Kompresor AC Mengalami Kerusakan – Setelah sebelumnya kita membahas mengenai penyebab komproser AC mengalami kerusakan. Kini kami akan membahas mengenai ciri – ciri kompresor AC mengalami kerusakan. Kompresor AC yang mengalami kerusakan bisa kita ketahui melalui suatu ciri- ciri.

Kompresor merupakan alat terpenting di dalam AC. Bahakan komponen yang satu ini dapat disebut sebagai jantung AC. Meskipun mempunyai fungsi yang penting namun komponen kompresor AC ini kerap luput dari perhatian karena posisinya sedikit tidak terlihat di ruang mesin. Cara kerja dari kompresor sendiri menurut AC spesialis adalah dengan mengalirkan gas-gas freon dari refrigeran ke semua sistem pendingin serta mengubah tekanan dari yang tinggi menuju tekanan yang rendah. Dalam berbagai kondisi kompresor tidak selalu dalam kondisi yang prima, sehingga kinerja AC yang kurang kadang kala disebabkan oleh kondisi kompressor yang tidak berfungsi dengan baik.

Rusaknya kompresor AC dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen lainnya yang berhubungan. Mulai dari kompresor melemah bahkan sampai kompresor mati. Ini akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang semakin banyak untuk mengganti komponen lainnya akibat kompresor AC yang dibiarkan rusak. Permasalahan yang biasa terjadi pada kompresor sendiri bermacam- macam. Hal ini menunjukkan bahwa kadaan kompresor tidak selalu prima. Ketika kompresor bermasalah salah satu dampakanya adalah AC menjadi kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali.

Ciri – Ciri Kompresor AC Mengalami Kerusakan

Kompresor merupakan alat mekanis yang memiliki tugas sebagai penghisap dan pendorong uap refrigeran dari evaporator. Selain itu kompresor juga memiliki tugas sebagai alat yang mempertahankan perbedaan tekanan di dalam sistem pendinginan.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Sebab ciri- ciri kompresor AC mengalai kerusakan dapat dikenali melalui beberapa ciri berikut. Sehingga Anda dapat mengantisipasi kerusakan yang lebih parah. Berikut adalah ciri- ciri kompresor AC mengalami kerusakan.

AC Kurang Dingin

Ciri – Ciri Kompresor AC Mengalami Kerusakan
Ciri – Ciri Kompresor AC Mengalami Kerusakan (Sumber Gambar: Google

Ciri pertama dari adanya kerusakan pada kompresor AC adalah AC terasa kurang dingin. AC yang terasa kurang dingin dari suhu biasanya bisa dipastikan bahwa kompresor mulai mengalami kerusakan. Kondisi ini disebabkan oleh kompresor mengalami kondisi overload atau kepanasan, sehingga membuat komponen ini menjadi mati hidup. Kompresor akan mati jika terlalu panas dan akan menyala jika sudah dingin lagi. Idealnya kompresor akan mampu hidup hingga dingin yang kita set dalam pengaturan sudah tercapai.

Apabila kondisi kompresor AC mudah menjadi mudah cepat panas, maka hal ini juga menjadi salah satu cir bahwa kompresor mengalami kerusakan. Kompresor yang mudah cepa panas biasanya terjadi dikarenakan kompresor yang jarang dirawat dan dibersihkan.

Baca Juga: Ada 10 Fungsi Lampu Mobil Yang Berbeda Yang Perlu Di Ketahui!

Jika sudah parah, maka AC tidak terasa dingin sama sekali. Ketika ini terjadi maka kompresor sudah mati total atau tidak bisa menyala sama sekali. Bagian motor kompresor yang tidak bisa menyala biasanya mengeluarkan suara yang cukup bising. Oleh karenanya kita perlu mendatangi retail AC untuk memperbaiki komponen ini.

Jadi, kondisi kompresor yang kurang dingin, atau tidak dingin sama sekali serta sangat mudah panas merupakan ciri- ciri yang harus Anda waspadai sebagau keruskan pada compresor. Menyadari kerusakan ini akan mencegah kerusakan yang lebih parah. Jadi, segera periksa ke bengkel mobil untuk memperbaikinya.

Tekanan Kompresor AC Melemah

Selain AC yang terasa kurang dingin apabila mesin berada di posisi rpm stasioner atau rpm rendah. Tapi ketika mesin digas lebih dari 2.000 rpm biasanya baru terasa dingin. Ini disebabkan oleh keausan pada dinding piston dan silindernya sehingga membuat tekanan di dalamnya tidak lagi sempurna atau terjadi kebocoran. Melemahnya tekanan kompresor AC mobil juga merupakan salah satu ciri bahwa kompresor mobil mengalami kerusakan.

Selain itu kondisi amper kompresor yang terlalu tinggi juga merupakan ciri adanya kerusakan. Apabila amper kompresor tidak normal atau terlalu tinggi maka dipastikan ada kerusakan pada kompresor.

Terdengar Suara Kasar Atau Dengungan Yang Keras

Ciri – Ciri Kompresor AC Mengalami Kerusakan
Ciri – Ciri Kompresor AC Mengalami Kerusakan (Sumber Gambar: Google)

Ciri- ciri kompresor AC mengalami kerusakan selanjutnya adalah terdengar suara dengungan yang keras. Hal ini akan terdengar ketika AC mobil dihidupkan. Apabila suara kompresor terlalu berisik maka dipastikan kompresor mengalami kerusakan. Namun, ketika Anda mencoba mematiakn AC mobil dan suara kasarnya hilang, maka bisa dipastikan bahwa bagian kompresor mengalami kerusakan. Sebab mesin akan mendengung dikarenakan kompresor sulit untuk hidup dari kondisi mati karena terlalu panas. Penyebab suara kompresor kasar adalah karena oli kompresor yang kurang karena mungkin adanya kebocoran sehingga terjadi keausan beberapa bagian. Seperti piston kompresor, silinder piston, kompresor, bearing kompresor, dan oli kompresor.

Baca Juga: Tips Berkendara: 4 Cara Aman Putar Balik Mobil Di Tengah Jalan

Kompresor Berlumuran Oli

Apabila kompresor mengeluarkan suara dengungan yang keras dan saat Anda memeriksanya dan menemukan bahwa kondisi fisik berlumuran oli, maka dapat dipastikan bahwa kompresor mengalami kebocoran. Biasanya kebocoran ini terlihat dari bagian depan ataupun sisi belakang badan kompresor ataupun dari dua selang yang ada di badan kompresor. Penyebabnya adalah seal kompresor yang sudah tidak mampu menahan tekanan kompresor. Jadi, ketika Anda menemukan dinding kompresor berlumuran oli maka ini adalah ciri- ciri kompresor mengalami kerusakan.

Itulah ciri- ciri yang dapat menjadi tanda bahwa kompresor AC mengalami kerusakan. Apabila Anda menemukan ciri – ciri diatas maka segeralah lakukanlah servis dibegkel yang terpercaya. Selain itu, ada tips untuk tidak memperparah kerusakan pada kompresor apabila Anda telah mengetahui ciri- ciri di atas muncul pada AC mobil Anda. Apabila Anda telah mengetahuinya, maka jangan menyalakan AC untuk menghindari kerusakan lebih parah. Hal ini dapat memperkecil risiko harus mengganti kompresor yang harganya jutaan rupiah. Rusaknya kompresor AC dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen lainnya yang berhubungan.

Baca Juga: Penyebab Kerusakan Kompresor AC Mobil

Selain itu untuk mencegah kerusakan pada kompresor AC dalah dengan rajin membersihkan kabin mobil. Semakin bersih suatu kabin, maka semakin mudah AC mobil mengeluarkan udara dingin. Selain itu rajin juga untuk membersihkan filter AC secara rutin, rutin memanaskan AC pada mobil dan selalu menyalakan dan mematikan AC saat mobil dalam kecepatan rendah. Ini akan mencegah Anda untuk merogoh kocek semakin dalam untuk kompresor AC yang dibiarkan rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *