Alasan Harus Ganti ke Motor Listrik di Tahun 2022!

Saat ini produsen sepeda motor mulai memperoduksi motor listrik. Ya, jenis motor yang awalnya diragukan banyak orang, kini mulai dilirik. Namun, meskipun begitu masih banyak orang yang enggan loh untuk beralih ke motor listrik.

Ya, hal ini tentu karena kurangnya pengetahuan menegnai motor listrik. Selain itu, kekhawatiran mengenai motor listrik. Padahal ada banyak alasan harus ganti ke motor listrik di tahun 2022 ini, loh.

Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh motor listrik. Mungkin, kendala terbesarnya hanya tidak dapatnya Anda mengisi daya di sembarang tempat. Sehingga, Anda takut jika motor di bawa dengan jarak jauh.

Namun, sebenarnya hal ini tidak perlu Anda khawatirkan sebab ada baterai cadangan yang dapat menjadi cadangan. Selain itu, semakin bertambahnya tahun kini pengisian daya juga semakin mudah, loh.

Yuk, kita bahas bersama- sama mengenai alasan mengapa Anda harus ganti ke motor listrik sebelum tahun 2022 berakhir. Yuk simak artikelnya sampai selesai, ya. Selamat membaca!

Alasan Harus Ganti ke Motor Listrik

Selain dapat membantu menjaga lingkungan, masih ada banyak alasan mengapa Anda harus ganti ke motor listrik. Tidak hanya membantu mengurangi dmapak buruk terhdap lingkungan khususnya udara, ternyata ada banyak juga loh manfaat untuk diri Anda sendiri.

Baca Juga: Mobil Listrik Di Indonesia, Yuk Intip Rekomendasinya!

Jadi, mari kita simak ulasan berikut mengenai alasan harus ganti motor listrik di tahun ini. Apa saja ya alasannya? Yuk, baca sampai selesai, ya.

Perawatan Lebih Mudah & Murah

Yang pertama mengenai alasan harus ganti ke motor listrik adalah perawatan motor ini termasuk murah dan pastinya mudah, loh.Wah, tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi Anda, bukan?

Motor dengan bahan bakar bensin membutuhkan perawatan khusus yang harus kamu lakukan setiap bulan, seperti mengganti oli mesin, membersihkan karburator bagi yang belum injeksi, hingga melepas-pasang filter udara agar bersih dari debu.

Alasan Harus Ganti ke Motor Listrik
Alasan Harus Ganti ke Motor Listrik (Sumber Gambar: Google)

Nah, hal tersebut tidak perlu Anda lakukan ketika menggunakan motor listrik. Jadi Anda tidak perlu takut mengeluarkan uang banyak untuk melakukan servis atau perawatan. Lebih lanjut, jumlah komponen motor listrik juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan motor konvensional.

Hasilnya, biaya perawatan yang akan dikeluarkan untuk melakukan servis juga akan jauh lebih sedikit. Selain itu motor listrik tidak membutuhkan sistem pembakaran seperti pada motor konvensional.

Jadi Anda tidak perlu lagi membeli oli setiap bulan. Anda mungkin hanya perlu mengganti baterai motor secara berkala. Lebih lanjut, servis regular juga akan tetap dibutuhkan untuk menjaga performa motor dalam keadaan terbaik.

Akselerasi Spontan

Alasan harus ganti ke motor listrik yang selanjutnya adalah dapat memberikan torsi penuh secara langsung. Dimana Akselerasi spontan ini biasanya hanya di temukan pada motor balap.

Sebab motor-motor balap memang diciptakan untuk mencapai top speed dengan waktu sesingkat-singkatnya. Akselerasi motor listrik sama kuatnya dengan motor yang menggunakan bahan bakar minyak.

Motor listrik ternyata mampu bersaing dengan motor yang menggunakan bahan bakar minyak. Motor ini cukup bertenaga tetapi memiliki konsumsi energi yang rendah namun tetap fungsional.

Namun kini Anda tidak perlu membeli motor balap untuk bisa merasakan tarikan atau akselerasi spontan, sebab Anda dapat mendapatkannya di motor-motor listrik. Yup, akselerasi motor listrik umumnya sangat spontan.

Sehingga motor ini sangat cocok untuk berkedara dengan kondisi stop and go seperti di kota besar. Sebab Anda tidak harus memutar tuas gas dalam-dalam untuk membuat motor ini melesat.

Alasan Harus Ganti ke Motor Listrik
Alasan Harus Ganti ke Motor Listrik (Sumber Gambar: Google)

Lebih Nyaman

Yang ketika masih mengenai alasan harus ganti ke motor listrik adalah motor ini lebih nyaman. Tidak hanya karena desainnya, namun juga karena motor ini memiliki suara mesin yang halus ketika digunakan.

Selain dari tidak adanya getaran, dalam motor listrik sama sekali tidak ada cerita bahwa kaki kalian terkena knalpot panas. Tentu ini karena motor listrik sama sekali tidak punya knalpot. Dari kedua masalah diatas, motor listrik juga tidak seberisik motor biasa.

Meskipun masih mengeluarkan suara mesin, namu tidak bakal seberisik suara knalpot. Dengan ini tentunya, tetangga kalian tidak akan marah-marah setiap Anda menyalakan motor. Jadi, Anda tidak perlu mematikan mesin saat sedang berkendara di gang atau di jalan yang sempit karena takut mengganggu kenyamanan dan ketenangan orang lain.

Selain bebas dari polusi, motor listrik juga bebas dari polusi suara. Suara motor yang halus juga akan membuat Anda percaya diri saat berkendara.

Desainnya Semakin Keren

Tidak hanya ramah lingkungan, namun kini motor listrik juga hadir dengan desain yang semakin kece dan beragam, loh. Hal ini dapat dijadikan sebagai alasan harus pindah ke motor listrik di tahun ini.

Tidak hanya tampil kece, namun Anda juga membantu mencegah kerusakan lingkungan melalui pengurangan polusi. Beberapa pabrikan motor mulai meluncurkan motor-motor listrik mereka dengan berbagai desain yang kece-kece.

Beberapa pabrikan tersebut antara lain NIU, United Motors, Gesits, hingga Viar. Jika melihat sekilas, Anda mungkin tidak akan menyangka jika motor tersebut adalah motor listrik. Sama dnegan semakin mudahnya melakukan pengsian baterai, desain motor ini jugaterus berkembang menjadi lebih kece dan keren, loh.

Alasan Harus Ganti ke Motor Listrik
Alasan Harus Ganti ke Motor Listrik (Sumber Gambar: Google)

Jadi, Anda semakin tertarik dengan motor listrik, bukan?

Harga yang Semakin Bersahabat

Alasan harus ganti ke motor listrik yang terakhir adalah harganya yang semakin bersahabat. Sdah harga perawatnnya lebih hemat, kini motor listrik juga hadir dengan harga yang semakin bersahabat.

Tentu hal ini sangat menarik bagi kita. Ya, harga motor listrik juga kini semakin bersahabat. Skuter-skuter listrik di tanah air rata-rata dijual antara Rp20-25 jutaan. Harga ini setara dengan skuter matik konvensional 150cc.

Harga motor listrik semakin murah dan akan semakin kompetitif pada tahun-tahun mendatang seiring kian ketatnya pabrikan motor.

Baca Juga: Yuk Ketahui Kelebihan Mobil Listrik Selain Ramah Lingkungan!

Itulah, alasan harus ganti ke motor listrik di tahun ini. Nah, apakah Anda masih ragu menggunakan motor listrik?

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *