Meskipun hujan aktivitas harus tetap jalan. Untuk itu, aman berkendara saat musim hujan menjadi sangat penting diperhatikan. Sebab, jalanan menjadi basah dan mungkin licin saat hujan sering mengguyur. Biasanya juga suasana menjadi riweh akibat oarang- orang di jalan berebut ingin cepat sampai agar terhindar dari hujan. Belum lagi, jika jalanan tergenang banjir. Wah, membayangkannya saja sudah tidak ingin bukan? Untuk itu aman berkendara saat musim hujan menjadi prioritas.

Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Musim hujan mempunyai tantangan tersendiri bagi pengemudi kendaraan. Sebab sederet risiko memanti saat berkendara di tengah hujan, seperti terbatasnya visibilitas, licinnya jalanan, hingga lubang yang tak terlihat karena tergenang air.

Selain itu, berkendara saat musim hujan menuntut si pengemudi untuk lebih berkonsentrasi. Sebab, dengan keadaan hujan juga mengharuskan pengendara sepeda motor untuk lebih berhati-hati saat berkendara di jalanan. Untuk menghindari potensi bahaya yang mungkin terjadi. Maka, berikut ini akan kami ulas mengenai tips aman berkendara saat musim hujan. Sehingga, Anda akan merasa tenang saat berkendara di musim hujan.

Memastikan Lampu Kendaraan Berfungsi

Tips yang pertama untuk aman berkendara saat musim hujan adalah memastikan bahwa semua lampu kendaraan berfungsi normal. Artinya tidak ada lampu yang mati atau bahkan cahayanya redup. Pastikan semua lampu berfungsi normal dan menggunakan bohlam standar, baik lampu senja, lampu utama, lampur kabut (jika ada) maupun lampu tanda belok /lampu sein.

Biasanya saat hujan turun, jarak pandang akan semakin dekat. Maka Anda dapat menyalakan lampu saat kendaraan anda melintas di hujan deras. Lampu-lampu tersebut bisa menjadi tanda keberadaan kita bagi kendaraan lain, sehingga kendaraan lain bisa melihat kita. Namun, Anda juga harus tetap memperhatikan penggunaan lampu kendaraan. Jangan asal menyalakan sehingga menimbulkan arti yang bereda.

Misalanya jangan menyalakan lampu hazard untuk memberikan tanda bahwa kendaraan Anda sedang melintas. Cukup nyalakan lampu senja atau fog lamp waktu hujan turun. Sebab, lampu hazard hanya dipakai saat berhenti di kondisi darurat. Misal saat berhenti di bahu jalan tol untuk mengganti ban yang bocor. Jadi, gunakanlah lampu hazard jika kendaraan Anda terpaksa berhenti darurat di pinggir jalan.

Perhatikan Kondisi Ban Kendaraan

Aman Berkendara Saat Musim Hujan
Aman Berkendara Saat Musim Hujan (Sumber Gambar: Google)

Tips selanjutnya agar aman berkendara saat musim hujan adalah memastikan bahwa ban dalam kondisi baik. Bagaimana yang dmaksud dengan kondisi ban baik? Pertama adalah ban tidak dalam posisi gundul. Sebab jika ban kendaraan Anda gundul tentu ini dapat menyebabkan kecelakaan. Sebab ban yang memiliki kondisi gundul akan mudah selip dan menyebabkan kecelakaan.

Selain itu, pastikan tekanan anginpad ban. Pastikan tekanan ban sudah sesuai standar dan alur serta ketebalan ban luar juga masih bagus. Periksalah setidaknya seminggu sekali tekanan angin ban kendaraan Anda. Tekanan ban dan alur ban yang masih baik mengurangi risiko kendaraan melayang diatas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip). Jangan ambil risiko berkendara menggunakan ban yang sudah tipis. Ya, hal seimple ini juga harus diperhatikan saat musim hujan. Untuk itu, lakukanlah perawatn pad ban Anda dan segera ganti jika sudah mempunyai umur yang cukup lama. Jangan sampai tunggu musim hujan, baru Anda sibuk menggantinya.

Menjaga Kecepatan Kendaraan

Menjaga kecepatan kendaraan adalah tips agar tetap aman berkendara saat musim hujan. Jagalah kecepatan mobil Anda. Cobalah untuk mengurangi kecepatan ketika hujan turun. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko ban kendaraan tergelincir atau slip akibat jalan yang licin karena air hujan yang bercampur dengan oli. Jadi cobalah untuk mengendarai kendaraan dengan kecepatan lebih rendah memastikan semua ban menempel ke jalan dan itu membuat daya cengkram ban lebih kuat.

Selain itu, jagalah jarak antar kendaraan. Pastikan bahwa kecepatan kendaraan Anda tetap memberikan jarak dengan kendaraan lain. Menjaga jarak antar kendaraan saat penting, hal ini agar Anda memiliki ruang lebih banyak saat menghentikan laju kendaraan untuk menghindari menabrak kendaraan lain.

Baca Juga: Tips & Trik Belajar Mengemudi Mobil Manual

Memastikan Sistem Kontrol Kendaraan Berfungsi

Tips selanjutnya dalam aman berkendara saat musim hujan adalah memastikan sistem kontrol kendaraan juga berfungsi dengan baik. Sistem kontrol kendaraan adalah seperti pedal, gas, rem, ataupun kopling. Pastikan sistem kemudi, pedal gas, rem, maupun kopling berfungsi dengan baik. Beri perawatan ekstra terutama pada musim hujan ini untuk mengantisipasi keadaan darurat atau kesalahan orang lain yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

Selain itu pedal gas juga perlu dipastikan berfungsi dengan baik. Saat hujan dan jalan menanjak, jangan terlalu dalam menekan pedal gas untuk memelihara traksi roda tetap optimal. Untuk mesin bensin, jaga putaran di sekitar 2500 rpm dan 1.800 rpm untuk diesel. Hal ini dilakukan untuk menghindari supaya ban mobil tidak slip.

Baca Juga: FUEL PUMP MOTOR: 3 CIRI RUSAK DAN CARA MENGATASINYA

Berkendaralah Dengan Tertib

Tips selanjutnya adalah dengan berkendara dengan tertib. Maksudnya jangan menyelip kendaraan lain, tetap menjaga jarak dengan kendaraan lain. Selain itu, jangan terpancing emosi dengan melakukan manuver berbahaya seperti memacu mobil atau pindah jalur tiba-tiba. Apalagi bila kondisi jalan macet. Kesabaran dari pengendara akan diuji supaya tetap tenang dan tidak melakukan tindakan yang merugikan banyak pihak.

Selain itu, jangan mencoba memkasa untuk menerobos apabila ada genangan air. Sebab, kita tidak tahu apakah ada lubang atau tidak. Selain itu, apabila dipkasakan menerobos genangan air ditakutkan akan merusak mesin. Namun, apabila terpaksa melewati genangan air dalam dan air sampai terhisap masuk ke dalam mesin melalui saluran udara, mesin mobil akan mati (efek water hammer) dan anda terjebak dalam banjir. Jika ini yang terjadi, asuransi mobil tidak menjamin perbaikannya.

Terus Memperbaharui Informasi Lalu Lintas

Tips terakhir agar aman berkendara saat musim hujan adalah terus memperbaruhi informasi lalu lintas. Hal ini dilakukan untuk menentukan rute yang akan Anda lalui. Sehingga, Anda dapat menghindari wilayah atau jalan yang kurang bersahabat ketika hujan. Selalu rencanakan rute perjalanan anda sebelum mulai berkendara. Hindari wilayah yang sudah pasti tergenang banjir di musim hujan. Update situasi jalan melalui siaran radio dan sebisa mungkin tidak alat komunikasi selular saat anda menjalankan kendaraan.

Itulah tips aman berkendara saat musim hujan yang dapat Anda perhatikan. Rawatlah mobil Anda agar tetap prima saat musim hujan datang.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara Saat Melewati Jalan Sepi Menggunakan Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *