Bagi pemilik kendaraan secara umum ada dua jenis perawatan yang berbeda tapi tak boleh dilewatkan, yaitu servis dan tune up. Melakukan servis berkala dan tune up kendaraan adalah hal yang harus dilakukan agar kendaraan mempunyai umur panjang.

Ya, namun apakah kalian tahu mengenai perbedaan antara servis berkala dengan tune up? Keduanya baiak servis berkala maupun tune up kendaraan adalah bentuk perawatan. Namun, meskipun sama- sama perawatan ternyata servis berkala berbeda dengan tune up.

Jadi, sebagai pemilik kendaraan alangkah baiknya jika kalian sebagai pemilik kendaraan mengetahui apa perbedaannya. Berikut adalah perbedaan servis berkala dengan tune up kendaraan untuk Anda.

Perbedaan Servis Berkala dengan Tune Up

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai servis berkala dengan tune up, kita akan mulai dengan pengertian dari kedua perawatan kendaraan.

Pengertian Servis Berkala

Pertama adalah servis berkala. Servis berkala adalah jenis perawatan, yang umumnya hanya dilakukan pengecekan kondisi mobil saja. Service berkala sendiri juga terdiri dari berbagai macam, bahkan pengerjaannya pun berbeda-beda.

Servis berkala biasanya sudah terjadwal. Sehingga, kita melakukan servis berkala sesuai jadwal yang telah ditentukan. Biasanya, hal ini dapat Anda lihat pada buku panduan Anda. Bahkan, awal- awal melakukan servis berkala mungkin Anda akan mendapatkan harga gratis. Sebab, masih termasuk garansi dari perusahaan kndaraan Anda.

Perbedaan Servis Berkala dengan Tune Up
Perbedaan Servis Berkala dengan Tune Up (Sumber Gambar: Google)

Namun, hal ini disesuaikan dengan keadaan motor Anda. Tanyakan garansi ini sebelum Anda membeli kendaraan. Jadi servis itu penting dengan alasan yang kuat yakni supaya tidak ada kerusakan pada kendaraan. Jadi pengecekan rutin perlu dilakukan pada komponen kendaraan serta oli juga perlu dilakukan penggantian.

Dengan begitu kendaraan dapat tetap bekerja dengan prima, apalagi kendaraan yang kerap digunakan untuk perjalanan ke luar kota.Jado, jangan lewatkan jawal untuk melakuakn servis berkala.

Baca Juga: Mobil Bekas Banjir, Yuk.. Teliti Sebelum Membeli Mobil Bekas!

Pengertian Tune Up Kendaraan

Selanjutnya mari kita mengenal tune up. Tune up merupakan sebuah perawatan yang bertujuan untuk membuat kondisi komponen-komponen mobil, kembali pada kondisi yang prima atau baru. Untuk istilah dari kata tersebut asalnya adalah tune dan up yang mempunyai makna mengatur kembali.

Jadi kendaraan perlu dilakukan penyetingan ulang pada saat sudah dipakai dalam jangka yang panjang. Adapun perawatan ini berupa standarisasi sebuah komponen mobil, agar sistemnya bisa kembali seperti semula, ketika keadaan mobil sudah tidak nyaman dikendarai.

Adapun manfaat melakukan tune up adalah untuk membuat kinerja mesin dapat kembali dan lebih maksimal. Dengan begitu kondisi mobil tetap terjaga, awet dan selalu mendukung kenyamanan pemiliknya. Tune up sendiri dilakukan dengan waktu yang cukup lama.

Selain dari pengertain diatas, perbedaan lain antara servis berkala dan tune up kendaraan adalah waktu dan biaya. Beriku akan kami ulasa lebih dalam mengenai perbedaan waktu servis berkala dan tune up kendaraan.

Perbedaan Servis Berkala dengan Tune Up
Perbedaan Servis Berkala dengan Tune Up (Sumber Gambar: Google)

Waktu Servis Berkala

Perbedaan antara servis berkala dengan tune up kendaraan adalah waktunya. Ya, pertama kita akan bahas mengenai waktu untuk servis berkala. Dimana waktu untuk servis berkala dikur menggunakan jarak tempuh, bukan bulan. Sebab, bisa saja motor yang usianya baru 2 bulan, ternyata sudah menempuh jarak yang lebih jauh, dibanding motor lain yang sudah berumur 6 bulan.

Untuk mobil umumnya perawatan service berkala akan dilakukan pertama kali pada saat jarak tempuh mobil, sudah mencapai 1.000 km. Untuk service berkala yang pertama, sebenarnya tidak banyak yang dilakukan, bahkan petugas bengkel biasanya hanya melakukan pembersihan, pengecekan komponen yang ada di mesin.

Selanjutnya untuk mobil, servis kedua dilakukan saat menempuh jarak 5.000 km. Selanjutnya servis berkala dilakukan pada jarak tempuh 10.000 km, 15.000 km, dan 20.000 km. Sedangkan untuk motor jarak tempuh untuk servis berkala pertama berbeda- beda.

Acuan jarak untuk tempuh untuk motor matik dan motor bebek adalah per 4.000 kilometer. Sedangkan untuk motor sport adalah 6.000 kilometer. Berbeda lagi apabila motor Anda adalah jenis motor big bike. Motor jenis yang satu ini acuan jarak tempuhnya adalah 12.000 kilometer.

Dahulu, motor juga ada yang dapat mulai servis berkala ketika sudah menempuh jarak 2.000 kilometer. Ya, namun saat ini hal tersebut sudah tidak berlaku. Sebab, saat ini perkembangan mesin untuk motor sudah semakin cangih.

Waktu Tune Up Kendaraan

Perbedaan waktu servis berkala dengan tune up kendaraan merupakan hal yang paling mudah untuk kita bedakan. Setelah, membicarakan servis berkala selanjutnya adalah waktu tune up. Tune up sendiri dilakukan disesuaikan dengan jarak km kendaraan dan biasanya setahun sekali baru dilakukan.

Bahkan pemilik juga kadang melakukannya saat pengendaraan sudah tidak terasa nyaman seperti ada bunyi di kolong mobil dan lainnya. Waktu yang tepat melakukan tune up adalah ketika mobil mencapai batas km servis seperti di atas 120.000 km. Biasanya tune up akan dilakukan setahun sekali yang dilihat berdasarkan jarak km mobil.

Meski begitu, tune up juga harus segera dilakukan ketika mobil sudah tidak nyaman lagi dikendarai. Contohnya muncul bunyi dari kolong mobil atau mobil sudah tidak bisa dikendarai dengan mulus.

Sebab, perawatan tune up berupa standarisasi sebuah komponen mobil, agar sistemnya bisa kembali seperti semula, ketika keadaan mobil sudah tidak nyaman dikendarai. Tune up sendiir memiliki banyak manfaat untuk kendaraan Anda.
Manfaat dari tune up adalah dapat mengembalikan performa mobil seperti semula, mencegah kerusakan parah dan komponen-komponen mobil bisa diperbaiki atau diganti secepatnya.

Perbedaan Servis Berkala dengan Tune Up
Perbedaan Servis Berkala dengan Tune Up (Sumber Gambar: Google)

Biaya Yang Dibayarkan

Perbedaan waktu servis berkala dengan tune up kendaraan yang selanjutnya adalah biaya yang dikeluarkan. Biaya t perawatan tune up kendaraan lebih mahal. Namun, biaya yang dikeluarkan tentu akan sebanding dengan hasil yang didapatkan pemilik.

Selain itu, pelayanan yang dilakukan berbeda maka sudah pasti harganya berbeda. Untuk harga pastinya, mungkin akan berbeda- beda. Sebab, hal itu juga tergantung dengan bagaimana Anda menggunakan kendaraan dalam keseharian.

Baca Juga: Jenis Servis Mobil Berkala Yang Perlu Kamu Lakukan!

Namun, Biasanya servis berkala tidak akan lebih dari 1 jutaan. Sedangkan tune up kendaraan, mungkin bisa mencapai angka 3 jutaan kurang lebih.

Itulah perbedaan servis berkala dengan tune up kendaraan yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik kendaraan. Jadi, jangan sampai tidak melakukan servis berkala dan tune up, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *