitur Sygic yang bisa diandalkan adalah mencari rute alternatif, mencatat batas kecepatan laju kendaraan, voice guide direction dan turn by turn.

Meski dapat diunduh secara gratis, namun ada beberapa fitur premium yang bisa digunakan apabila Anda berlangganan. Ya, ada fitur premium yang tidak sembarang dapat diakses.

Baca Juga: Komponen Peredam Suara Mobil : Apakah Menguntungkan atau Merugikan?

Itulah rekomendasi aplikasi GPS di mobil yang dapat Anda gunakan. Meski ada banyak pilihan aplikasi GPS yang tersedia di Play Store dan App Store, namun Anda hanya perlu paling tidak satu aplikasi yang wajib di unduh sesuai kebutuhan.

Bagi Anda yang sering berpergian ke kota yang Anda asing atau bagi Anda yang memiliki usaha rental mobil, aplikasi diatas dapat Anda pertimbangkan untuk dinstal. Sehingga dapat menjaga kemanan mobil Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *