Saat ini, fitur keselamatan sepeda motor terus mengalami peningkatan. Fitur keselamatan ternyata tidak hanya ada pada mobil. Faktanya para produsen sepeda motor juga terus menigkatkan fitur kselematan pada produk sepeda motor mereka. Produsen sepeda motor berlomba – lomba menawarkan sistem keamanan yang canggih dan lengkap untuk setiap produk sepeda motor yang dikeluarkan.

Fitur keselamtan sepeda motor tentu berbeda dengan mobil. Meskipun sebagaan ada yang mempunyai fungsi yang sama. Adanya fitur keselamatan pada sepeda motor tentu akan menambah kenyamanan dan kemanan para pengendara. Kira – kira apa saja fitur yang produsen sempatkan untuk kelesamatan pengendara?

Berikut akan kami rangkum mengenai fitur keselamatan sepeda motor yang harus Anda ketahui.

Fitur Keselamatan Sepeda Motor: Anti-lock Braking Systems (ABS)

Fitur keselamatan pertama yang akan kita bahas adalah anti- lock braking system atau biasa disebut ABS. Sepertinya fitur yang satu ini sudah tidak asing di telingan teman- teman. Ya, fitur yang satu ini merupakan sebuah sistem pengereman yang digunakan oleh kendaraan seperti sepeda motor, mobil, dan sebagainya. Sistem yang satu ini memastikan pengereman berjalan dengan baik tanpa mengunci gerak roda yang bisa menimbulkan selip.

Saat ini sudah banyak kendaraan sepeda motor yang menggunakan sistem pengereman ABS. Bahkan sudah hampir sepeda motor terbaru saat ini sudah menggunakan sistem pengereman yang satu ini. Sebab sistem ABS ini tentunya akan membuat sepeda motor menjadi lebih aman dibandingkan dengan menggunakan sistem pengereman konvensional seperti biasanya. Jadi, fitur sepeda motor yang satu ini sangatlah mendukung keselamatan berkendara.

Fitur Keselamatan Sepeda Motor
Fitur Keselamatan Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Fitur Keselamatan Sepeda Motor: Traction Control System

Fitur selanjutnya adalah fitur traction control system. Sayangnya fitur keselamatan yang satu ini masih belum banyak digunakan di Indonesia. Namun kemungkinan dalam waktu yang dekat kamu mungkin akan segera menikmati teknologi keren ini bro. Teknologi ini akan membantu memberikan keseimbangan lebih dalam berkendara.

Sedangkan fitur traction control system mempunyai fungsi untuk mengontrol dan mencegah terjadinya weelspin pada roda sepeda motor. Dengan menggunakan Traction Control Systems, sepeda motor akan terhindar dari selip dan mencegah roda berputar lebih cepat dari yang seharusnya, khususnya di jalan yang tidak memiliki aspal atau jalan tanah dan penuh pasir.

Baca Juga: Yuk, Kenali Jenis Ban Untuk Mobil Yang Sering Digunakan!

Selip sangat mungkin terjadi ketika roda berputar lebih cepat dari seharusnya. Fitur ini bekerja dengan modulasi torsi mesin, sehingga memungkinkan roda kembali ke posisi semula dan mudah dikendalikan dalam metode yang lebih konstan. Traction Control ini juga bisa digunakan untuk mengkonfigurasi teknologi serupa, seperti Launch Control atau Wheelie control. yang biasanya hanya ada pada moge. Kesemua teknologi tersebut merupakan solusi agar sepeda motor tidak kehilangan cengkraman saat ber-akselerasi.

Baca Juga: 5 Fitur Keselamatan Mobil

Fitur Keselamatan Sepeda Motor: Slipper Clutch

Slipper clutch merupakan fitur selanjutnya untuk keselamatan pengendara motor. Sekali lagi, sayangnya fitur ini baru terdapat pada beberapa motor di Indonesia. Llau apa itu slipper clutch dan apa fungsinya? Jadi, slipper clutch meruapakan sebuah teknologi yang sering ada di beberapa sepeda motor dengan cc besar. Atau biasanya sering kita jumpai pada tipe motor sport. Teknologi dan fitur yang mendukung keselamatan berkendara yang satu ini berfungsi untuk menghindari selip kopling saat memindah gigi.

Khususnya fitur keselamatan yang satu ini agar mampu memberikan engine brake yang maksimal untuk sebuah sepeda motor guna membantu proses pengereman sepeda motor. Menggunakan engine brake untuk membantu pengereman tentunya lebih bisa memaksimalkan pengereman saat kita berada di jalan raya, salah satunya adalah di jalan turunan pengunungan dan juga daerah jalan ekstream lainnya. Engine brake ini juga terkadang menjadi buah simalakama karena terkadang selipnya kopling ini bisa menjadikan sangat berbahaya. Untuk itulah fitur keselamatan sepeda motor yang satu ini ada. Slipper Clutch ini bisa mengurangi resiko terjadinya selip sehingga engine brake akan sangat maksimal.

Fitur Keselamatan Sepeda Motor: Throttle By Wire

Fitur keselamatan selnajutnya adalah throttle by wire. Jadi, throttle by wire merupakan bukaan gas dengan kabel elektronik. Fungsinya untuk digunakan membuka gas kini tidak langsung melibatkan koneksi fisik antara twistgrip dan katup throttle. Semua prosesnya diatur oleh ECU canggih yang terhubung sensor pada tuas gas. Adanya fitur ini membuat motor memiliki tenaga yang lebih besar sekaligus lebih efisien sebab gas mengalir dengan mudah. Keuntungan lain dari Throttle by Wire selain akselerasi halus adalah kemampuannya yang dapat terkoneksi pada Cruise control, Traction Control dan push-button power capping.

Fitur Keselamatan Sepeda Motor: Teknologi Injeksi

Teknologi injuksi merupakan fitur keseamatan selanjutnya. Apakah Anda sudah tidak asing lagi dengan fitur yang satu ini? Ya, adanya fitur injeksi telah menyelesaikan beberapa masalah pada sepeda motor sebelumnya.
Salah satu masalah yang terselesaikan adalah masalah karburator konvensional. Dimana karburator konvensional masih menggunakan katup. Beberapa kelemahan yang dimiliki oleh karburator konvensional terutama produksi tahun – tahun lama adalah seringnya bocor, kemudian sering juga katup yang “nyangkut” sehingga sehingga bisa membahayakan pengendara dan juga pembakaran bahan bakar yang kurang efektif.

Baca Juga: Ganti Ban Mobil: 5 Ciri- Ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti

Meskipun sampai saat ini masih banyak yang menggunakan karburator konvensional, teknologi Injeksi ini menjadi salah satu fitur keamanan baru yang sangat populer dan sudah pasti digunakan oleh sepeda motor baru yang ada di pasaran sekarang ini. Teknologi ini menggunakan sensor canggih yang mampu mengatur berbagai kondisi terkait dengan keamanan sepeda motor yang berhubungan dengan aliran bahan bakar. Sensor tersebut juga terbukti menambahkan tenaga yang lebih baik kepada sepeda motor lho, karena tentunya pembakaran bahan bakar akan menjadi sangat maksimal.

Itulah fitur keselamatan sepeda motor yang perlu diketahui. Meskipun ada fitur keselamatan yang belum ada di Indonesia dan sebagian fitur keselamatan juga hanya dipasang di beberapa jenis sepeda motor. Namun, produesen sepeda motor terus mengevaluasi fitur kemanan yang diperlukan untuk ditambhankan pada sepeda motor yang akan mereka jual di pasaran. Di lain sisi, meskipun suda ada fitur keselamatn yang disematkan pada sepeda motor, kita sebagi pengendara motor juga harus tetap hati- hati dan waspada untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga: Merawat Ban Mobil: Tips Mudah Melakukannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *