AC Mobil Rusak – AC mobil mempunyai peranan yang penting dalam menciptakan kenyamanan dalam kabin mobil. Bahan orang- orang akan mengeluh jika AC mobil mereka rusak. Meskipun pengguna dan penumpang mobil dapat membuka jendela untuk emndapatkan udara, menggunakan AC mobil masih menjadi pilihan utama.

Agar AC mobil dapat bekerja secara maksimal, maka Anda tidak boleh meniadakan perawatan untuk komponen yang satu ini. Perawatan yang dimaksud tidak melulu soal perawatan di bengkel ataupun hal lainnya yang memerlukan anggaran. Perawatan AC agar kinerjanya maksimal dapat Anda mulai dari melakukan hal – hal keci dan sederhana. Sebab, Ada beberapa kebiasaan yang mungkin tanpa disadari oleh penumpang dan pengemudi bisa menyebabkan AC mobil cepat rusak. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan AC mobil rusak sehingga AC tidak bekerja tak optimal.

Hal Yang Dapat Menyebabkan AC Mobil Rusak

Ada lima hal yang tanpa kita sadari sering kita lakukan dan dapat menyebabkan AC mobil rusak. Jadi, hidarilah lima hal ini agar kinerja AC Anda tetap maksimal. Berikut adalah lima hal yang sering kita lakukan dan dapat merusak AC mobil.

Membuka Jendela Saat Mesin Mobil Menyala

Hayo, siapa yang sering membuka jendela saat mobil tengah melaju? Ternyata ini bukalah hal baik untuk AC mobil Anda. Membuka jendela saat melaju merupakan penyebab AC mobil rusak. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa AC dianjurkan digunakan di ruangan yang tertutup. Jika ruangan terbuka maka fungsi AC menjadi tidak maksimal. Dampaknya pada kinerja AC adalah kompresor akan bekerja lebih berat. Sehingga AC akan cepat rusak ketika jendela terlalu lama dibuka karena kompresor akan bekerja ekstra untuk menjaga suhu di dalam kabin tetap ideal dan dingin. Sehingga pada akhirnya akan menyebabkan AC cepat rusak. Jadi, jangan buka jendela saat mobil melaju agar kondisi AC mobil Anda tetap maksimal.

Tidak Menggunakan AC Sesuai Prosedur

Yang dimaksdu dalam hal ini adalah mematikan dan menyalakan AC mobil yang tidak sesuai dengan peraturan. Dimana sebagian orang sering sekali lupa untuk mematikan AC mobil melalui tombol atau toggle switch on/off yang tersedia karena langsung mematikan mesin mobil saat sudah selesai berkendara. Selain itu orang juga sering melakukan dimana menyalakan AC terlebih dahulu, baru kemudian menyalakan mesin mobil. Ini terjadi karena saat mesin mobil dinyalakan, AC yang sudah nyala tadi akan mati sebentar kemudian menyala lagi karena menyesuaikan dengan proses tegangan arus listrik pada mobil.

AC Mobil Rusak
AC Mobil Rusak (Sumber Gambar: Google)

Jadi lakukanlah sesuai prosedur. Ketika Anda lupa mematikan AC dan meatikan mesin maka sama saja memaksa AC untuk berhenti bekerja, padahal seharusnya sistem pada AC menganggap itu belum benar-benar mati dan berakibat pada pendeknya umur kompresor dan komponen lain pada AC. Jadi, Sebaiknya matikan AC dulu sebelum mematikan mesin mobil. Sebab ketika mobil nantinya dinyalakan lagi AC akan otomatis bekerja yang mana akan membuat aki bekerja lebih berat. Arus listrik yang tidak stabil dan tidak maksimal ini akan berdampak pada masalah kelistrikan AC. Matikan AC juga terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil dan bila ingin menggunakan mobil menyalakan mesin terlebih dahulu setelah itu baru menyalakan AC. Hal yang seperti ini dapat menyebabkan AC mobil rusak.

Baca Juga: Penyebab Mobil Terbakar Saat Isi Bensin

Merokok Di Dalam Mobil

Keboasaan yang tidak boleh dilakukan selanjutnya adalah menyalakan rokok di dalam mobil. Selain merokok, melakakukan vape juga tidak baik dilakukan di dalam mobil. Sebab asap dan debu dari rokok bisa ikut masuk ke dalam filter AC. Rokok dibakar menyisakan debu-debu halus dan berpotensi masuk ke dalam filter. Semakin sering merokok di dalam mobil saat AC menyala maka makin besar pula peluang filter AC dimasuki abu rokok. Abu rokok akan menyebabkan filter kotor sehingga mengurangi kemampuan pendiingan di dalam kabin.

AC Mobil Rusak
AC Mobil Rusak (Sumber Gambar: Google)

Selain itu asap rokok atau asap vape mengandung nikotin yang bisa menyebabkan suatu benda menguning. Zat pada nikotin tadi dapat membuat filter AC mobil menjadi cepat menguning dan kotor, serta akan berbau tidak sedap, sehingga nantinya AC tidak mampu beroperasi dengan maksimal. Jadi hindarilah merokok di dalam mobil ya.

Pengharum Mobil

Salah dalam memilih pengharum mobil juga ternyata dapat merusak AC mobil Anda, loh. Pengharum mobil dan AC meang sama- sama komponen yang dapat membuat kabin mobil semakin nyaman. Namun, ternyata ada beberapa pengharum mobil yang kurang pas jika dikombinasikan dengan AC. Hal ini berhubungan dengan bahan yang digunakan untuk membuat pengharum mobil. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis bahan pewangi kabin mobil di pasaran. Idealnya pewangi dalam mobil adalah yang berbahan cair. JIka menggunakan pewangi gel, gel tersebut bisa berubah menjadi gas dan menguap. Ketika terkena dingin, uap tersebut bisa kembali lagi ke dalam bentuk gel dan berisiko menghambat filter serta evaporator dalam AC.

AC Mobil Rusak: Hal Yang Dapat Menyebabkan AC Mobil Rusak 1
AC Mobil Rusak (Sumber Gambar: Google)

Idealnya pewangi dalam mobil memakai pewangi cair. Jika menggunakan pewangi gel, gel tersebut bisa berubah menjadi gas dan menguap. Ketika terkena dingin, uap tersebut bisa kembali lagi ke dalam bentuk gel dan berisiko menghambat filter serta evaporator dalam AC.

Baca Juga: Membuat dan Memperpanjang SIM GRATIS: Simak Cara dan Syaratnya

Tidak Menjaga Kebersihan

Kebiasaanya yang terakhir adalah kebiasaan yang mungkin tidak disangka akan berpengaruh pada AC. Kebiasaan tersebut adalah menjaga kebersihan. Faktanya kebersihan kabin selain untuk kenyamanan para penumpang juga dapat berpengaruh pada umur AC. Jangan biasakan meningkalkan sampah, kotoran atau sisa makanan di kabin. Sampah-sampah itu berpotensi memicu debu atau memang membawa debu yang bisa masuk ke filter AC. Sehingga hal ini akan membuat filter AC cepat rusak.

Itulah hal yang dapat menyebabkan AC mobil rusak. Jadi jangan sepelekan hal- hal diatas. Jika Anda sering melakukannya dapat berpengaruh oada kwalitas AC mobil Anda. Apabila Anda meremukan sedikit kerusakan. Usahakan untuk tidak menunda servis. Sebab, hal itu dapat memperparah kerusakan. Jadi, mulai sekarang kamu mesti memahami dengan baik cara merawat AC mobil. Karena akibatnya fatal dan dari yang seharusnya servis kecil-kecilan, bisa jadi servis besar. Jadi, mulailah merawat AC mobil Anda dari hal- hal yang sederhana. Sehingga kenyamanan mobil tetap terjaga.

Baca Juga: Cara Mencuci Mobil di Rumah Dengan Hasil Seperti di Carwash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *