Aliran Custom Motor Brat Style Ternyata.. Simak Aja Yuk Sejarahnya!

Custom motor brat style
Custom motor brat style

Ada banyak aliran custom motor yang beredar di Indonesia tapi ada satu aliran custom motor yang sebenarnya bukan aliran custom motor, melainkan nama sebuah bengkel custom motor di Jepang.

Aliran custom motor yang sebenarnya adalah nama bengkel di jepang adalah Brat Style, Brat Style saat ini makin digemari dikalangan anak muda.

Memodifikasi motor menjadi hal menarik bagi sebagian orang. Biasanya, mereka melakukannya atas dasar hobi supaya terlihat lebih keren tampilan kendaraannya.

Aliran Custom Motor Brat Style

Di Indonesia sendiri, hampir 72% keluarga menggunakan sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari.

Aliran Brat dan japs Style yang keduanya memang di lahirkan dari rahim yang sama ternyata sangat mengedepankan kesederhanaan dan fungsi.

Kedua aliran custom motor ini mulai dikenal para penggemar modifikasi motor di Indonesia pada awal 2000.

Brat Style Nama Bengkel

Custom motor brat style
Custom motor brat style

Custom motor Bratstyle, banyak salah kaprah mengenai nama Bratstyle ini, yang sering disalah artikan sebagai nama sebuah aliran modifikasi.

Padahal, Bratstyle merupakan nama sebuah bengkel modifikasi yang berada di Saitama, Jepang.

Brat-Style sendiri terlahir di era 1990-an yang awalnya bukan termasuk dalam aliran custom motor.

Brat-Style merupakan nama sebuah toko di Tokyo, Jepang yang menjual beragam sparepart atau onderdil khusus motor yang “dimotori” oleh seorang pria bernama Go Takamine.

Sedangkan motor japstyle adalah model motor Dengan tangki mengecil, setang semi hanger, ban gendut, jok tipis single seater, rangka belakang terpangkas, lampu depan-belakang mungil, minim sepatbor, memunculkan kesan minimalis nan eksotis.

Istilah kerennya metonimia aliasnya berubahnya nama brand menjadi istilah atau bahasa yang digunakan sehari-hari. Seperti penyebutan Aqua untuk air mineral hingga Sarimi untuk mie instan.

Karya bengkel ini memang mempunyai ciri-ciri yang khusus yang membedakan dengan bengkel lainnya, seperti tangki chopper style (dengan tulisan Bratstyle). ban yang besar dan tinggi dengan motif ban klasik, warna yang cenderung flast dan gelap.

Garapan custom motor Takamine ini terinspirasi dari berbagai aliran-aliran modifikasi dunia. Biasanya Takamine meng custom motor Jepang dengan kapasitas mesin menengah seperti, Yamaha XS 650 atau SR 400.

Perkembangan dunia Custom Motorcycle alias motor custom secara global terus meningkat. Beragam bentuk atau aliran lahir untuk membuat tunggangan (motor) menjadi terlihat istimewa bagi pemiliknya.

Garapan Takamine memiliki ciri simpel dan minimalis. Gaya ini dipercaya cocok untuk pengendara (biker) yang menginginkan daily riding di atas motor custom.

Selain itu, custom motor Brat-Style memiliki penampilan fisik motor tidak menganut rangka hardtail alias rigid.

Custom motor Brat Style umumnya hanya merubah pada bagian mid frame agar lebih ke bawah a la Chopper namun dengan jok model panjang, sehingga biker bisa solo riding atau berboncengan.

Sementara model stang, umumnya menggunakan model baby ape hanger atau setang a la motocross yang lebar dan tidak terlalu tinggi.

Gaya ini mulai popular sekitar tahun 1995 dengan gaya “dandanan” biker yang casual dan sporty.

Umumnya pengendara motor brat style ini tampil dengan celana berbahan khakis dan kaos oblong berbau motoran dan sepatu kasual berbahan suede atau kanvas seperti Vans atau Converse.

Gaya ini bertujuan agar motor dan biker tetap terlihat macho dan nge-hits di atas motor custom nya.

Saat ini banyak sekali komunitas sepeda motor dengan aliran Brat Style dan Japs Style.

Karena semakin menjamurnya komunitas ini, banyak bengkel motor banting stir menyediakan modifikasi dua jenis tersebut.

Pada umumnya, motor yang dimodifikasi jadi custom motor brat style merupakan motor buatan jepang seperti Yamaha Scorpio, Suzuki Thunder 250, atau motor sport Honda lainnya.

Jika Chopper terlahir pada era tahun 1960-an dengan ciri khas “bondol” pada bagian buritan motor serta rangka rigidnya maka, berbeda dengan gaya Bobber.

Model ini memiliki ciri khas pada bagian dua roda bagian depan dan belakang yang memiliki ukuran sama besar.

Kedua aliran ini dipercaya terlahir di benua eropa pada motor-motor berkubikasi besar seperti Harley Davidson, Yamaha VMax dan motor dengan isi silinder diatas 1000 cc lainnya.

Custom Motor Brat Style kini telah melebarkan sayapnya dan membuka gerai anyar di California, Amerika Serikat dan banyak builder sudah menggarap motor bergaya Brat-Style ini pada motor-motor keluaran Inggris dan Eropa.

Nama besar dan pengaruh Go Takamine tidak hanya di industri custom Jepang, namun juga skena modifikasi motor dunia juga telah membawa pria pendiam ini dititahkan untuk meracik motor-motor baru dari banyak pabrikan besar seperti Yamaha, Ducati Monster, Trriumph Bonnevile, BMW R9T hingga Tiger800XCX.

Sebuah komposisi yang dibuat dengan mengadopsi beragam improvisasi buah olah ide dan kreasi biasanya bakal menghasilkan sebuah karya yang indah. Tidak hanya di musik, hal serupa juga berlaku di ranah modifikasi roda dua.

Tidak hanya melahirkan motor-motor custom yang digadang sebagai motor yang indah, namun banyak media yang memuji hasil karya gerai asal Tokyo ini sebagai penghasil motor yang rideable.

Bagaimana?? Sudah tercerahkan bukan? jadi mulai sekarang jangan salah lagi ya Motor Brat Style itu bukan Aliran Custom Motor tapi nama sebuah bengkel modifikasi di Jepang.

Baca Juga : “Ternyata Begini Sejarah Motor Café Racer & Alasan Munculnya W175 Café!

Nah itulah tadi sedikit ulasan tentang aliran custom motor brat style yang sebenarnya nama sebuah bengkel custom motor di Jepang milik dari Go Takamine.

Semoga ulasan tersebut dapat menambah wawasan anda tentang ragamnya aliran custom motor yang banyak dianut oleh biker biker di Indonesia saat ini.

Jika informasi tentang aliran custom motor brat style tersebut bermanfaat untuk orang orang di sekitar anda, silahkan untuk share kembali informasi tersebut. Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.