Oli merupakan bagian yang penting untuk mesin kendaraan. Sehingga, sangat disarankan untuk mengganti oli secara rutin. Jangan sampai oli berubah warna menjadi hitam apalagi habis. Selain itu, jangan sampai oli motor bocor.

Sebab oli motor bocor akan menyebabkan masalah yang lain. Ya, ini pentingnya melukan servis secara rutin. Sehingga, jika ada tanda- tanda penyebab oli motor bocor, maka dapat segera teratasi.

Penyebab Oli Motor Bocor

Oli bocor atau merembes pada bagian tengah mobil merupakan kondisi lazim yang sering dialami pemilik kendaraan roda empat. Meskipun bukan sesuatu yang aneh, tetapi hal ini tidak bisa dibiarkan. Karena oli merupakan salah satu bagian penting pada mesin mobil.

Apabila oli dibiarkan bocor atau merembes begitu saja, lama kelamaan kuantitas oli akan berkurang bahkan hingga habis. Tentu hal itu akan menghambat kinerja mesin.

Selain itu tanpa oli, komponen-komponen yang ada tidak bisa terlumasi dengan baik Akibatnya, mesin mobil akan cepat rusak dan aus. Untuk mencegahnya, kita harus tahu penyebab utama mengapa oli bisa bocor dan mencari solusi atas masalah tersebut. Nah, di bawah ini merupakan beberapa hal yang menjadi penyebab kebocoran oli.

Oli yang bocor juga bisa saja mengotori lantai atau bahkan jalanan yang Anda lewati. Jika dalam jumlah besar, oli bocor ini juga akan berbahaya bagi pengendara lain, karena dapat membuat permukaan jalan menjadi licin.

Jadi, mari kenali penyebab oli motor bocor sehingga Anda dapat mengantisipasinya atau mengindari melakukannya. Llau, apa saja penyebab oli motor bocor? Berikut ulasan lengkapnya mengenai penyebab oli motor bocor.

Penyebab Oli Motor Bocor
Penyebab Oli Motor Bocor (Sumber Gambar: Google)

Volume Oli Yang Berlebihan

Penyebab oli motor bocor salah satunya ditimbulkan oleh volume oli yang berlebihan. Ketika mengisi oli pastikan bahwa oli sampai pada garis yang telah ditentukan. Anda dapat melihatnya pada dinding mesin kendaraan, dimana biasanya terdapat informasi mengenai volume oli.

Isilah oli sesuai standar yang telah ditentukan. Jangan berlebihan dan jangan kurang. Apabila oli yang terisi dalam mesin berlebihan tentu saja hal tersebut dapat menyebabkannya merembes sampai keluar.

Baca Juga: Tipe Aki Motor: Yuk! Kenali Kelebihan & Kekurangannya

Ada cara lain untuk mengecek volume oli. Yaitu dengan cara menggunakan dipstick. Tak hanya berfungsi sebagai tutup lubang pengisian oli saja, perangkat ini juga biasa digunakan untuk melihat seberapa banyak kapasitas oli yang ada di dalamnya.

Anda juga bisa melihat bagaimana kondisi kekentalan oli di dalam dengan alat ini. Apabila oli sudah sangat kental dan berwarna hitam pekat maka itu berarti adalah waktunya untuk berganti oli.

Seal Yang Sudah Rusak Atau Habis Usia Pakainya

Penyebab oli motor bocor yang selanjutnya adalah seal. Seal yang sudah rusak atau habis usia pakai dapat menjadi penyebab bocornya oli motor.

Hal ini terjadi ketika komponen tersebut pecah atau mengalami keretakan karena usia pakainya yang sudah melampaui batas.

Perlu diketahui bahwa komponen seal ini terbuat dari karet. Sehingga, apabila bahan sela terpapar oleh panas terus menerus akan membuat teksturnya menjadi keras. Hal inilah yang kemudian menyebabkan komponen tersebut dapat retak sewaktu-waktu. Jika sudah demikian, solusi utamanya adalah melakukan penggantian pada komponen seal dengan yang baru.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penggantian seal penutup katup sangat disarankan. Proses penggantian sendiri lebih baik dilakukan secara profesional oleh montir atau ahlinya. Karena dibutuhkan teknik dan pengetahuan yang tepat agar seal penutup katup terpasang sempurna sehingga nantinya tidak lagi timbul kebocoran atau merembesnya oli mesin.

Penyebab Oli Motor Bocor
Penyebab Oli Motor Bocor (Sumber Gambar: Google)

Packing Mesin Yang Sudah Tua

Penyebab oli motor bocor selanjutnya adalah packing mesin yang sudah tua. Dimana, packing motor yang sudah tua rentan mengalami kebocoran.

Hal ini biasanya disebabkan karena usia pakainya yang sudah cukup lama atau karena motor yang digunakan sudah tua. Untuk itu jika kendaraan roda dua Anda dirasa sudah berusia cukup tua, segera cek kondisi berbagai macam komponen yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah packing mesin karena ia memiliki peran yang cukup vital bagi kendaraan.

Baut Penutup Oli Rusak

Penyebab oli motor bocor selanjutnya adalah baut penutup oli rusak. Ya, kerusakan ini terjadi biasanya terjadi akibat kelalian saat mengganti oli. Jika dipasang terlalu kencang, baut akan merusak alur drat di dalamnya sehingga saat dilepas sebagian ulir akan terkelupas dan ikut keluar.

Karena kondisi ulir sudah tidak maksimal, jeda yang tercipta memungkinkan oli untuk menetes. Untuk masalah semacam ini, solusinya adalah dengan mengganti baut penutup oli dengan yang baru.

Penyebab Oli Motor Bocor
Penyebab Oli Motor Bocor (Sumber Gambar: Google)

Seal Filter Oli Rusak

Penyebab oli motor bocor selanjutnya adalah seal filter. Pada bagian filter, terdapat karet bulat yang berfungsi sebagai gasket. Saat pemasangan, bagian ini tidak boleh dikencangkan karena dikhawatirkan karet akan rusak. Jika rusak, sebagian oli akan bocor. Inilah mengapa, untuk mengencangkan seal filter, lebih baik gunakan tangan agar tidak terlalu kencang.

Itulah penyebab oli motor bocor. Sehingga, perlu dilakukan perawatan secara rutin melakukan perawatan untuk oli. Sebab ketika melakukan servis untuk oli, oli tidak hanya sekedar diganti. Namun juga dilakukan cek keseluruahna. Sehingga, dapat meyecagah bocornya oli.

Sebab, ketika olinya bocor, maka Anda mungkin menemukan bahwa komponen interior mesin Anda lebih cepat rusak seiring waktu berjalan. Karena oli bocor di seluruh engine Anda, hal itu dapat menurunkan kualitas dan kondisi seal, selang, dan bagian-bagian mesin lainnya.

Baca Juga: 5 Merek Oli Mobil Terbaik Yang Merawat Mesin

Jika mengetahui kebocoran oli, maka segera lakukan perbaikan. Namun, setelah mengetahu penyebab oli motor bocor, maka hindarilah melakukan kecerobohan pada hal- hal tersebut. Sehingga, tidak ada kerusakan lebih lanjut.

Hal ini mengingat bahwa oli merupakan zat penting yang digunakan untuk melumasi komponen di mesin motor agar gesekan antar part mulus. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah oli motor bocor karena sesuatu hal.

Jadi, apapun faktor penyebabnya, Anda harus segera memperbaikinya agar hal tersebut tidak berlangsung terus menerus. Terlebih oli memiliki peran penting dalam operasional sebuah kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *