AC Mobil Berbau Tidak Sedap: Apa Saja Penyebabnya Ya?

Mobil tanpa AC pasti rasanya kurang nyaman. Namun, AC mobil berbau tidak sedap malah membuat mobil semkain tidak nyaman. Bahkan AC mobil berbau tidak sedap dapat membuat Anda mual dan semakin pusing ketika berkendara.

Untuk itu, jangan samapi AC mobil mengalami masalah, apalagi AC mobil sampai berbau tidak sedap. Maka, pewangi mobil seperti apapun pasti tidak akan mengubah bau. Sehingga, udara di kabin tidak akan terasa segar.

Ada beberapa yang menjadi penyebab AC mobil berbau tidak sedap. Nah, ada baiknya Anda mengetahui penyebab AC mobil berbau tidak sedap. Sehingga, Anda dapat melakukan penanganan secara tepat.

Artikel kali ini akan membahas mengenai penyebab AC mobil berbau tidak sedap. Yuk, ketahui apa saja penyebab AC mobil berbau tidak sedap.

Penyebabnya AC Mobil Berbau Tidak Sedap

AC pada mobil menjadi bagian penting yang membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman selama perjalanan. Namun, ada kalanya AC mobil berbau apek, meskipun sudah disematkan pewangi.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya bau apek keluar dari udara yang dihembuskan oleh AC. Apabila sudah begini pasti akan mengganggu suasana kabin.

Dikarenakan fungsinya yang dapat memberikan kenyamanan, maka kita harus merawat AC mobil agar sampai tidak rusak atau bahkan sampai menimbulkan bau tidak sedap. Berikut adalah penyebab AC mobil berbau tidak sedap. Selamat membaca!

Baca Juga: Jangan Asal Ganti Head Unit Mobil, Perhatikan Hal ini Sebelum Ganti!

Evaporator Kotor atau Bocor

Penyebab AC mobil berbau tidak sedap yang pertama biasanya karena evaporator kotor atau bocor. Jadi, kondisi ini biasanya evaporator yang penuh dengan kotoran serta berlendir. Sudah menjadi bagian dari sistem kerja AC, ketika kondisinya kotor, maka bisa menimbulkan jamur serta bakteri di dalamnya.

AC Mobil Berbau Tidak Sedap
AC Mobil Berbau Tidak Sedap (Sumber Gambar: Google)

Semakin banyak jamur dan bakteri yang ada, maka tak lama AC mobil tercium bau tidak sedap. Biasanya ada bau asam dan bau tidak sedap lainnya yang menjadi ciri khas dari penyebab ini. Evaporator juga bisa mengalami kebocoran.

Kalau sudah begini, maka akan timbul bau. Namun yang muncul adalah bau freon yang khas. Semakin besar bocor dan sisa freon, maka semakin terasa pula baunya. Selain itu, kebiasaan meroko juga dapat menyebabkan evaporator.

Kandungan nikotin pada rokok yang akan mudah menempel ke evaporator. Jika tidak segera anda atasi lama kelamaan nikotin ini akan menjadi lendir. Jika sudah menjadi lendir maka akan menjadi penyebab AC mobil bau.

Kemudian, cara mengatasinya pun mudah, anda tinggal membersihkan rumah dari evaporator, selanjutnya hindari kebiasaan merokok di dalam kabin mobil.

Asap Rokok

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa asap roko juga dapat menyebabkan AC mobil bau busuk. Jadi, bagi Anda yang masih memiliki kebiasaan merokok di dalam mobil, harap segera di hentikan. Hal ini berlaku juga untuk orang yang merokok dengan kaca di buka.

Sebab ketika Anda merokok sudah pasti akan meniggalkan jejak bau rokok yang menempel di beberapa bagian, seperti jok, plafon, karpet, hingga dashboard mobil, dan tentu saja menyebabkan AC mobil bau. Sudah bau, membersihkannya pun juga sulit.

Kalau memang Anda ingin kondisi AC mobil tetap wangi, sebaiknya hindari merokok di dalam mobil dan selalu jaga kebersihan kendaraan. Kalau Anda memang perokok, maka sebaiknya berhenti dan cari rest area untuk merokok, ya.

Memakai Pewangi Mobil Murahan

Penyebab AC mobil bau busuk yang selanjutnya adalah pewangi mobil yang memiliki kualitas rendah. Hampir semua pemilik mobil menambahkan pengharum ruangan. Tujuan tujuannya adalah agar berfungsi untuk memberikan aroma yang enak dihirup.

Namun sayangnya pewangi yang kurang tepat malah akan memunculkan bau tidak sedap. Sebab tidak semua pewangi mobil memiliki kualitas yang bagus. Pengharum mobil yang murah akan mengeluarkan bau yang menyengat sehingga kenyamanan berkendara anda akan terganggu.

Alasan utamanya karena kualitas pengharum sangat rendah. Kadar alkohol yang tinggi juga bisa membuat AC mengeluarkan bau asam. Bahkan tidak jarang pengharum mobil yang murah akan mengeluarkan zat yang bisa menempel pada AC mobil.

AC Mobil Berbau Tidak Sedap
AC Mobil Berbau Tidak Sedap (Sumber Gambar: Google)

Sehingga zat ini akan menutupi saluran keluar pada AC dan menjadi penyebab AC mobil bau. Untuk itu perhatikan pewangi yang digunakan. Jangan sampai kadar alkoholnya terlalu tinggi serta pilih yang berkualitas baik.

Ventilasi Jendela Buruk

Ventilasi jendela buruk juga dapat menjadi penyebab AC mobil berbau busuk. Saat berkendara kadang tercium bau asap knalpot atau sampah dari luar. Ini karena kualitas ventilasi yang buruk, berbagai bau dari luar mobil bisa masuk ke dalam kabin.

Hal ini pasti akan membuat orang yang di dalam mobil merasa tidak nyaman selama perjalanan. Begitu juga lingkungan yang memang kotor. Namun itu semua bisa dihindari jika Anda memiliki ventilasi jendela yang baik. Jika kualitasnya buruk, berbagai bau dari luar mobil bisa masuk ke dalam kabin. Pastinya hal itu akan membuat Anda tidak nyaman selama perjalanan.

AC Mobil Berbau Tidak Sedap
AC Mobil Berbau Tidak Sedap (Sumber Gambar: Google)

Bangkai Binatang

AC mobil bau busuk selanjutnya disebabkan oleh bangkai binatang. Tidak dapat dimungkiri, ketika mobil diparkir semalaman, bisa saja ada binatang seperti tikus, cicak, atau kecoa yang masuk ke dalam mobil.
Jika sudah mati, maka bisa dipastikan muncul bau bangkai yang sangat menusuk hidung. Jika muncul bau, sebaiknya cek beberapa bagian mobil untuk mencari titik bangkai binatang itu berada.

Itulah beberapa penyebab AC mobil bau busuk. Jadi, perlu diketahui bahwa ketika AC bau busuk, maka bukan berarti AC mengalami kerusakan. Sehingga, Anda hanya perlu mengetahui penyebabnya.

Baca Juga: Berapakah Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal? Berikut Ulasannya!

Ketika AC mobil bau busuk , itu bisa terjadi lantaran freon AC mulai berkurang. Ingat, tanda freon mulai berkurang bukan hanya AC tak lagi dingin, tapi juga bisa mengeluarkan bau tak sedap Jika, AC masih berbau busuk coba bawa ke bengkel resmi.

Sebab, Bau apek itu akan semakin menjadi-jadi jika evaporator juga sudah kotor. Evaporator yang kotor akan membuat bau apek menjadi lebih menyengat. Bau apek itu akan hilang dengan sendirinya jika freon diganti baru dan volumenya sesuai dengan yang direkomendasikan.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *