Alat Keamanan Untuk Mobil: Jaga Keamanan Mobil Saat Parkir Dengan

Alat Keamanan Untuk Mobil – Saat ini banyak sekali kejahatan yang terjadi di sekeliling kita. Dimana, kejahatan pencurian seperti mobil misalnya menjadi salah satu yang paling sering. Nah, untuk itu sebagai pemilik mobil, kita harus menjaga dan memastikan kemanannya.

Biasanya kejahatan pencurian mobil terjadi ketika mobil sedang terparkir. Jadi, ada baiknya jika Anda memasang alat kemanan untuk mobil. Ya, mesikpun produsen mobil telah melengkapinya dengan alat keamanan, namun tidak ada salahnya jika Anda menambahkannya.

Hitung- hitung sebagai doubel keamanan. Apalagi jika Anda tinggal di daerah yang benar- benar rawan akan pencurian. Sehingga, semakin meminimalisir terjadinya pencurian kendaraan.

Alat Keamanan Untuk Mobil

Artikel ini akan secara lengkap membahas mengenai rekomendasi alat keamanan untuk mobil. Dimana alat kemanan tambahan untuk mobil ini dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan. Penggunaan alat pengaman ini mampu merepotkan aksi pencurian atau malah bisa mengurungkan niat pelaku.

Baca Juga: 5 Tips Agar Aki Mobil Awet & Tidak Mudah Soak

Alat kemanan untuk mobil ini tersedia dari yang menahan secara mekanis maupun elektronik. Nah, apa saja alat kemanan untuk mobil yang dapat memberikan perlindungan ganda dari aksi pencurian?
Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda. Selamat mebaca, guys!

Kunci Setir

Rekomendasi alat keamanan untuk mobil sebagai bentuk perlindungan ganda adalah kunci setir. Kunci setir sendiri berfungsi sebagai fitur keamanaan. Soalnya, dibutuhkan kunci agar setir dapat kembali bekerja normal.

Seperti namanya, aksesori keamanan ini dapat mengunci setir agar tidak bisa dibelokkan. Hal ini tentu akan merepotkan perampok atau mobil yang berusaha mencuri mobilmu. Jika ada ftur kemanan ini, maka akan menjadi tantangan bagi pencuri ketika akan mencuri mobil.

Alat Keamanan Untuk Mobil
Alat Keamanan Untuk Mobil (Sumber Gambar: Google)

Sehingga, maling pun akan berpikir dua kali untuk menjebol kunci stir. Sehingga tentunya akan mengurangi risiko terjadinya pencurian kendaraan. Pengoperasian fitur bernama kunci setir ini terbilang mudah namun tidak banyak diketahui orang.

Setelah mematikan mobil, pengendara harus memutar kunci ke posisi lock agar bisa dicabut. Saat di posisi ini, setir dapat dikunci dengan cara memutarnya sebesar 60 derajat hingga timbul suara mengunci.

Ada banyak model kunci stir yang beredar di pasaran, yakni ada yang mencengkeram setir, ada yang diganjal pada dashboard, atau juga yang dikaitkan dengan pedal gas atau kopling yang dihubungkan dengan kabel ke mesin.

Kunci Roda

Alat keamanan untuk mobil yang selanjutnya adalah kunci roda. Fungsi dari alat yang satu ini tidak beda jauh dengan kunci stir. Bedanya, alat ini mengunci roda dengan mengaitkannya pada pelek mobil sehingga mobil tidak bisa bergerak atau terkunci dan meminimalisir aksi pencurian di tempat umum.

Alat yang juga disebut spanner ini umumnya terbuat dari material bertekstur keras berlapis krom atau nikel sehingga tidak cepat aus. Dengan menggunakan alat yang satu ini, dipastikan maling bakal kerepotan untuk membawa pergi mobil Anda. Namun, perlu diingat, Anda perlu melepasnya terlebih dahulu sebelum mengemudikannya.

Alarm Mobil

Rekomendasi alat keamanan untuk mobil yang selanjutnya adalah alarm mobil. Ya, saat ini bahkan alat kemanan yang satu ini sudah ada dari pabrik. Dimana, menjadi standar kemanan yang hampir ada pada semua mobil keluaran terbaru.

Jadi, bagi Anda yang memiliki mobil keluaran tahun lama, Anda dapat menggunakan alarm dengan membelinya di toko-toko aksesori mobil. Cara kerja alarm mobil adalah dengan mengeluarkan suara nyaring atau bervolume tinggi sebagai tanda peringatan.

Alat Keamanan Untuk Mobil
Alat Keamanan Untuk Mobil (Sumber Gambar: Google)

Biasanya suara yang dihasilkan seperti bunyi sirine, klakson kendaraan atau kombinasi keduanya. Suara tersebut akan keluar bila ada pemicunya. Selain itu alat yang satu ini akan mengeluarkan bunyi klakson dan mengaktifkan lampu sein atau lampu kecil jika terjadi hal-hal yang diinginkan, salah satunya seperti mobil yang akan dibobol maling.

Alarm memang sangat dibutuhkan sebagai alat pengaman tambahan pada mobil mengingat fungsinya adalah menyampaikan sinyal bahaya secara dini, sehingga pemilik kendaraan dapat mengantisipasi dengan cepat bahaya yang kemungkinan akan terjadi.

Alarm yang digunakan juga sebaiknya juga disambungkan pada speaker di dalam mobil sehingga jika kabel klakson diputuskan, alarm masih berbunyi.

GPS Tracker

GPS Tracker menjadi rekomendasi alat keamanan untuk mobil yang selanjutnya. Sesuai namanya, GPS Tracker adalah alat pelacak berbasis GPS. Cara kerjanya kurang lebih sama dengan GPS konvensional.

GPS tracker mampu melacak keberadaan lokasi kendaraan secara online dan mampu melihat waktu berhenti serta lokasi dimana saja kendaraan tersebut berhenti. Alat GPS ini akan mengirimkan sinyal kepada satelit tiap beberapa detik. Lalu, satelit tersebut akan mengirimkan data ke server yang kemudian akan memasukkan koordinat mobil pada peta digital.

Anda pun dapat melihat rute perjalanan mobil, kecepatan mobil, serta tentunya posisi mobil saat ini. Tidak hanya berfungsi untuk melacak, beberapa produk alarm bahkan mampu mengendalikan mobil dari jarak jauh.

Fungsinya antara lain mematikan mesin mobil, hingga merekam pembicaraan. Kedua hal tersebut bisa dilakukan lewat smartphone dengan aplikasi bawaan dari GPS tersebut. Itulah beberapa fungsi dari GPS tracker yang dapat menjadi pertimbangan Anda untuk memasangnya di kendaraan pribadi demi keamanan dan kenyaman.

Biasanya GPS diletakkan di bagian headunit dan di atas AC mobil yang terletak di tengah dashboard. Coba cari lokasi pemasangan yang paling tepat. Harus mudah dilihat oleh mata serta dijangkau juga dari kursi pengemudi. Sebab, jika terlalu jauh maka akan sangat tidak nyaman.

Alat Keamanan Untuk Mobil
Alat Keamanan Untuk Mobil (Sumber Gambar: Google)

Kunci Pedal

Rekomendasi alat keamanan untuk mobil yang terakhir adalah kunci pedal. Jadi kunci yang satu ini digunakan untuk menjaga pedal agar tidak bisa diinjak. Tentu hal ini akan terasa sangat menyebalkan buat si maling yang sudah niat untuk mencuri.

Baca Juga: Mobil Jarang Digunakan? Berikut 5 Tips Merawat Aki Agar Tetap Awet

Sebab, kunci pedal tidaklah jelas terlihat seperti kunci setir. Di saat maling yakin mobil sudah bisa dicuri, ternyata niat mereka akan tertahan karena pedal dalam keadaan terkunci. Jadi, Anda dapat mempertimbangkan salah sau alat kemanan ini untuk mobil Anda.

Itulah beberapa rekomendasi alat kemanan untuk mobil Anda. Tidak hanya untuk yang daerahnya rawan maling, namun untuk siapapun yang memiliki mobil. Mengingat, pencurian dapat terjadi apabila ada kesempatan. Jadi, tidak ada salahnya melakukan pencegahan.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *